PETRA PARADE 2013: Adu Kuliner ala Mahasiswa Asing

Posted: April 27, 2013 in Pendidikan

Hari Kedua

Surabaya, 23 April 2013-Bagaimana kalo penyelamatan para korban bencana dilakukan oleh sebuah robot? Ialah Lego NTX Robot dari Program Studi Teknik Elektro yang akan menantang para siswa SMA dalam lomba Electrical Fiesta X-Rescue Robot. Kompetisi ini akan digelar di auditorium UK Petra (24/4) mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB, diikuti oleh 38 kelompok yang masing-masing terdiri dari dua orang. Setiap tim bertugas untuk menjalankan robot tersebut dalam waktu 4 menit, melewati jalur jembatan patah lalu menempatkan bahan makanan ke area yang telah ditentukan agar membantu para korban.

Ada pula Business Accounting Competition yang diusung oleh program studi Akuntansi Bisnis dan IBACC UK Petra mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB di Gedung T ruang AV 502. Lomba yang dibagi dalam dua babak ini akan menantang para peserta SMA dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Masih ada juga perlombaan lagi yang tidak kalah serunya. Ada perlombaan lain seperti Safety Driving, Smart Driving, Simple Troubleshooting dan Car Body Design. 6 tim dengan masing-masing tim terdiri dari 3 orang akan beradu strategi dengan mengumpulkan point sebanyak mungkin secara rally games berkeliling dari berbagai pos. Kompetisi yang akan digelar mulai pukul 10.00 WIB ini mengambil parkiran gedung P sebagai lokasi lomba.

Beranjak di sore hari, tak mau kalah beberapa mahasiswa asing yang menimba ilmu di UK Petra juga akan unjuk gigi. Mulai pukul 17.00 – 19.00 WIB panggung utama di lapangan hijau UK Petra akan menjadi saksi moment unik berupa tarian dan lomba makanan khas dalam acara Internasional Localicious Vaganza. Seperti menu brazilian strogonosf dari Brasil, kim chi, cake dan go cho gang sam gyup sal dari korea, slivkove gule dari Slovakia, tom yam kung dari Thailand dan sarmale dari Romania akan disajikan.

Hari Ketiga

Bagaimana rasanya teh dari kulit manggis atau buah naga? Yang jelas menyehatkan. Ialah dantea sebuah nama produk baru yang dijual oleh sekelompok mahasiswa UK Petra program beasiswa wirausaha muda dalam Petra Green Bazzar. Kegiatan ini merupakan persembahan bagi warga Siwalankerto yang akan dilaksanakan esok Kamis, 25 April 2013 mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB di lapangan parkir Depan Entrance Hall UK Petra. Tak hanya dantea saja yang akan memeriahkan stand dalam Petra Green Bazaar akan tetapi juga akan dijual 1000 sembako dengan separuh harga dan para pembelinya harus menggunakan tas yang ramah lingkungan. Ini sebagai perwujudtan UK Petra sebagai green campus, hasil bazaar ini pun nantinya akan digunakan untuk bantuan pendidikan.

Beberapa lomba Petra Olmpiad juga masih tetap memeriahkan Petra Parade hari ketiga ini, diantaranya Lomba Komposisi Bentuk Kreatif (LKBK) yang diusung oleh Program Studi Arsitektur. Dalam babak final (25/4) yang diadakan mulai pukul 09.30 WIB ini akan dihelat di gedung P lantai 7 dan 8. Ke – 16 tim yang sudah terjaring ini akan beradu kemampuan membuat maket 3D dari bahan–bahan seperti kertas dan stik diatas papan sebesar 30×30 cm dengan tema bagunan cagar budaya sebagai inspirasi. Tak hanya itu saja, para siswa SMA diajak untuk menjadi kreatif dengan mendesain dan menulis sebuah majalah dalam Teen Mag Competition 2013 (25/4) yang diusung oleh Program Studi Sastra Inggris mulai pukul 09.00 WIB di gedung W lantai 10 RK IV kampus Petra.

Berhubungan dengan pajak, para siswa SMA dapat beradu strategi dalam Tax Accounting Competition 2013 (25/4) yang akan digelar mulai pukul 09.00 WIB di gedung T ruang AVT 502 kampus UK Petra. Lomba ini akan mengasah pengetahuan seputar bidang pajak dan akuntansi yang berbentuk kompetisi antar tim dengan 3 orang tiap timnya. Mereka akan menghadapi tiga babak yang terdiri dari tes tulis selama 1 jam, pertanyaan cepat tepat tertulis selama 2 jam dan presentasi kasus selama 1 jam.

Hari Keempat

Siapa tak kenal Sean? Artis muda kelahiran 18 tahun silam ini menjadi peraih juara 2 dalam ajang pencarian bakat Indonesia Idol. Sean akan menghibur para pengunjung di puncak acara penutupan Petra Parade 2013. Gadis dengan nama lengkap Kamasean Yoce Matthews ini akan tampil membawakan enam lagu termasuk singlenya yang terbaru berjudul How Could You. Tidak hanya itu saja, dalam malam puncak acara juga akan diumumkan penganugerahan Juara Umum Petra Olympiad 2013. Petra Olmpiad ini mengangkat tujuh modal manusia yaitu kecerdasan kognitif, emosi, sosial, kultur, moral, spiritual dan tingkah laku.

“Kategori juara umum ditentukan berdasarkan kriteria yaitu mendapatkan point tertinggi dari setiap lomba yang diikuti kemudian di akumulasikan”, urai Hany Ferdinando, S.T., M.Sc selaku ketua panitia Petra Parade 2013. Sebelumnya piala bergilir tahun lalu berhasil dimenangkan oleh SMA Kr. Petra 1 Surabaya. Bagaimana dengan tahun ini? Saksikan esok hari Jumat, 26 April 2013 mulai pukul 19.00 WIB di panggung utama gedung W.

Di malam puncak acara Petra Parade 2013, panggung utama juga akan dimeriahkan dengan Medley Cultural Dance dan Cultural Music Performance. Tarian Medley akan menampilkan tarian dari Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Maluku dan Papua. Sedangkan Cultural Music Performance akan menampilkan dua penampilan yaitu band kontemporer dan Torn Dance (tarian dengan konsep para penari menggunakan baju yang terang dan lampu panggung dimatikan). “Konsep ini mempresentasikan layaknya icon dalam Petra Parade 2013 yaitu garam. Garam mudah larut tetapi tetap mempertahankan rasanya. Semua berbaur menjadi 1 rasa, sehingga penuh warna”, rinci Hany Ferdinando, S.T., M.Sc.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s