PAMERAN 8 KARYA TERBAIK ARSITEKTUR UK PETRA : Dari Rumah Wayang Sampai Terminal Penumpang Kapal Pesiar Di Benoa, Bali

Posted: Agustus 14, 2013 in Pendidikan

Surabaya, 12 Agustus 2013 – Siapa tak kenal wayang. Wayang merupakan sebuah kesenian tradisional asli Indonesia yang mempertontonkan boneka atau orang menggunakan bayangan dan gerakan. Kesemuanya itu sarat dengan gaya bertutur yang unik dengan menceritakan pesan di dalam setiap pertunjukannya. Apakah wayang masih eksis di masyarakat Indonesia?

Sayangnya minat masyarakat Indonesia terhadap kesenian wayang ini mulai menurun akibat gencarnya hiburan dari budaya asing yang masuk ke Indonesia. Ialah Agoeng Soejanto, seorang mahasiswa Program Studi Arsitektur UK Petra yang tergerak merancang bangunan bertajuk “Gedung Pertunjukan Wayang Indonesia di Jakarta”. Gedung pertunjukan ini didesain dengan suasana modern yang memiliki ruang-ruang teater untuk menampilkan berbagai macam jenis pertunjukan kesenian tradisional Wayang serta didukung dengan fasilitas seperti galeri, toko sovernir, minimarket, cafe dan restoran sehingga menjadi tempat hiburan yang akrab dan nyaman bagi masyarakat kota.

Karya yang luar biasa ini tak ayal dinobatkan sebagai juara 1 dalam Super Jury (Lomba Internal) Karya Tugas Akhir Arsitektur Terbaik UK Petra yang diadakan pada 18 Juli 2013 yang lalu. Lomba ini menghadirkan tiga juri yaitu Prof. Sandi A. Siregar, Ir., M. Arch., Dr (Universitas Parahyangan-Bandung), Assoc. Prof. Iwan Sudradjat Ir, MSA, PhD (ITB-Bandung) dan Ir. Jimmy Priatman, M.Arch (IAI Jawa Timur dan Dosen UK Petra). Mereka sepakat menetapkan 3 karya terbaik dan 1 karya penghargaan khusus dengan mempertimbangkan kontektualitas (kaitan antara kondisi yang ada dengan usulan desain), penyelesaian desain yang menarik serta perhatian terhadap isu – isu budaya dan sosial.

“Penilaian Super Jury Tugas Akhir ini rutin dilakukan sebab selain semakin memacu kreatifitas para mahasiswa juga nantinya karya terbaik ini akan di ikutkan dalam kompetisi internasional seperti di Moskow”, urai Gunawan T. S.T. M.Sc. selaku dosen Arsitektur sekaligus sie pameran yang di temui di sela – sela mempersiapkan pameran ini. Pameran Karya Terbaik Tugas Akhir Program Studi Arsitektur UK Petra 2012 – 2013 ini berlangsung mulai 13 – 27 Agustus 2013 di Perpustakaan UK Petra Gedung W lantai 6 mulai pukul 10.00 – 15.00 WIB.

Dalam pameran ini akan di gelar 8 karya terbaik hasil Super Jury diantaranya Pemenang 2 yaitu Fanny Felina Soebagio dengan judul “Grha Batik Gedhog di Desa Kedungrejo, Kerek, Tuban, Jawa Timur” dan Pemenang 3 yaitu Alvin Venantius Kartono dengan judul “Fasilitas Persemayaman dan Kolumbarium di Surabaya”. Serta beberapa nominasi yaitu milik Franciskus Raymond Halim dengan judul “Fasilitas Eduwisata Sejarah Perjuangan Kota Surabaya”, Irene Suryani dengan judul “Museum Layang-layang di Surabaya”, Ivan Sulisthio dengan judul “Fasilitas Eco-museum Suku Dayak Kenyah Desa Pampang di Samarinda”, Rieky Prasetya Saelendra dengan judul “Terminal Penumpang Kapal Pesiar di Benoa, Bali” dan Sherly Laksmono Kwary dengan judul “Fasilitas Rekreasi Edukatif Permainan Tradisional Jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s