AirAsia Menjemput Pesawat Satu Lorong Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Posted: Desember 30, 2012 in Bisnis dan Ekonomi

AIRASIA_AIRBUS_TOULOUSE_20121221_0803Airbus A320 dengan ‘Sharklet’, di Toulouse, Perancis

TOULOUSE, 21 Desember 2012 – Untuk pertama kalinya, AirAsia, menjemput Airbus A320 yang dilengkapi dengan perangkat wing tip bernama Sharklet langsung dari Pabrik Airbus yang berada di Toulouse, Perancis. AirAsia menjadi operator pertama yang mengoperasikan pesawat yang dapat menghemat bahan bakar lebih banyak ini.

Seluruh pesawat A320 yang telah dipesan oleh AirAsia akan dilengkapi dengan sharklet dan dijadwalkan untuk dikirim mulai bulan Desember 2012. Wing tip dengan desain terbaru ini dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi dengan meningkatkan aerodinamika pesawat secara signifikan. Memangkas biaya pesawat sampai sekitar 4%, sharklet memungkinkan bertambahnya fleksibilitas sampai sekitar 100 nautical miles atau meningkatkan kapabilitas payload hingga 450 kilogram.

Pesawat Airbus A320 baru ini merupakan pesawat milik Grup AirAsia yang ke-115 dan akan digunakan untuk melayani rute penerbangan yang dimiliki oleh AirAsia Malaysia dengan kode penerbangan AK.

“Kesuksesan AirAsia adalah karena struktur biaya yang teratur dan inisiatif biaya yang berkelanjutan serta menjadi maskapai pertama di dunia yang mengoperasikan Airbus A320 dengan sharklet. Kami yakin dengan melakukan hal tersebut, akan dapat membantu AirAsia memangkas biaya pengeluaran lebih banyak dan memungkinkan kami meningkatkan pendapatan,” kata CEO AirAsia Berhad, Aireen Omar.

AIRASIA_AIRBUS_TOULOUSE_20121221_0824Grup AirAsia yang berada di Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, dan Jepang menggunakan 100% Airbus A320 dan ada 33 unit pesawat lagi yang akan dikirim ke berbagai negara dimana Grup AirAsia beroperasi tahun depan.

“Sebagai pelanggan terbesar keluarga A320 kami, sangat tepat bila AirAsia menjadi maskapai pertama yang mendapatkan keuntungan dari teknologi sharklet terbaru yang dapat menghemat bahan bakar hingga 4%,” kata Chief Operating Office, Customers Airbus, John Leahy. “Visi AirAsia adalah mewujudkan mimpi siapapun agar dapat terbang. Kini dengan A320 yang dilengkapi sharklet, AirAsia juga dengan bangga dapat menginformasikan kepada para penumpang bahwa mereka terbang menggunakan pesawat satu lorong yang paling ramah lingkungan di dunia.”

AirAsia baru-baru ini juga mengumumkan telah memesan tambahan 100 pesawat Airbus A320 lagi termasuk 36 A320ceo dengan sharklet. Secara keseluruhan, AirAsia telah memesan 475 pesawat satu lorong dari Airbus, yang terdiri dari 264 A320neo dan 211 A320ceo. Pengiriman pesawat tambahan dijadwalkan sampai tahun 2021.

AirAsia juga menjadi maskapai pertama di dunia yang menerima pesawat Airbus A320 yang dirakit di Tianjin, Cina, dan merupakan hasil kerja sama dengan Industrial and Commercial Bank of China (ICBC). Pesawat tersebut diterima pada tanggal 8 Desember dan akan digunakan oleh AirAsia Indonesia.

Tinggalkan komentar