Saat peringatan bulan K3 tahun 2013:

Posted: Maret 7, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

JKK Jamsostek : Sumenik (44 thn) , istri almarhum Sudarto didampingi anak keduanya Muhammad Taufik, tak kuasa menitikkan air mata saat menerima Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Jamsostek  yang disampaikan Walikota Medan Rahudman Harahap dihadapan ratusan tenaga kerja berbagai perusahaan se-Kota Medan pada saat peringatan bulan K3 tahun 2013 yang dipusatkan di lapangan Merdeka Medan,selasa (5/3). Walikota didampingi Kakanwil Jamsostek IGN Suartika dan Kakacab Medan Satria Darma

JKK Jamsostek : Sumenik (44 thn) , istri almarhum Sudarto didampingi anak keduanya Muhammad Taufik, tak kuasa menitikkan air mata saat menerima Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Jamsostek yang disampaikan Walikota Medan Rahudman Harahap dihadapan ratusan tenaga kerja berbagai perusahaan se-Kota Medan pada saat peringatan bulan K3 tahun 2013 yang dipusatkan di lapangan Merdeka Medan,selasa (5/3). Walikota didampingi Kakanwil Jamsostek IGN Suartika dan Kakacab Medan Satria Darma

Walikota Medan Serahkan santunan JKK Jamsostek kepada Keluarga karyawan PDAM Tirtanadi dan PT Adhi Karya

Medan-Sumenik (44 thn) , istri almarhum Sudarto didampingi anak keduanya Muhammad Taufik, tak kuasa menitikkan air mata saat menerima Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Jamsostek yang disampaikan dihadapan ratusan tenaga kerja berbagai perusahaan se-Kota Medan pada saat peringatan bulan K3 tahun 2013 yang dipusatkan di lapangan Merdeka Medan,selasa (5/3).

Keluarga mantan karyawan yang di PDAM Tirtanadi Medan itu menerima santunan JKK sebesar Rp.236.4141.746,17 dan diserahkan langsung oleh Walikota Medan Rahudman Harahap didampingi Wakil Walikota Medan HT Dzulmi Eldin, Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) IGN Suartika dan Wakil Kakanwil Pengarapen Sinulingga dan Kepala Jamsostek Medan Satria Darma.

Santunan terdiri dari Jaminan JKK Rp 210.109.576,17, berkala Rp 4.800.000 dan JHT Rp. 21.505.170.
Dituturkan Sumenik dengan nada terbata bata, suaminya kecelakaan pada tanggal 6 desember 2012. “Belum waktunya pensiun, tapi Bapak sudah pergi duluan, tidak dapat menikmati masa tuanya,” ujar Sumenik yang didampingi Muklis Sibarani, bagian Personalia PDAM Tirtanadi.

“Tidak terlintas bakal ada dari Jamsostek, trimakasih kepada Jamsostek yang sudah meringankan kesedihan kami,” imbuh wanita yang memiliki 4 orang anak ini berlinang airmata.

Peugas Personalia PDAM Tirtanadi, Muklis Sibarani menuturkan, seluruh karyawan PDAM Tirtanadi sudah mengikuti program jamsostek sejak tahun 1979. “Selama ini kami tertib administrasi dan kami sangat bersyukur, semua karyawan dilindungi jamsostek, membuat karyawan merasa terlindungi,” pungkas Sibarani.

Sementara itu, Indah Rahmadani (45 tahun), menerima santunan suaminya Abdi Sutrisno sebesar Rp. 185.821.090,- yang terdiri dari santunan JKK Rp. 168.426.400, berkala Rp 4.800.000 dan JHT Rp 12.594.690. Abdi Sutrisno merupakan karyawan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja.

Indah Rahmadani yang didampingi Sudarso, Koordinator K3 PT Adhi Karya menuturkan nyawa tidak dapat diganti dengan uang, tetapi setidaknya jika terjadi resiko fatal yang mengakibatkan meninggal dunia, santunan jamsostek sudah sangat membantu untuk menghidupi 3 orang anaknya yang masih kecil.

“Tidak ada salahnya ikut jamsostek, seperti saya ini mengalami musibah,terbantu dengan adanya dana ini,” katanya. Senada dengan Indah, Sudarso mengakui selama ini tidak ada permasalahan menyangkut urusan jamsostek dan pihaknya sudah pernah mengurus JKK Jamsostek saat kecelakaan tenaga kerja di Patumbak beberapa waktu lalu. “Tidak ada masalah, mudah berurusan dengan jamsostek,” imbuh Sudarso.

Meriah Bulan K3

Peringatan bulan K3 tahun 2013 yang dipusatkan di lapangan Merdeka Medan,selasa (5/3) berlangsung meriah. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa program ”saya pilih selamat” yang diluncurkan 16 Oktober 2012 lalu adalah sebuah ajakan dalam meningkatkan kesadaran pentingnya keselamatan dan pentingnya berperilaku aman dalam rangka mewujudkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Hal itu dikemukakan Menakertrans dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Walikota Medan Rahudman Harahap pada upacara peringatan bulan K3 tahun 2013 di hadapan ratusan tenaga kerja berbagai perusahaan se-Kota Medan yang dipusatkan di lapangan Merdeka Medan.

Dikatakan, program ”Saya pilih selamat” sebagai salah satu upaya mewujudkan budaya K3 di lingkungan kerja ini harus disuarakan dan didengung-dengungkan setiap hari oleh seluruh stakeholder dan elemen masyarakat. Hadir dalam peringatan bulan K3 ini Wakil Walikota Medan, para Kepala SKPD, , para manajer perusahaan BUMN dan swasta, Kepala Kanwil PT. Jamsostek (Persero) IGN Suartika dan Wakilnya, Kepala Cabang Medan Satria Dharma, Kepala Jamsostek Belawan Panji WIbisana dan unsur Muspika, serta tokoh-tokoh masyarakat.

Selepas upacara peringatan Bulan K3, Walikota Medan menyerahkan piagam penghargaan zero accident kepada sejumlah perusahaan. Selain itu Kakanwil Jamsostek menyerahkan tong sampah kepada Pemko Medan. Pada kesempatan itu, Walikota Medan juga melakukan uji coba mobil keliling jamsostek . didampingi Kakanwil Jamsostek yang duduk di sebelah kiri sembari mengelilingi lapangan Merdeka Medan.

Beasiswa Jamsostek

Peringatan bulan K3 tahun 2013 merupakan momen bahagia bagi 10 pelajar penerima beasiswa jamsostek. Tercatat para penerima beasiswa dari Jamsostek Cabang Belawan adalah Amanda Rahmi Siregar dan Ambar Sari (Charoen Pokphand), Siti Hajar (Home Industri Hj Nelmi Cholidah), Jocelyn(Cober CV), Aditya Pangestu dan Nadindra Anggit Maheswari (Emerald Garden Int Hotel), Muhammad Rafly Syuhada dan Tasya Surya kartika (Kopkar Nagaputri PLN), Endang Windarsih dan Afif Wahyudi Pane ( Karya Deli Steelindo).

Para pelajar ini mengungkapkan dengan bantuan beasiswa akan sangat membantu orang tua mereka dalam pembiayaan sekolah dan kuliah. “Senang, sangat senang ,” ungkap Jocelyn (12 tahun) didampingi ibunya Maini, seorang pelajar putri SD Swasta Airlngga penerima beasiswa jamsostek.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s