FAM Gelar Lomba Menulis Resensi Buku

Posted: Maret 30, 2013 in Pengetahuan

PARE, KEDIRI – Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia bulan ini hingga 26 Mei 2013 mendatang menggelar Lomba Menulis Resensi Buku. Lomba ini merupakan ivent nasional yang digelar wadah kepenulisan yang berpusat di Pare ini setelah sukses mengusung Lomba Cipta Cerpen Tingkat Pelajar, Mahasiswa/Umum sebelumnya.

Pengurus FAM Indonesia Aliya Nurlela menyebutkan, Lomba Menulis Resensi Buku bertujuan untuk membangun sikap kritis penulis-penulis muda dalam membaca sebuah buku, terutama ditujukan kepada anggota FAM Indonesia.

“Buku-buku yang diresensi adalah buku-buku terbitan FAM Publishing, Divisi Penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia,” ujarnya, Senin (25/3).

Dia menyebutkan, lomba ini gratis tanpa dipungut biaya. Peserta yang telah memiliki buku-buku terbitan FAM Publishing dan telah meresensinya, terlebih dahulu harus bergabung dengan grup “Forum Aishiteru Menulis” di facebook dan memposting resensinya di grup tersebut serta mengirim ke email FAM Indonesia: forumaktifmenulis@yahoo.com.

Bagi peserta yang tidak memiliki buku terbitan FAM Publishing dan jika berminat mengikuti lomba ini dapat memesannya dengan melihat info buku FAM di website http://www.famindonesia.com.

Dijelaskannya juga, resensi yang ditulis harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setiap penulis menyebutkan identitas lengkap dan isi resensi harus berimbang, komunikatif, mengulas sisi kelebihan dan kekurangan isi buku dan memberikan masukan kepada penulis buku yang diresensi.

“Deadline penerimaan naskah resensi pada Minggu, 26 Mei 2013, pukul 22.00 WIB dan update peserta dapat dilihat di http://www.famindonesia.com,” tambahnya.

Sebagai tanda penghargaan bagi para pemenang, FAM Indonesia menyediakan sejumlah hadiah, di antaranya: Uang Tunai Rp250.000, Paket Buku dari FAM Publishing, Piagam Penghargaan (Juara 1), Uang Tunai Rp200.000, Paket Buku dari FAM Publishing, Piagam Penghargaan (Juara 2), dan Uang Tunai Rp150.000, Paket Buku dari FAM Publishing, Piagam Penghargaan (Juara 3).

Tentang FAM Indonesia

Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia didirikan oleh “duo penulis muda” Indonesia, Muhammad Subhan (Sumatera Barat) dan Aliya Nurlela (Malang, Jawa Timur). FAM Indonesia berdiri pada tanggal 2 Maret 2012. FAM Indonesia berkantor pusat di Pare, Kediri, Propinsi Jawa Timur yang tujuannya menyebarkan semangat cinta (aishiteru) menulis di kalangan generasi muda, khususnya siswa sekolah dasar, SLTP, SLTA, mahasiswa, dan kalangan umum lainnya.

FAM Indonesia bertekad membina anak-anak bangsa untuk cinta menulis dan gemar membaca buku. Sebab, dua hal ini melatarbelakangi maju dan berkembangnya negara-negara di dunia lantaran rakyatnya suka membaca buku dan menulis karangan.

FAM Indonesia berbasis di sekolah-sekolah dan melebur di tengah masyarakat dalam berbagai kegiatan kepenulisan. Kegiatan-kegiatan FAM Indonesia dapat diakses di grup “Forum Aishiteru Menulis” di facebook dan website http://www.famindonesia.com. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s