Hibah “KARYA!” Mengajak Masyarakat untuk Memanfaatkan Arsip Budaya

Posted: Mei 6, 2013 in Pendidikan

Hibah “KARYA!” (Kembangkan ARsip budaYA!) merupakan hibah yang mendorong pemanfaatan arsip dan kesadaran terhadap arsip. Hibah yang diluncurkan oleh Jaringan Arsip Budaya Nusantara (JABN) ini terbuka untuk publik. Tujuan dari Hibah KARYA! sendiri adalah membuka akses seluas-luasnya kepada publik terhadap koleksi anggota JABN untuk diteliti dan digunakan. Peningkatan kesadaran publik untuk memanfaatkan arsip juga menjadi tujuan terciptanya Hibah KARYA! ini.

JABN sendiri terdiri dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Indonesian Visual Art Archive (IVAA), Institut Dayakologi, Museum Daerah NTT, Studio Audio Visual Puskat (SAV Puskat), dan Tikar Media Budaya Nusantara. Sebagai jaringan lembaga arsip, JABN ingin membuka arsip seluasluasnya untuk bisa dimanfaatkan. Publik bisa melihat profil JABN di situs http://www.arsipbudayanusantara.or.id.

Akan dipilih 10 proposal terbaik yang masing-masing akan mendapatkan pendanaan maksimal Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). Adapun syarat dan ketentuan mengikuti Hibah KARYA! meliputi: (1) Pengirim proposal adalah Warga Negara Indonesia, (2) Waktu Pelaksanaan kegiatan dalam proposal adalah 6 (enam) bulan, terhitung Juli hingga Desember 2013, (3) Hibah ini terbuka untuk umum, tanpa pengelompokan berdasarkan usia atau kategori lain, (4) Peserta tidak ditarik biaya pendaftaran. Proposal yang masuk nantinya diharapkan berisi rancangan karya seni, program, maupun produk budaya. Rancangan ini harus memanfaatkan arsip dari koleksi anggota JABN. Proposal nantinya harus realistis secara anggaran dan waktu pelaksanaannya sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Hak Cipta atas hasil karya terpilih nantinya akan berada di tangan pencipta. JABN hanya berhak menggunakan karya pemenang untuk kepentingan publikasi JABN.

Proposal yang telah masuk akan dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari Yustina Neni, Helly Minarti, Jean-Pascal Elbaz, dan Eric Awuy. Diharapkan proposal yang masuk bisa memenuhi kriteria penilaian yakni: (1) seberapa jauh proposal menggunakan materi arsip yang ada di JABN; dan (2) Hasil penciptaan gagasan mampu mendorong ketertarikan publik pada pembacaan arsip, penggunaan arsip, kerja pengarsipan, catatan sejarah, sekaligus memperkaya khazanah kebudayaan Indonesia.

Pengiriman proposal dilakukan secara online dengan menjadi member terlebih dahulu di :
http://www.arsipbudayanusantara.or.id. Penerimaan proposal telah dibuka pada 18 Maret 2013, dan
akan ditutup 18 Mei 2013.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s