LKBN ANTARA Sumut Siap Kawal Jamsostek Hingga BPJS

Posted: April 10, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara Drs. Simon Pramono dan rombongan foto bersama dengan Kakanwil I PT Jamsostek  (Persero) IGN Suartika, Wakil Kakanwil Pengarapen Sinulingga baru baru ini di Gedung Jamsostek  Jl Kapten Pattumura No. 334 Medan.

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara Drs. Simon Pramono dan rombongan foto bersama dengan Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) IGN Suartika, Wakil Kakanwil Pengarapen Sinulingga baru baru ini di Gedung Jamsostek Jl Kapten Pattumura No. 334 Medan.

Medan, Sumut-LKBN Antara Sumut menegaskan siap mengawal transformasi PT Jamsostek (Persero) menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang akan diberlakukan pada 1 Januari 2014.

Hal itu ditegaskan Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara Drs. Simon Pramono didampingi Staf Pemasaran Rita Haryati dan redaktur Portal berita antarasumut.com Nico Adrian saat mengunjungi Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) baru baru ini seperti keterangan pers Jamsostek Kanwil I, senin(8/4). Audiensi diterima Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) IGN Suartika, Wakil Kakanwil I Drs Pengarapen Sinulingga MM dan Kepala Bidang Teknologi Informasi Cabang Belawan Sanco Simanullang di Gedung Jamsostek Jl Kapten Pattumura No. 334 Medan.

Dua pimpinan perusahaan pelat merah ini membicarakan sejumlah hal, terkait pelaksanaan BPJS tahun 2014, manfaat program jamsostek dan sejumlah hal.

Dikatakan Simon Pramono, selain kunjungan silaturahmi, pihaknya ingin mengembangkan kerja sama antara Perum LKBN ANTARA dengan PT Jamsostek (Persero) Kantor Wilayah I bidang penyebarluasan informasi terutama mengenai manfaat program jamsostek bagi tenaga kerja dan masyarakat pada umumnya.

“Maksud kehadiran kami adalah untuk mensosialisasikan LKBN Antara bidang penyebarluasan informasi, dan mengembangkan sinergi sesama BUMN seperti yang sudah terjalin dengan Kantor Pusat Jamsostek,” ungkap Simon Pramono seraya berharap manfaat mengikuti Program Jamsostek dapat diketahui masyarakat lebih luas lagi.

Dikatakan, sebanyak 300 media cetak, 280 radio dan 150.000 pengunjung website diseluruh dunia merupakan pelanggan Perum LKBN Antara Sumut. “Kita siap membantu jamsostek hingga implementasi BPJS 2014,” katanya.

“Berdosa kita kalau tidak bantu jamsostek sebab jaminan sosial adalah hak normatif pekerja yang dilindungi undang-undang dan konvensi buruh internasional,” katanya lagi.

Peran Besar Media
Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) IGN Suartika menyambut baik kehadiran Pimpinan LKBN Antara Sumut . “Peran besar media mutlak dibutuhkan terutama saat transformasi Jamsostek menuju BPJS , karena semua pihak terutama kalangan buruh sangat membutuhkan informasi terkini sebagai peserta dan calon peserta,” kata Kakanwil.

Dikatakan IGN Suartika, Gerakan Sumut Peduli Jaminan Sosial beberapa waktu lalu telah dicanangkan Gubernur dan peran media sangat vital untuk mengedukasi masyarakat dengan memberikan informasi tentang hak dan kewajiban menjadi peserta jamsostek .

“Kesan selama ini jamsostek hanya menerima peserta dari perusahaan besar merupakan anggapan yang keliru, padahal saat ini tenaga kerja informal seperti nelayan, tukang becak, pedagang asongan, petani dan lainnya telah dapat menjadi peserta,” imbuh Suartika.

Untuk itu, tutur Suartika, kerjasama dengan media merupakan hal strategis dan mutlak, sehingga informasi tentang manfaat mengikuti program jamsostek dapat tersebar luas, karena dengan mengikuti program jamsostek, resiko sakit, kecelakaan, meninggal dunia dan masa tua, dan resiko lainnya telah dialihkan menjadi beban Jamsostek.

Wakil Kakanwil I Pengarapen Sinulingga mengatakan sejumlah perusahaan ditemukan tidak terdaftar jamsostek dan sebagian lagi yang sudah terdaftar tidak jujur dalam melaporkan jumlah tenaga kerja dan jumlah upah yang sebenarnya kepada jamsostek. “Kami berharap media dapat melakukan kontrol terhadap perusahaan yang belum mematuhi peraturan jamsostek,” ungkap Sinulingga.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s