MELALUI CATUR, PERCASI IKUT PERANGI NARKOBA

Posted: Juni 18, 2013 in Sport

PB Percasi bersama BNN selenggarakan Turnamen Catur Regional BNN 2013, yang diikuti oleh lebih dari 100 orang residen UPTTR BNN dan residen beberapa pusat terapi lain, peringati Hari Anti Narkotika Internasional.

Jakarta, — Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI) bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama menyelenggarakan sebuah Turnamen Catur diantara para residen (sebutan bagi pengguna narkoba yang sedang direhabilitasi). “PB Percasi selama dua tahun ini telah menangani secara serius dan berupaya memberikan kontribusi dalam memerangi akibat narkotika, dalam kerjasama dengan BNN,” kata Hashim Djojohadikusumo, Ketua Umum PB Percasi. “Kami melihat peluang dan potensi yang besar untuk menggunakan olahraga catur sebagai salah satu upaya ikut mengatasi masalah penyalahgunaan narkotika baik upaya kuratif maupun upaya preventif.

Turnamen Catur Regional BNN 2013, ini diselenggarakan di Lido, Sukabumi pada tanggal 10 Juni 2013 berlangsung sangat baik dan lancar. Diikuti oleh lebih dari 100 orang residen dan staf Unit Pelayanan Teknis Terapi dan Rehabilitasi BNN dan peserta dari pusat rehabilitasi lainnya. Selama dua tahun terakhir ini PB Percasi telah mengirimkan tenaga khusus yang datang secara berkala ke Lido untuk melatih para residen bermain catur. Melalui permainan catur, residen dilatih kemampuan berpikirnya, fokus dan konsentrasi serta dibangun potensi dirinya. Selain memperingati HANI 2013, turnamen ini menjadi sebuah kegiatan yang sangat penting dalam membangun kepercayaan diri si residen. “Uluran tangan kerjasama PB Percasi dalam program ini sangat kami hargai,” kata Dra. Yunis Farida O.T., M.Si., Kepala Balai Besar Rehabilitasi BNN.

“Saya melihat para residen terlihat sangat senang dan antusias berpartisipasi dalam turnamen ini. Kegiatan ini memberi dampak positif dalam membangun kembali kepercayaan diri mereka bahwa sesungguhnya mereka adalah pribadi-pribadi yang berharga,” tegasnya lebih lanjut.
Kerjasama antara PB Percasi, yang menyediakan pelatih catur bagi para residen UPTTR BNN di Lido setelah dua tahun berjalan telah mulai menunjukkan bentuk dan manfaatnya. “PB Percasi sejak awal yakin, catur dapat menjadi salah satu cara membangun generasi muda yang berdaya intelektual tinggi, berdaya pikir kuat dan berkarakter positif,” kata Hashim.

Dalam kesempatan ini Dra. Yunis Farida O.T., M.Si., Kepala Balai Besar Rehabilitasi BNN, memperoleh sertifikat “Master Percasi Kehormatan” (MPK).

Harapan BNN dan PB Percasi, kerjasama ini akan terus berlanjut dan bahkan dapat mendorong keterlibatan pihak lain dalam kapasitasnya. Bila semua pihak memberikan komitmen dan kerja keras bersama, Indonesia akan berhasil menghentikan dan mencegah kejahatan narkotika yang secara perlahan tapi pasti akan merusak bangsa ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s