Sosialisasi SIMAK BMN Kepada Perwira TNI AL Wilayah Timur

Posted: Maret 14, 2013 in Pengetahuan

Gubernur AAL, Komandan Kobangdikal, Pangarmatim dalam acara ini

Gubernur AAL, Komandan Kobangdikal, Pangarmatim dalam acara ini

Surabaya, 13 Maret 2013-Untuk menyusun laporan keuangan yang baik, benar, akuntabel dan tepat waktu, TNI Angkatan Laut sebagai salah satu U.O. (Unit Organisasi) dilingkungan Kementerian Pertahanan harus menyusun laporan keuangan tersebut sesuai Sistem Akuntansi Instansi (SAI). Untuk memberikan pengetahuan mengenai hal tersebut, instansi TNI AL yang membidangi BMN, dalam hal ini Staf Logistik TNI AL memberikan sosialisasi dan pencerahan SIMAK BMN kepada seluruh perwira TNI AL. Sosialisasi SIMAK BMN untuk perwira TNI AL wilayah timur dilaksanakan di gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) Koarmatim hari ini, Rabu (13/3) yang dihadiri para Perwira Tinggi yaitu Pangarmatim, Gubernur AAL, Wagub AAL, Komandan Kobangdikal, Wadan Kobangdikal, Komandan Guskamlaarmatim, Komandan Pasmar 1, Komandan Kodikopsla dan para Komandan Lantamal jajaran Koarmatim serta Perwira berpangkat Kolonel, dan dilanjutkan kepada perwira lainnya pada hari berikutnya.

Dalam sosialisasi tersebut sebagai pembicara adalah Paban VI BMN Staf Logistik TNI AL Kolonel Laut (T) Ir. Fitri Hadi Suhaemi, M.A.P. yang diantaranya menjelaskan mengenai Sistem Akuntansi Instansi (SAI) terdiri dari Sistem Akuntansi Keuangan (SAK) dan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) dimana kedua sistem tersebut masing-masing mempunyai kontribusi pada pembentukkan opini yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Laporan BMN U.O. TNI AL merupakan salah satu dari lima Laporan BMN U.O. dilingkungan Kemhan sebagai salah satu item data dalam proses penyusunan laporan keuangan Kementerian Pertahanan RI.

Sementara itu Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Sru Handayanto dalam sambutannya yang dibacakan Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum mengajak kepada seluruh perwira TNI AL mulai lingkup yang kecil dilingkungan U.O. TNI AL mulai dari Satker, Kotama dan Slogal sampai dengan lingkup yang lebih besar yaitu Kemhan untuk menghasilkan sebuah laporan BMN yang lebih baik dari sebelumnya, sehingga mendapatkan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s