HAMBATAN EKSPOR KOPI KE JEPANG MASALAH RESIDU PESTISIDA CARBARYL TELAH TERATASI

Posted: Juni 10, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Ketua Umum GAEKI (Gabungan Eksportir Kopi Indonesia) Dr. Hutama Sugandhi telah mendapat berita dari AJCA (All Japan Coffee Association) sebagai asosiasi mitra kerja di Jepang, bahwa salah satu hambatan ekspor kopi Indonesia ke Jepang yaitu masalah kontaminasi Carbaryl telah dapat teratasi.

Menurut peraturan Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang, bahwa sejak tanggal 30 Mei 2013 tidak ada kewajiban pemeriksaan kandungan residu Carbaryl terhadap kopi Indonesia yang akan masuk ke Jepang.

Ini adalah hasil perjuangan panjang yang telah dilakukan oleh GAEKI bersama dengan pemerintah Indonesia (Kementerian Perdagangan, BPOM, Kementerian Pertanian dll) bersama dengan AJCA dan ICO (International Coffee Organization).

Sejak tahun 2011 dalam hal masalah Carbaryl, GAEKI bersama pemerintah secara intensive telah melakukan dialog dengan Pemerintah Jepang serta pihak swasta AJCA (All Japan Coffee Association). Kemudian, ditindaklanjuti dengan pembahasan government-to-government yang diprakarsai oleh Bpk Bayu Krisnamurthi sebagai Wakil Menteri Perdagangan didampingi oleh 3 orang Wakil ketua dan Penasehat GAEKI (Gabungan Eksportir Kopi Indonesia) untuk mengupayakan agar Pemerintah Jepang dapat merevisi ambang batas residu pestisida Carbaryl tersebut, dan meminta agar pemerintah Jepang dapat menggunakan standar Codex dalam menerapkan ambang batas residu pestisida Calbaryl dalam kopi Indonesia yang tidak masuk dalam daftar “Positive List” dari 0,01 part per billion (ppm) menjadi 0,1 ppm sebagaimana yang berlaku di negara Eropa dan Amerika.

Kedepan diharapkan ekspor kopi Indonesia ke Jepang dapat lebih ditingkatkan karena pada akhir-akhir ini telah terjadi penurunan selama 3 tahun terakhir dari 59.197 ton pada tahun 2010 menjadi 51.439 ton pada tahun 2012. Sementara ekspor ke negara tujuan pasar utama lainnya pada kurun waktu yang sama justru telah meningkat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s