Tribute to Lan Fang

Posted: Desember 21, 2012 in Life Style dan Hiburan

Etty HK., Ananto Sidohutomo, M Alim A, Prayit Musikalisasi PuisiSabtu, 15 Desember 2012, bertempat di “Teras Bidadari”, Jl. Trunojoyo 63, Surabaya dilaksanakan acara “Tribute to Lan Fang”. Ratusan penggiat sastra, seniman berkumpul dengan santai dan hikmad mengikuti seluruh rangkaian acara itu. Teras Bidadari sendiri merupakan salah satu tempat berkumpulnya berbagai komunitas sastra dan kesenian yang berada di Surabaya.

Acara diawali sambutan dari Dr. Ananto Sidohutomo, MARS, sastrawan dan budayawan yang mempunyai hajat menggelar acara ini bersama dengan sahabat Lan Fang lainnya. Dr. Ananto menyampaikan bahwa acara ini merupakan kelengkapan dari acara permulaan Festival Lan Fang yang diakhiri dengan sebuah Tribute atau penghormatan pada Lan Fang (Alm).

Nita Tjindarbumi lalu mengkoordinir acara para sastrawan/ wati dan seniman di panggung di sudut halaman yang asri. Bergantian mereka membacakan cerpen dan puisi karya Lan Fang dengan ekspresif. Beberapa orang memainkan gitar dan piano untuk mengiringi kawan lain yang tampil. Diselingi pula dengan penyampaian kisah tentang Lanfang oleh sahabat Lanfang Ananto, Sanie B Kuncoro, Wina Bojonegoro, Arief Santosa.
Ketika ditemui di sela penampilan acara yang berlangsung, Dr. Ananto menjelaskan kisah Lan Fang :
Lan Fang seorang ibu dengan tiga anak kembar. Pekerjaannya menulis, telah menerbitkan lebih 10 prosa yang diterbitkan Gramedia, juga puluhan cerpen dan puisi.

Lan Fang aktif mengkampanyekan penanggulangan kanker bersama Bidadari sejak tahun 2009, bahkan sempat bersama-sama memecahkan rekor MURI (saat itu tiada seorangpun yang tahu dia telah mengidap kanker payudara, hanya dia sendiri yang tahu).

Pada awal tahun 2011, bersama dengan beberapa sastrawan dia melakukan aksi penggalangan dana untuk memberikan bantuan pada seorang sahabatnya, penulis yang menderita kanker payudara dan berjuang untuk kesembuhannya. Saat itu sebenarnya kanker payudara yang diderita Lan Fang sendiri telah menjalar keseluruh tubuhnya, dia menderita kesakitan yang sangat, namun dia memilih diam dan berupaya lebih memilih membantu orang lain.

Disaat sebenarnya kondisi ekonominya juga membuat dia lebih membutuhkan dana tersebut untuk dirinya, namun dia memutuskan untuk tidak memakai dana tersebut bagi dirinya. Seorang yang lebih sakit parah membantu seorang yang lebih sehat, seorang yang lebih miskin membantu seorang yang lebih kaya adalah nilai keindahan yang telah ditunjukkannya.

Lan Fang juga seorang yang mudah bergaul, rajin membantu pengembangan sastra dimanapun tempatnya, baik dilakukan di sekolahan, di pesantren, di komunitas/ organisasi.

Karya dan pekerjaannya berakhir ketika tubuhnya tak mampu lagi menahan kanker payudara yang telah menjalar ke seluruh tubuhnya. Namun semangat dan perjuangannya mengembangkan sastra serta memberi contohtentang nilai keindahan kemanusiaan dengan suri tauladan “mengorbankan diri untuk orang lain” (tidak mementingkan diri sendiri), kesemuanya akandikenang sebagai bentuk nilai-nilai keindahan kemanusiaan dan sastra.

Ditemui terpisah, Wina Bojonegoro menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan tanpa panitia khusus, semuanya mengalir begitu saja. Kegotong royongan dan kekompakan sastrawan dibuktikan dengan banyaknya hadirin yang ikut membawa kue, polo pendhem untuk dibagikan kepada hadirin yang lain. Sedangkan karya-karya Lan Fang yang ditampilkan dalam bentuk pembacaan cerpen dan puisi ini merupakan karya Lan Fang yang dikumpulkan dari berbagai media massa, internet, face book yang dihimpun menjadi satu.

Di acara siang hari itu juga Nampak berpartisipasi Akhudiat. Nita Tjindarbumi, Sanie B Kuncoro, Daeng Emma, Evie Suryani, Titie Surya, Dukut, Peter Wang, Leo Arif Budiman, Rully Anwar. Yuska Harimurti, Sae Sanget Community, Teater Samudera dan lain-lainnya. Salah seorang diantara penampil, adalah Puji Laksono yang tuli dan bisu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s