PB PERCASI TARGETKAN CETAK PECATUR HANDAL DARI SELEKNAS CATUR JUNIOR (< U -14)

Posted: Maret 1, 2013 in Sport

Trend negara-negara di ASEAN, Asia, bahkan di tingkat dunia menciptakan Grandmaster usia muda, mendorong PB Percasi untuk untuk mengejar ketertinggalan dan menghasilkan “bibit unggul”, para pecatur muda yang potensial untuk mendampingi para pendahulunya yang kini sudah meraih gelar Grandmaster, seperti GM Susanto Megaranto dan WGM Irene Kharisma Sukandar. “ PB Prtcasi sangat serius dalam upaya mengejar keteryinggalan tersebut dan menjadikan pembinaan pecatur muda dan mencetak pecatur muda yang handal menjadi target utama”, kata GM Utut Adianto, Wakil Ketua Umum PB Percasi dalam kesempatan peresmian Seleknas Junior Lapis Dua -dibawah usia 14 tahun pada 2012- (1/3) di Bekasi Jabar.

Seleknas, yang dimulai dari 28 Februari 2013 , akan diikuti oleh peserta terpilih dari para juara (juara 1 hingga 3) putra maupun putri dai turnamen yang pernah dilakukan sebelumnya, seperti Kejurnas Catur Jakarta 2012, ASEAN Age Group Vietnam 2012, Olimpiade Olahraga dan Seni Nasional (O2SN) 2012, dan Japfa Chess Festival 2012.

Melengkapi upaya ini, PB Percasi juga akan memberikan wild card bagi para pecatur berbakat hasil oantauan bakat (talent scouting) pada para pecatur junior < U 14 yang tidak masuk dalam kriteria di atas. “ Kami sangat berharap kesempatan yang baik ini benar-benar bisa dimanfaatkan oleh para pecatur muda yang nantinya terpilih menjadi pelapis kedua tim nasional “, jelas Utut yang pernah menjadi juara dua dunia ketika berusia 15 tahun .

Seleknas , yang akan berlangsung sampai dengan 5 Maret 2013 yang akan datang ini. memang dirancang untuk menciptakan pasukan khusus lapis ke-dua bagi tim Catur Indonesia. “Setelah lolos dari Seleknas, mereka akan dijadwalkan untuk menjalani Pelatnas Jangka Panjang yang akan dilatih oleh para pelatih kelas dunia terbaik”, kata Kristianus Liem – Kabid Pembinaan PB Percasi. “ Mereka juga akan mendapat prioritas untuk mewakili tim Indonesia Junior di berbagai event internasional penting, disesuaikan dengan kelompok umurnya,” ungkap Liem lebih lanjut,.

PB Percasi dibawah kepemimpinan Hashim Djojohadikusumo saat ini memang memberi perhatian utama pada program pembinaan sebagai ujung tombak keberhasilan catur di Indonesia.

Karenanya pembentukan “Pasukan Khusus ke Dua” Catur Indonesia yang dilanjutkan dengan Pelatnas Jangka Panjang diharapkan dapat menjadi gerbang pembuka bagi munculnya para Grandmaster muda Indonesia di masa mendatang.

PERCASI

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), mulai dirintis sejak tahun 1948 di Yogyakarta, akan tetapi tanggal 17 Agustus 1950 dipilih sebagai tanggal resmi berdirinya PERCASI. Ketua Umum PERCASI yang pertama adalah Dr. Suwito Mangkusuwondo (alm). Kejuaraan Nasional yang pertama baru bisa diadakan pada tahun 1953 di Solo. Di tahun 1955 kedudukan PB. PERCASI dipindahkan dari Yogyakarta ke Jakarta. Pada tahun 1960 PERCASI diterima sebagai anggota FIDE (Federation Internationale Des Echecs) atau Federasi Catur Internasional sampai sekarang. Tahun 2000 Catur diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi dunia oleh International Olympic Committee (IOC) atau Komite Olimpiade Internasional, dan Olimpiade khusus Catur diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali karena kerumitan, keunikan dan dinamika permainannya yang berkembang pesat sesuai perkembangan teknologi komputer.

Sejak berdirinya, Percasi telah melahirkan tujuh Grandmaster (alm. GM Eddy Handoko, alm. Ruben Gunawan, GM Herman Suradiradja, GM Utut Adianto, GM Ardiansyah, GM Cerdas Barus, GM Susanto Megaranto) dan satu Grandmaster Wanita (Women Grandmaster) Irene Kharisma Sukandar. Saat ini, Percasi berada di 33 propinsi dan hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Sejak 2010 sampai dengan 2013, PB Percasi dibawah kepemimpinan Hashim S. Djojohadikusumo.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s