SRIBOGA FLOUR MILL (SFM) LUNCURKAN TIGA SERI PRODUK INOVASI TEPUNG TERIGU UNTUK PASAR MIE, ROTI & BISKUIT

Posted: Juni 21, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

OLYMPUS DIGITAL CAMERASeri Naga, Seri Nagamochi dan Seri Pita masing-masing dengan dua varian yaitu Emas dan Biru, merupakan produk-produk baru dengan kualitas yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan khusus konsumen

Semarang, 19 Juni, 2013. PT Sriboga Flour Mill (SFM) yang merupakan anak perusahaan PT Sriboga Raturaya, secara resmi meluncurkan tiga (3) seri baru produk inovatif tepung terigu yang dibuat dan diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan publik sebagai bahan baku untuk pembuatan Mie, Roti dan Biskuit. Ketiga seri produk tepung terigu yang diluncurkan adalah : Seri Naga yang dibuat untuk industri Mie khususnya Mie Ayam, Seri Nagamochi yang dibuat untuk industri Roti dan Seri Pita yang dibuat untuk industri Biskuit.

Tiap Seri terdiri dari dua varian yaitu Emas dan Biru dengan kandungan protein tinggi dan sedang. Melalui produk-produk baru ini PT Sriboga Flour Mill bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tepung terigu baik pasar nasional maupun ekspor akan tepung terigu yang bergizi, sehat dan berkualitas premium. Peluncuran produk seri baru ini bertempat di Merapi Ballroom, Hotel Novotel Semarang, yang dilakukan oleh Presiden Direktur Sriboga Flour Mill, Alwin Arifin dan dihadiri oleh Jajaran Direksi dari SFM maupun Para Direksi PT Sriboga Raturaya, para wakil asosiasi dan para pengusaha dari industri Mie, Roti dan Biskuit yang datang dari Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang serta kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Presiden Direktur PT Sriboga Flour Mill, Alwin Arifin mengatakan, “Pada prinsipnya Sriboga Flour Mill selalu mencari inovasi baru dan melakukan penelitian yang berkesinambugan mengenai jenis dan kualitas tepung terigu yang dibutuhkan oleh konsumen, dan melalui upaya pengembangan produk serta proses inovasi yang terus dilakukan, maka hari ini kami memperkenalkan kepada publik tiga Seri Tepung Terigu inovasi terbaru yaitu Seri Naga untuk Mie, Seri Pita untuk biskuit dan Seri Nagamochi untuk Roti, dan khusus untuk Seri Nagamochi ini merupakan merek Jepang dengan standard kualitas tinggi, yang merupakan produk dari Thai Nisshin Technomic Co. ltd, yang dipercayakan untuk diproduksi oleh dan menggunakan tepung terigu dari Sriboga Flour Mill”.

Alwin Arifin juga menyatakan,”Seri baru yang kami luncurkan ini melengkapi berbagai seri tepung terigu yang telah kami miliki dan secara khusus bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen tepung terigu yang memerlukan produk tepung terigu berkualitas premium, yang dibuat dengan teknologi terkini dan formulasi yang tepat sehingga mampu memberikan hasil yang lebih baik bagi produk yang mereka hasilkan”.

Industri Mie, Roti dan Biskuit di Indonesia merupakan pasar yang menarik, di pasar mie instan saja Indonesia menempati peringkat kedua setelah Cina (data World Instan Noodles Association), belum termasuk mie kering maupun mie basah, sementara industri Roti berdasarkan data APEBI (Asosiasi Pengusaha Bakery Indonesia) dapat mencapai 20 Triliun rupiah dan Industri Biskuit diperkirakan akan terus tumbuh hingga 8% di tahun 2013. Daya tarik pasar yang membutuhkan tepung terigu untuk produk khusus dan berkualitas ini mendorong SFM untuk memperkenalkan produk Seri Naga, Seri Nagamochi dan Seri Pita. Eddy Mulyadi,
Direktur Operasional Sriboga Flour Mill menjelaskan,” Produk-produk baru kami ini memang dikhususkan untuk memberikan hasil terbaik pada produk-produk tertentu, Seri Naga akan memberikan hasil produk mie yang lebih kenyal dan warna yang lebih cerah, seri Nagamochi akan memberikan hasil Roti yang memiliki kelembutan lebih lama dan tesktur halus sedangkan seri Pita memberikan biskuit yang renyah”.

PT Sriboga Flour Mill saat ini merupakan salah satu dari 5 besar produsen tepung terigu dan menguasai 7% pangsa pasar terigu di Indonesia dengan kapasitas produksi yang mencapai 1900 ton per hari. SFM menggunakan gandum-gandum yang berasal dari Australia, Kanada dan Amerika untuk memproduksi tidak hanya tepung terigu reguler (biasa) tetapi juga memproduksi tepung terigu customized (tepung terigu dengan spesifikasi khusus bagi masing-masing konsumen), specialized (tepung terigu untuk pembuatan produk tertentu seperti pizza, donut dll) maupun Premium yang dibuat untuk kebutuhan-kebutuhan ataupun pelanggan-pelanggan khusus serta menjadi pioneer untuk produk yang digunakan sebagai ingredients pembuatan makanan anak anak (baby foods), sosis, saus, sup dan lain-lain yang selama ini kebanyakan masih diimpor.

SFM juga memproduksi produk pakan ternak dan turut menjadi bagian dalam upaya mendukung program ketahanan pangan nasional. Selain produk dalam kemasan 25 Kg , juga dipasarkan produk 1 kg kemasan ritel untuk keperluan rumah tangga. Untuk menjamin kualitas mutu dan manajemen, SFM sudah menerapkan ISO 9001 Standard Pengendalian Mutu 2008 dan ISO 22000 Standard Keamanan Pangan 2005 serta SNI untuk produk-produk berbasis tepung.

“Persaingan industri tepung terigu di Indonesia ini cukup dinamis, pemain di industri ini terus bertambah, karenanya SFM secara terus menerus berupaya berinovasi dan meningkatkan kualitas produk, menjaga konsistensi dari kualitas produk, memastikan ketersediaan produk dan kami juga memberikan dukungan teknis kepada konsumen, salah satunya melalui Sriboga Customer Center”, disampaikan oleh Alwin Arifin.

Saat ini 40% penjualan produk SFM diserap oleh UKM , dimana sampai saat ini SFM telah membangun 162 Paguyuban dan Koperasi berbasis tepung terigu yang terdiri dari 4.350 pengusaha UKM. Tidak hanya berorientasi pada keuntungan atau komersial saja, SFM dalam program CSR nya secara aktif memberikan kontribusi sosial seperti pembentukan dan pembinaan koperasi dan UKM, pemberian beasiswa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan membuat panganan berbasis tepung terigu, member perhatian terhadap 3300 anak yatim, serta peduli dalam melestarikan budaya bangsa.

Sriboga Flour Mill pada tahun 2013 merencanakan pendapatan sebesar Rp 2,1 triliun atau naik sebesar 29% dibanding tahun 2012. “Tahun 2013 ini Sriboga Flour Mill akan terus meningkatkan usahanya melalui peningkatan penjualan tepung terigu untuk mengoptimalkan utilisasi penambahan kapasitas produksi yang telah dilakukan, kami juga akan terus meluncurkan produk baru setiap tahunnya dengan standar kualitas premium dan memenuhi berbagai kebutuhan konsumen kami”, Alwin Arifin, Presiden Direktur Sriboga Flour Mill menegaskan.*****

SRIBOGA FLOUR MILL (SFM)

PT Sriboga Flour Mill yang pada awalnya menggunakan nama PT Sriboga Raturaya yang merupakan Perusahaan hasil spin-off yang dilakukan oleh PT Sriboga Raturaya pada tahun 2011 dan saat ini mengelola bisnis tepung terigu, walaupun kegiatan usaha tepung terigu mulai beroperasi sejak tahun 1998 secara badan hukum PT Sriboga Flour Mill resmi berdiri pada akhir tahun 2010.

Saat ini PT Sriboga Flour Mill merupakan 5 besar produsen tepung terigu di Indonesia dengan pangsa pasar 7% dan memiliki kapasitas produksi 1.900 ton per hari. SFM menjual produknya 95% ke pasar domestik dan 5% diekspor ke berbagai negara seperti Korea, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Brunei, Singapura dan Thailand.

SRIBOGA RATURAYA (SRR)
Sriboga Raturaya adalah holding company untuk anak-anak perusahaan yang bergerak dalam 3 divisi yaitu :
1. Divisi Manufaktur : PT Sriboga flour Mill (Tepung Terigu), PT Sriboga Bakeries Integra (Roti)
2. Divisi Restoran : PT Sari Melati Kencana (Pizza Hut), PT Sriboga Marugame Indonesia
3. Divisi Distribusi : PT UD Sumber Rezeki (Distribusi produk tepung terigu)

Sriboga Raturaya mulai beroperasi komersial sebagai produsen tepung terigu pada tahun 1998. Tahun 2011 SRR melakukan proses spin-off atau pemisahan atas usaha tepung terigu dan sejak itu menjadi holding company. Pendapatan Sriboga Raturaya mencapai Rp 4,5 Triliun yang didominasi pendapatan dari bisnis tepung terigu dan jaringan restoran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s