Walikota Instruksikan Seluruh Perusahaan di Medan Wajib Jamsostek

Posted: April 29, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Walikota Medan sedang berbincang dengan Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) IGN Suartika didampingi Wakil Kakanwil I Pengarapen Sinulingga dan Kepala Cabang Medan Satria Darma di rumah dinas walikota, baru baru ini

Walikota Medan sedang berbincang dengan Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) IGN Suartika didampingi Wakil Kakanwil I Pengarapen Sinulingga dan Kepala Cabang Medan Satria Darma di rumah dinas walikota, baru baru ini

Urus Izin dan IMB wajib Cantumkan Jamsostek

Medan, Sumut-Pemerintah Kota Medan mewajibkan perusahaan dan pengusaha rekanan dilingkungan Pemko Medan mengikuti program jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek) seiring akan diberlakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) 1 Januari 2014.

Siaran Pers Jamsostek Wilayah I, jumat (26/4), instruksi Walikota itu menjadi salah satu perbincangan antara Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) IGN Suartika didampingi Wakil Kakanwil I Pengarapen Sinulingga, Kepala Cabang Medan Satria Darma dan Kepala Bidang Teknologi Informasi Medan II Sanco Simanullang dengan Walikota Medan Rahudman Harahap di rumah dinas walikota, belum lama ini.

Dalam Instruksi Walikota Medan nomor 560/613.K/III/2013 tanggal 21 Maret 2013, ditegaskan, para tenaga kerja honoriumum daerah termasuk tenaga keamanan maupun kebersihan, wajib mengikutsertakannya dalam program jamsostek.

Selain mencantumkan kewajiban kepersertaan jamsostek dalam mengurus ijin usaha maupun perpanjangan ijin usaha serta kegiatan proyek jasa konstruksi, juga kewajiban ikut jamsostek saat penerbitan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) terhadap proyek-proyek perumahan atau pertokoan.

Disamping perusahaan perusahaan tenaga kerja formal, para pekerja berstatus informal seperti harian lepas, borongan, musiman, perjanjian kerja waktu tertentu dan outsorcing juga tidak lepas dari ketentuan wajib jamsostek.

Bahkan, tenaga kerja yang berstatus honorium daerah, tenaga kerja pertahanan sipil(HANSIP) dan tenaga kebersihan dilingkungan secretariat kecamatan, semuanya diwajibkan memenuhi UU No 3 tahun 1992 tentang Jamsostek.

Selain kepada Inspektur, Sekretaris DPRD, Para Kepala Badan, Para Kepala Dinas, Kepala Satuan Pamong Praja, Kepala Kantor Kota, kepala bagian secretariat daerah, Instruksi tersebut juga ditujukan kepada para camat dan lurah se-kota Medan.

Mutasi

Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) IGN Suartika dalam audiensi dengan Walikota Medan Rahudman Harahap mengungkapkan akan menempati pos baru menjadi Kakanwil VIII yang mencakup Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. Sementara Kakanwil I akan dilanjutkan Drs Pengarapen Sinulingga MM yang selama menjabat sebagai wakil Kakanwil I.

“Rencananya dilantik Jumat ini di Jakarta,” ujar Kakanwil I kepada Walikota Medan Rahudman Harahap. “Kami menyampaikan terimakasih atas dukungan Pak Wali, dimana program jamsostek sudah menjadi bagian tugas pokok SKPD di Medan,” katanya lagi.
Walikota Medan Rahudman Harahap menyambut gembira, promosi kedua pimpinan Jamsostek. Ia mengatakan bersyukur atas diberinya kepercayaan terhadap dua sahabatnya menjadi Kakanwil.

“Berarti kepemimpinan Bapak berdua selama ini dinilai berhasil di Sumbagut,” ungkap Walikota seraya mengatakan hanya dengan kerja keras, iklas dan tidak kenal surut mengabdi kepada masyarakat yang akan membuahkan keberhasilan.

“Saya bangga, anak didik saya jadi Kakanwil I. Bersyukurlah kepada Tuhan atas amanah ini dan atas dukungan Keluarga selama ini,” ucap Walikota kepada Drs Pengarapen Sinulingga MM yang akan menjabat Kakanwil I Sumbagut. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s