Telkomsel Siap Layani Pelanggan Jelang Ramadhan & Lebaran

Posted: Juli 3, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief saat pemaparan performansi jaringan Telkomsel dalam uji  jaringan bersama jurnalis dari berbagai media di Kereta Api Argo Muria Jakarta - Semarang, Kamis (27/6). Uji jaringan atau Network Drive Test ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan Telkomsel dalam melayani lonjakan trafik komunikasi selular yang diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama bulan Ramadhan, dan terutama pada saat Lebaran.

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief saat pemaparan performansi jaringan Telkomsel dalam uji jaringan bersama jurnalis dari berbagai media di Kereta Api Argo Muria Jakarta – Semarang, Kamis (27/6). Uji jaringan atau Network Drive Test ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan Telkomsel dalam melayani lonjakan trafik komunikasi selular yang diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama bulan Ramadhan, dan terutama pada saat Lebaran.

Jakarta, 27 Juni 2013-Untuk memastikan kesiapan jaringan Telkomsel dalam melayani lonjakan trafik komunikasi selular yang diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama bulan Ramadhan, dan terutama pada saat Lebaran, Telkomsel melakukan uji jaringan bersama jurnalis dari berbagai media di jalur mudik. Uji jaringan yang juga dikenal dengan nama Network Drive Test ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Telkolmsel Siaga dengan tema ‘Unbreakable Connection’. Uji jaringan kali ini dipimpin langsung oleh Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief melewati jalur Kereta Api (Jakarta – Semarang) dan Bus (Semarang – Solo).

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan, “Kegiatan uji jaringan ini merupakan wujud komitmen kami untuk memberikan layanan yang berorientasi pada quality of service. Momen Ramadhan hingga Lebaran merupakan saat yang penting bagi para pelanggan, untuk itu kami akan memastikan kenyamanan para pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data. Sengaja kami ajak para jurnalis dalam uji jaringan ini agar hasilnya dapat segera disampaikan kepada masyarakat dan para pelanggan.”

Seperti halnya tahun lalu, Telkomsel memperkirakan adanya lonjakan trafik di beberapa daerah yang disebabkan oleh perpindahan pelanggan saat mudik dari suatu kawasan ke tujuan mudik. Rata-rata lonjakan untuk semua layanan selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai antara 20 – 50% dibandingkan hari biasa. Hal tersebut telah diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa telah disediakan kelonggaran sebesar 22% – 43% sesuai perkiraan kebutuhan setiap kawasan, seperti di Jawa Barat dengan kelonggaran kapasitas 22%, Jawa Tengah 43%, dan Jawa Timur 26%.

“Mengacu kepada data dan trend kenaikan trafik komunikasi, tim kami melakukan identifikasi tempat-tempat yang akan menjadi tujuan aktifitas pelanggan selama periode Ramadhan, Arus Mudik, Hari Raya Lebaran dan Arus Balik. Khusus di tempat-tempat tersebut kapasitas akan kami maksimalkan dengan aktivasi seluruh fitur dan berbagai improvement untuk peningkatan kapasitas juga kami lakukan. Kami pun menyiapkan tambahan mobil BTS COMBAT (COmpact Mobile BAse sTation) sebanyak 50 (Lima Puluh) unit untuk ditempatkan di titik-titik strategis di seluruh Indonesia sehingga mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data”, ungkap Abdus Somad.

Disamping upaya penambahan kapasitas yang sifatnya periodik, sepanjang tahun ini Telkomsel terus melakukan pembangunan BTS (Base Transceiver Station), di seluruh Indonesia. Hingga pertengahan tahun ini sebanyak 7.500 BTS telah on-air sehingga total angka BTS yang dimiliki oleh Telkomsel hingga akhir Juni 2013 mencapai 62.000 BTS. Kenyamanan pelanggan dalam mengakses data juga didukung oleh 21.000 node B (BTS 3G) yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Timur Indonesia yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 37.7 Gbps (Giga bit per second).

Seiring dengan pembangunan BTS di seluruh wilayah Indonesia, sebagai bentuk kepedulian Telkomsel terhadap masyarakat khususnya di sekitar infrastruktur perusahaan, Telkomsel senantiasa melakukan program pengembangan masyarakat (Community Development). Salah satu yang telah dilaksanakan adalah bantuan pendidikan berupa fasilitas belajar mengajar dan hal lain sesuai kebutuhan spesifik di setiap daerah.

Dalam kesempatan uji jaringan kali ini dan dengan diresmikannya BTS on-air ke 7.500 di tahun 2013, Telkomsel menyampaikan bantuan pendidikan bagi sekolah dasar di sekitar BTS di Jawa Tengah. Bantuan ini diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN 1 Penggung, Boyolali yang berada di sekitar BTS Penggung 3, Boyolali Jawa Tengah.

“Sebagai operator selular terdepan di Indonesia, komitmen kami selalu sama yaitu menjalankan peran dan memberi kontribusi bagi bangsa baik melalui layanan telekomunikasi maupun dukungan di bidang pendidikan. Oleh karena itulah, sebagai wujud syukur atas beroperasinya BTS ke 7.500 di tahun 2013 dan kepedulian perusahaan, kami memberikan bantuan pendidikan yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah-sekolah di sekitar infrastruktur.. Hal ini akan menjadi program yang berkelanjutan ke depannya sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan” ujar Abdus Somad.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s