The Coral Triangle Day – Bahan untuk pers sebelum acara dilaksanakan

Posted: Juni 10, 2013 in Pengetahuan

Menyusul diterimanya usulan Indonesia untuk menetapkan tanggal 9 Juni sebagai The Coral Triangle Day di pertemuan tingkat menteri ke 3 negara-negara anggota CTI (Coral Triangle Initiative) di Kuala Lumpur pada tahun 2012 yang lalu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia bekerja sama dengan pemerintah kota Mataram dan didukung oleh LSM peduli lingkungan antara lain WWF serta pihak-pihak terkait lainnya akan menyelenggarakan perayaan The Coral Triangle Day 2013.

Perayaan coral triangle day tahun 2013 ini di laksanakan serentak di 6 negara anggota CTI (Indonesia, Malaysia, Philippines, Papua New Guinea, Solomon Islands dan Timor Leste). Di Indonesia sendiri rangkaian the coral triangle day dipusatkan Mataram, Nusa Tenggara Barat tepatnya di pesisir barat Kota Mataram yang terbentang dari pantai Bintaro/Ampenan disebelah utara, hingga Loang Balog/Tanjung Karang disebelah selatan yang direncanakan dibuka oleh Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan RI Syarif C Soetardjo dan akan dihadiri oleh PANGDAM IX Udayana pada 9 Juni 2013.

The Coral Triangle Day atau disingkat CT DAY tahun 2013 ini semula akan dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara , namun mengingat berbagai hal akhirnya dipilih Kota Mataram. Dipilihnya Kota Mataram sebagai tempat pelaksanaan CT Day tahun 2013 ini salah satunya juga karena Kota Mataram, memiliki BSM yaitu Bank Sampah Masyarakat yang merupakan bank pengelola sampah milik masyarakat.

Menurut Ir M. Eko Rudianto, M.Bus IT selaku Direktur Pesisir dan Lautan, Ditjen KP3K – KKP yang sekaligus Ketua Panitia Pelaksanaan kegiatan, CT Day 2013 ini akan mengambil tema Bersama selamatkan hidup laut melalui gerakan bersih pantai dan laut. Hal ini didasari tren meningkatnya kerusakan pesisir dan menurunnya keanekaragaman ekosistem laut yang diakibatkan pencemaran sampah. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat dan berbagai pihak akan pentingnya penanggulangan sampah untuk keberlangsungan kehidupan laut.

Sementara itu, Kasubdit Penanggulangan Pencemaran Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan selaku Koordinator Kegiatan di tingkat pusat, menyampaikan The Coral Triangle Day 2013 ini bakal menggelar sejumlah agenda acara mulai tanggal 7 Juni 2013 hingga puncak acara tanggal 9 Juni 2013, seperti: sosialisasi mitigasi bencana & kampanye pelestarian satwa laut, beach clean up & penanaman vegetasi pantai, sarasehan & pelatihan pengelolaan sampah, CT Day Carnaval, aksi bersih, tanam & pelihara mangrove, serta ditutup dengan malam seni untuk penggalangan dana dan penganugerahan penghargaan bagi pihak yang berdedikasi tinggi dalam konservasi pesisir dan laut maupun pengolahan sampah.

Yang menarik, pada rangkaian acara ini, juga akan dilaksanakan lomba khas nelayan yang sangat unik, yaitu lomba jukung layar & tarik tambang laut. Diharapkan kurang lebih 5000 orang akan ikut terlibat dalam rangkaian acara The Coral Triangle Day II kali ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s