Persijap Ketagihan Kalahkan Semen Padang

Posted: Maret 25, 2013 in Sport

Kalah dua kali di pertandingan away terakhir membuat Persijap geregetan. Skuad Laskar Kalinyamat siap menumpahkan kekesalan itu saat menjamu Semen Padang FC di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Selasa (26/3), malam. Kelas Semen Padang jelas beda dengan Persija, tamu pertama Persijap yang pulang dengan kepala tertunduk setelah digelontor lima gol tanpa balas.

Sekretaris Umum Persijap Sugiyanto mengungkapkan sejak beberapa hari terakhir Evaldo Silva dan kawan-kawan menggembleng diri, khusus untuk menghadapi Semen Padang. Sektor vital yang dibenahi adalah penyelesaian akhir. “Pelatih sudah membuat strategi-strategi baru untuk menghadapi Semen Padang. Kita ingin bikin sejarah dengan dua kali mengalahkan mereka di Jepara,” katanya, Senin (25/3). Musim lalu Persijap menundukkan Semen Padang di Jepara lewat gol tunggal Banaken Basoken di menit 51.

Permainan cepat, ngotot dan keras bakal jadi andalan tuan rumah. Itu, kata Sugiyanto, merupakan ciri khas permainan Persijap yang sempat hilang di dua musim terakhir. Makanya sejak awal pelatih Riono Asnan diminta mengembalikan karakter khas tersebut. “Alhamdulillah bisa, sekarang Persijap sudah kembali menemukan jati dirinya. Keras dan cepat, tapi tidak berarti kasar,” sebutnya.

Beruntung, menghadapi pertandingan sarat gengsi besok malam tak satupun pemain Persijap yang berhalangan tampil, entah karena cedera atau akumulasi kartu kuning. Riono punya banyak pilihan di lini depan, mulai Victor Miguel Ortega, Noorhadi, Dikcy Firasat, hingga striker Timnas U-22 Agung Supriyanto. Yang terang, kata Sugiyanto, “Persijap akan tampil menyerang. Harus menang karena main di kandang.”

Dia berharap perjuangan para pemain mendapat dukungan penuh dari Banaspati (Barisan Suporter Persijap Sejati). Bila laga lawan Persija disaksikan tak kurang 10 ribu penonton, Sugiyanto ingin angka itu meningkat lagi. “Seluruh persiapan pertandingan sudah oke, termasuk ijin dari kepolisian. Karena itu ayo rame-rame kita dukung Persijap dengan datang ke stadion,” ajaknya.

Sebelumnya, tur Aceh yang dijalani Persijap tidak menghasilkan sebiji gol pun. Mereka dikalahkan Persiraja 0-1 pada 3 Maret, dan tiga hari kemudian menyerah di tangan PSLS 0-2. Evaluasi yang dilakukan tim pelatih Persijap menyimpulkan ada masalah serius di lini depan. (*)

Semen Padang Bertekad Balas Kekalahan di Jepara

Memori buruk itu masih membekas di benak para pemain Semen Padang FC. Rekor tak pernah kalah Kabau Sirah tumbang di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, 19 Februari 2012. Dalam laga pekan ke-11 Indonesian Premier League (IPL) musim 2012 itu Ellie Aiboy dan kawan-kawan kalah tipis 0-1. Itu merupakan satu dari dua kekalahan Semen Padang di ajang kompetisi reguler. Arema menjadi tim kedua yang mempermalukan mereka.

Nah, Semen Padang punya kesempatan membalas kekalahan dari Persijap ketika bertemu di Stadion Gelora Bumi Kartini, Selasa (26/3) malam. “Benar, ini bukan masalah curi satu atau tiga poin. Musim lalu kita kalah di sini, besok malam ‘utang’ itu harus dibayar,” kata pelatih Semen Padang Jafri Sastra, Senin (25/3).

Semangat balas dendam itu menjadi motivasi tersendiri bagi 18 pemain yang dibawa ke Jepara. Pagi tadi Jafri Sastra mengajak pasukannya menjajal rumput stadion terbesar di Kota Ukir tersebut. Wahyu Wijiastanto, Aries Tuansyah, Hendra Bayauw, Novan Setya Sasongko, Jajang Paliama, serta kiper Jandia Eka Putra begitu semangat mengikuti latihan. Termasuk duo asing Esteban Viscarra dan Yu Hyun Koo. “Tibo (Titus Bonai) segera menyusul ke Jepara setelah memperkuat timnas,” sebut Ronny.

Dua pemain asing lainnya, David Pagbe dan Edward Wilson Junior absen dengan sebab berbeda. Pagbe masih dalam masa penyembuhan cedera lutut sedangkan Edu–panggilan akrab Eward Wilson–lagi mengurus perpanjangan paspor. Tapi, tanpa dua legiun impor itu Semen Padang optimistis bisa menggapai hasil maksimal.

Ronny menegaskan, “Kita tahu tim Persijap musim ini lebih bagus dibanding kemarin. Nggak masalah, Semen Padang sudah siap. Anak-anak lagi dalam top performance mereka, baik fisik maupun mental.” Semen Padang mengemas kemenangan meyakinkan di tiga penampilan awal mereka. Setelah menggebuk Persibo 4-1 di ajang community shield, berikutnya Pro Duta digilas dengan skor 2-0 dan Persiba 2-1. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s