Menteri Perdagangan Australia Tiba di Surabaya untuk perundingan APEC

Posted: April 23, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Menteri Perdagangan Australia Craig Emerson tiba di Indonesia hari ini untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan forum tahunan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) ke-19 di Surabaya.

APEC yang beranggotakan 21 ekonomi mencapai 56 persen produk domestik bruto (GDP) dunia, 44 persen perdagangan dunia dan lebih dari 70 persen perdagangan barang dan jasa Australia.

Pertemuan tingkat menteri akhir minggu ini akan membicarakan kemajuan integrasi kawasan – termasuk kerja sama pendidikan, infrastruktur dan pasar keuangan – serta tantangan-tantangan ekonomi global .

Dr Emerson juga akan memanfaatkan kunjungan tersebut untuk mengadakan sejumlah pertemuan bilateral dengan para menteri APEC untuk mendorong kiprah yang semakin besar dalam perundingan-perundingan Organisasi Perdagangan Dunia yang macet dalam liberalisasi perdagangan.

Fokus akan diarahkan pada bidang-bidang di mana kesepakatan dapat dicapai, termasuk fasilitasi perdagangan, yakni penghapusan rintangan-rintangan birokrasi dan infrastruktur terhadap pergerakan barang antar negara.

Australia dan Cina telah diminta oleh anggota-anggota WTO untuk memimpin pertemuan guna mempercepat perundingan-perundingan itu akhir bulan ini.

Para anggota WTO akan bertemu di Bali pada Desember dalam rangka Konferensi Tingkat Menteri tahun ini.

Selama di Surabaya, Dr Emerson juga akan bertemu dengan para mitra perunding Kemitraan Trans-Pasifik, yang melibatkan 11 negara dari Asia-Pasifik.

“Kemakmuran masa depan Australia sangat bergantung pada penguatan perdagangan dan investasi dengan kawasan Asia,” tutur Dr Emerson.

“Hal ini secara jelas telah dijabarkan semuanya di Buku Putih Australia di Abad Asia.

“Berkumpulnya beberapa mitra kami yang paling erat di satu tempat menghadirkan peluang ideal untuk mendorong pembaruan yang akan merampingkan berbisnis di kawasan.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s