Puluhan Bacaleg Belum Memenuhi Syarat

Posted: Juli 3, 2013 in Politik dan Pemerintahan

Bawaslu Tangani 2 Laporan Sengketa Pencalegan

Bawaslu Minta Rekaman Isu Suap KPU ke DPP PK

Surabaya, 29 Juni 2013 – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur menemukan puluhan Bakal Calon Legislatif yang sudah ditetapkan dan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur dalam Daftar Calon Sementara (DCS) DPRD Provinsi Jawa Timur, belum melengkapi sejumlah dokumen persyaratan, sebagaimana yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012, PKPU No 7 Tahun 2013, PKPU No. 13 Tahun 2013 Tentang Pencalonan Anggota Legislatif, Surat Edaran (SE) KPU Nomor 229/KPU/IV/2013 serta SE KPU Nomor 315/KPU/V/ 2013.

“Dari Hasil Rapat Pleno Bawaslu Jawa Timur yang lengkap dihadiri seluruh pimpinan, semalam, kekurangan terbanyak adalah belum adanya surat keterangan sehat rohani. Selain itu ada yang bermasalah dalam hal ijazahnya, bahkan ada yang belum memenuhi syarat ijazah minimal SLTA. Secara umum tercatat ada 11 Partai yang bacalegnya belum melengkapi sejumlah dokumen persyaratan,” ujar ketua Bawaslu Jawa Timur, Sufyanto.

Temuan-temuan Bawaslu Jawa Timur ini direkomendasikan ke KPU Jawa Timur dan akan mengklarifikasi ke partai-partai Politik, meski Bacaleg tersebut sudah dinyatakan MS (Memenuhi Syarat) dan tercantum di DCS KPU Jatim.

“Temuan ini adalah bagian dari tugas dan tanggungjawab kita sebagai pengawas pemilu di dalam upaya melakukan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran pemilihan umum. Kita mengantisipasi agar jangan sampai terjadi persoalan dikemudian hari. Sebelum penetapan dan pengumunan Daftar Calon Tetap (DCT), semua hasil temuan Bawaslu harus dilengkapi oleh Bacalegnya. Kita akan tetap pantau dan awasi terus hingga penetatapan DCT,” tambah kandidat doktor ilmu politik Unair ini.

Selain soal pemenuhan persyaratan Bacaleg, Bawaslu Jawa Timur juga menerima laporan sengketa oleh Bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan oleh KPU, sehingga tidak tercantum dalam DCS yang telah dipublikasikan. Kini laporan sengketa tersebut, akan memasuki tahap mediasi minggu depan dan apabila perdamaian tidak tercapai, maka akan dilaksanakan sidang sengketa di Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

“Kedua sengketa tersebut diajukan Bacaleg PBB DP 1, Surabaya-Sidoarjo untuk DPRD Jawa Timur dan Bacaleg PDIP untuk DPRD Kabupaten Blitar. Sengketa pemilu akan kita tangani dengan cepat, karena ada batasan waktu sebagaimana amanat undang-undang, PKPU maupun Perbawaslu yang dibebankan kepada kami,” tambahnya.

Isu Suap KPU Jatim
Terkait isu suap Rp 3 Miliar kepada ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Bawaslu Jatim dalam rapat plenonya memutuskan permohonan tindak lanjut pada Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) untuk meminta copi rekaman pembicaraan soal isu suap kepada Ketua Umum DPP Partai Kedaulatan Deny M. Chillah. Sebab, rekaman itu yang disebut komisioner KPU Jawa Timur Agus Mahfud Fauzi, sebagai sumber isu suap. “Ya kita tunggu saja, mudah-mudahan bisa cepat kita dapatkan dan kita klarifikasi kepada pihak-pihak terkait,” jelas bapak dua putra ini.

Potensi Carut-Marut DPT
Sementara itu soal pengawasan daftar pemilih, panwaslu kabupaten/kota se-Jawa Timur banyak menemukan keterlambatan penyerahan Daftar pemilih dari KPU Provinsi jatim ke KPU Kabupaten/kota. Sehingga turunnya data ke PPK, PPS dan Pantarlih atau P2DP juga terlambat dan mendekati deadline pemutakhiran ke rumah-rumah warga. Yang agak ironis, di Sumenep ada salah satu kepala desa yang menghalang-halangi pemutakhiran data pemilih.

“Laporan panwaslu, banyak pantarlih dan P2DP yang tergesa-gesa melaksanakan tugasnya untuk mengejar tenggat waktu. Kita takut pemutakhirannya asal-asalan. Bahkan banyak stiker yang tidak ditempel dan pemilih tidak didatangi ke rumahnya,” pungkas Sufyanto.

Khusus mengenai pemasangan striker di rumah calon pemilih yang telah didaftar oleh petugas P2DP dan Pantarlih, ada yang terlambat karena keterlambatan pengiriman logistik dari KPU ke daerah. Tetapi ada juga kasus yang bersifat khusus, karena ada calon pemilih satu kampung yang tidak bersedia rumahnya dipasangi striker.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s