Electrolux Design Lab 2013 Kembali Menantang Kreativitas Mahasiswa di Tingkat Dunia

Posted: Januari 15, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Kompetisi kreatifitas mahasiswa desain tingkat dunia kini hadir dengan tema dan peluang baru untuk memberikan inspirasi solusi masa depan bagi kehidupan di perkotaan

Kompetisi kelas dunia yang telah menghasilkan konsep-konsep inovatif, seperti Aeroball – pembersih udara yang melayang, Cleaner Spot Portable – pembersih noda dan The Snail – alat pemanas dan memasak portabel, kembali diselenggarakan. Memasuki tahun kesebelasnya, hari ini telah diumumkan tema baru untuk kompetisi desain global, Electrolux Design Lab (EDL) 2013. Tahun ini, kompetisi EDL 2013 tidak hanya melibatkan mahasiswa dan pekerja desain, tetapi juga mengundang masyarakat luas untuk lebih terlibat dan bergabung dengan perjalanan desain inovatif untuk menciptakan terobosan produk dan solusi masa depan.

Hendy Setiawan selaku Marketing Manager PT Electrolux Indonesia, menjelaskan “Electrolux Design Lab 2013 menantang para mahasiswa desain di seluruh dunia untuk bersaing mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan kesempatan kerja magang selama enam bulan berbayar dengan cara mengirimkan ide-ide untuk solusi desain yang menjawab tantangan untuk membentuk masa depan kita. Tema tahun ini adalah Inspired Urban Living, sebuah tema yang telah dipengaruhi oleh pertumbuhan ‘urbanisasi’, di mana ruang menjadi terbatas karena peningkatan jumlah penduduk dan perpindahan penduduk dari yang selama ini tinggal di perbatasan/pedesaan ke daerah-daerah yang padat penduduk/perkotaan”.

Pertanyaan besar yang harus dijawab adalah bagaimana desain dapat berperan dalam memastikan bahwa kita semua telah siap dan telah dilengkapi dalam menghadapi perubahan dan adaptasi sosial ini?

Untuk pertama kalinya, kompetisi desain yang telah diselenggarakan selama sepuluh tahun ini memberikan kesempatan yang luas kepada para peserta untuk memilih salah satu dari tiga sub tema di dalam tema besar mengenai “urbanisasi’, yaitu social cooking, natural air dan effortless cleaning. Selain itu, pada tahun 2013 ini, EDL akan menembus batas kategori desain industri tradisional dengan memasukkan desain untuk produk yang dapat habis dipakai (consumables) dan juga jasa (services).

“Bagi kami, di Electrolux merupakan hal yang penting untuk melihat desain dari perspektif yang luas. Seluruh solusi desain yang meningkatkan gaya hidup dan lingkungan hidup dari konsumen kami menjadi sangat relevan bagi kami untuk dieksplorasi dan dikembangkan. Itulah sebabnya, kami ingin memperluas kompetisi Electrolux Design Lab 2013 dan mengundang ide-ide kreatif dan inovatif untuk produk, aksesoris, produk yang dapat habis dipakai dan jasa ke dalam tiga fokus utama bagi rumah tangga masa depan yaitu social cooking, natural air dan effortless cleaning”, jelas Chief Desain Officer, Stefano Marzano.

Sebagai proses sosialisasi tema dan peluang baru ini, selama bulan Januari dan Februari 2013 Electrolux akan melakukan roadshow ke universitas-universitas di Jakarta dan Bandung. Roadshow akan diadakan pada tanggal 31 Januari 2013 di Universitas Trisakti, Jakarta dan pada 5 Februari 2013 di Institut Teknologi Bandung.

Hendy menambahkan, “Setelah tahun lalu pada EDL 2012, salah satu peserta dari Indonesia berhasil menjadi 80 besar semi finalis, maka tahun ini kami semakin optimis untuk bisa menuai prestasi yang lebih baik lagi. Untuk itu, kami mengajak para calon desainer muda Indonesia agar dapat mengembangkan talenta mereka melalui kompetisi global Electrolux Design Lab 2013 ini. Kami yakin bahwa para mahasiswa dan mahasiswa yang baru lulus dari berbagai pusat pendidikan di Indonesia mampu menunjukkan kreativitas yang layak diperhitungkan di mata dunia. Electrolux Design Lab 2013 merupakan ajang yang sangat potensial bagi generasi muda bangsa untuk menunjukkan karya terbaik mereka.”

Kunci Pengembangan Electrolux Design Lab 2013

Pengembangan konsep yang lebih kreatif:
Konsep desain dapat berupa produk, aksesori, barang konsumsi atau jasa, sehingga memungkinkan mahasiswa desain dari berbagai bidang desain untuk jauh lebih kreatif dalam pendekatan mereka menemukan solusi desain inovatif untuk rumah tangga di masa depan.

Jalur kompetisi Online:
Konsep desain terbaik yang telah diajukan akan dipublikasikan secara online, serta memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempromosikan hasil kerja mereka melalui media sosial sehingga dapat dipilih sebagai pemenang favorit oleh masyarakat di seluruh dunia.

Proses Pengembangan Konsep:
Kompetisi membagi proses desain ke dalam beberapa tahapan, yang memungkinkan para peserta untuk berkonsentrasi pada area yang berbeda selama proses berlangsung. Fokus pertama adalah pada penciptaan konsep, lalu dilanjutkan dengan presentasi visual dan spesifikasi teknis, yang memungkinkan pengiriman konsep tersebut untuk dikembangkan lebih jauh selama kompetisi.

Masukan dari para profesional Electrolux:
Mengingat penjurian akan dilaksanakan dalam berbagai tahap, maka hanya peserta dengan konsep terbaik yang memiliki kesempatan untuk maju ke tahap berikutnya. Para profesional Electrolux akan menjadi bagian dari proses seleksi dan mereka yang akan memilih konsep desain terbaik dan terjun langsung melibatkan diri dalam proses kompetisi melalui pemberian masukan kepada para peserta dan mendorong mereka selama proses berlangsung.

Tahap Final

Pada tahap seleksi akhir, seluruh delapan finalis akan diundang untuk berpartisipasi dalam acara penutupan, dimana mereka akan memaparkan konsep yang telah diajukan langsung di hadapan dewan juri yang terdiri dari profesional dan ternama di dunia. Juri akan mempertimbangkan masukan berdasarkan desain yang intuitif, inovasi dan kebutuhan konsumen. Para pemenang akan mendapatkan hadiah dan kesempatan menarik dari Electrolux, yaitu: hadiah pertama adalah enam bulan magang berbayar di pusat desain Electrolux global dan hadiah sebesar 5.000 Euro atau sekitar 63 juta rupiah, pemenang kedua berhak atas uang tunai sebesar 3.000 Euro atau sekitar 38 juta rupiah dan pemenang ketiga akan mendapatkan hadiah uang tunai sejumlah 2.000 Euro atau sekitar 25 juta rupiah. Berbeda dengan tahun sebelumnya, EDL 2013 akan memilih pemenang favorit yang berhak atas hadiah uang tunai sebesar 1.000 Euro atau sekitar 12 juta rupah. Pemenang favorit akan dipilih berdasarkan suara terbanyak oleh masyarakat di seluruh dunia dengan cara mengirimkan pilihan suaranya melalui situs online.

Batas waktu penyerahan kosnep desain pada tahap pertama kompetisi yaitu berupa pengiriman deskripsi konsep dan sketsa yaitu pada tanggal 15 Maret 2013. Informasi lebih lanjut tentang kompetisi dapat ditemukan di blog Electrolux Desain Lab: http://www.electrolux.com/electroluxdesignlab.

Kunjungi situs sosial media berikut untuk memperoleh keterangan lebih lanjut mengenai Electrolux Design Lab 2013:

Blog Design Lab : electrolux.com/electroluxdesignlab
Twitter : twitter.com/Electrolux
Flickr : flickr.com/photos/electrolux-design-lab
Pinterest : pinterest.com/electrolux
Instagram : instagram.com/electrolux

Sampaikan ide kreatif dan pemikiran Anda melalui http://www.electrolux.com. Untuk informasi lainnya kunjungi: http://www.electrolux.com/electrolux-insiders atau http://www.facebook.com/thelittlewhitebook.

***
Mengenai Design Lab
Dimulai pada tahun 2003, Electrolux Design Lab merupakan kompetisi tahunan yang dibuka bagi mahasiswa dan fresh graduate jurusan desain produk untuk menampilkan inovasi mereka terkait dengan peralatan rumah tangga dimasa yang akan datang. Seiring berjalannya waktu, Design Lab telah menerima ribuan ide desain dari para mahasiswa di lebih dari 100 negara.

Design Lab bertujuan secara langsung memberikan kesempatan kerja di bidang desain bagi para peserta. Tiga finalis dari kompetisi Design Lab terdahulu saat ini telah menjadi pegawai tetap di salah satu pusat desain global Electrolux dan tak ketinggalan, juara kompetisi Design Lab tahun lalu pun tengah menjalani proses magang selama enam bulan. Sedangkan para finalis dan pemenang lainnya telah menemukan kesuksesan mereka dalam industri desain.

Kompetisi ini mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya dan penyelenggaraan acara final pun dilakukan di negara yang berbeda setiap tahunnya dalam satu bentuk acara pers internasional. Tema dan tempat penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya adalah: “Design Experience” (2012) “Intelligent Mobility” (2011), “Desain Second Space Age” di London (2010); Desain Produk untuk 90 Tahun ke Depan” di London (2009) “Desain untuk Generasi Internet” di Zurich (2008); “Desain Hijau” di Paris (2007); “Desain untuk Pola Makan Sehat” di Barcelona (2006); “Desain Masa Depan” di Stockholm (2005); “Desain Masa Depan” di New York (2004); “Solusi yang Berfokus Pada Pengguna” di Budapest (2003).

Electrolux adalah pemimpin global dalam perlengkapan rumah tangga dan keperluan profesional yang menjual lebih dari 40 juta produk kepada konsumen di 150 negara setiap tahunnya. Perusahaan berfokus pada inovasi yang didesain secara matang, berdasarkan pemahaman terhadap konsumen secara menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan nyata para konsumen dan profesional. Produk-produk Electrolux meliputi lemari es, mesin pencuci piring, mesin cuci, vacuum cleaner, AC dan kitchen appliances di bawah sejumlah merek-merek terkemuka seperti Electrolux, AEG, Eureka dan Frigidaire. Pada tahun 2011, Electrolux memiliki penjualan sebesar 135 triliun rupiah dan 58.000 pekerja. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi http://www.electrolux.com/press

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s