FAM Gelar Lomba Cipta Cerpen : “SELAMATKAN TKI DARI INTIMIDASI”

Posted: September 1, 2013 in Pendidikan

Pelajar binaan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia di kantor FAM, Jl. Mayor Bismo, No. 28, Pare, Kediri, Jawa Timur.

Pelajar binaan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia di kantor FAM, Jl. Mayor Bismo, No. 28, Pare, Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI – Setelah sukses menggelar Lomba Cipta Puisi bertema Mesir, Palestina dan Rohingya dengan jumlah 571 naskah yang masuk, kali ini Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia membuka event berikutnya, yaitu Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional bertema “TKI: Hujan Emas di Negeri Orang, Hujan Batu di Negeri Sendiri”.

Lomba ini dibuka pada 1 September 2013 dan berakhir pada tanggal 25 September 2013. Sementara pemenang akan diumumkan pada 1 Oktober 2013.

Pegiat Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Aliya Nurlela yang juga sebagai penyelenggara lomba ini menyebutkan, cerpen yang dilombakan bercerita tentang problematika dunia Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri dengan segala suka dukanya.

“Bila pada lomba cipta puisi bertema Mesir, Palestina dan Rohingya menyerukan ‘Perdamaian Dunia’, maka pada lomba cipta cerpen ini membawa misi ‘Selamatkan TKI dari Intimidasi’,” ujar Aliya Nurlela, Jumat (30/8).

Dia menyebutkan, kasus-kasus pelecehan terhadap TKI hingga penindasan hak-hak azasinya masih sering didengar dan dibaca di media massa. Satu-dua kasus muncul ke permukaan, tetapi lebih dari itu banyak kasus-kasus lain yang tidak terungkap atau luput dari pantauan media dan pihak-pihak yang bertanggung jawab melindungi para ‘pahlawan devisa’ itu.

“Jika Anda seorang TKI, atau calon TKI, atau mantan TKI, atau yang mempunyai sanak saudara yang bekerja sebagai TKI, atau tertarik mengamati kehidupan para TKI, maka Anda adalah orang yang tepat mengikuti event ini,” sebut penulis buku “100% Insya Allah Sembuh” dan buku cerpen “Flamboyan Senja” itu.

Dijelaskan, lomba cipta cerpen ini terbuka untuk semua kalangan, baik anggota maupun non-anggota FAM Indonesia, baik muslim maupun non-muslim, baik berstatus TKI maupun non-TKI. Pendaftaran lomba tanpa pungutan biaya apa pun alias gratis.

Cerpen yang diikutkan harus asli, bukan hasil terjemahan maupun plagiat dan mengandung pesan-pesan moral yang dapat memberikan manfaat kepada pembaca serta mencerahkan. Naskah cerpen diketik di komputer dengan program microsof word 2003 atau 2007, rapi, kertas kuarto A4, ketikan 1 spasi, jenis font times new roman, ukuran huruf 12. Bentuk cerpen bebas namun tetap terikat pada tema dengan panjang minimal 1 (satu) halaman dan maksimal 3 (tiga) halaman.

“Jumlah cerpen yang diikutkan dalam lomba ini maksimal dua judul. Bagi penulis yang mengirim naskah lebih dari dua judul, maka FAM akan mengambil dua cerpen yang dikirim pada kiriman yang pertama,” ujarnya.

Ketentuan lain, tambah Aliya, di bagian akhir naskah harus membubuhkan identitas penulis yang terdiri dari: NAMA LENGKAP (bukan Nama Pena), NOMOR IDFAM (hanya khusus anggota FAM, non-anggota FAM tanpa ID), ASAL DAERAH, ALAMAT EMAIL, NOMOR HP, NAMA/LINK AKUN FACEBOOK.

Naskah cerpen diposting di Grup “Forum Aishiteru Menulis” dengan alamat grup: https://www.facebook.com/groups/forumaishiterumenulis/. Postingan langsung di wall (dinding) grup, bukan dalam bentuk lampiran/dokumen. Selain diposting di grup “Forum Aishiteru Menulis”, naskah yang dilombakan juga dikirim ke email: lombafamindonesia@gmail.com, dengan Subjek Email: “LOMBA CIPTA CERPEN_NAMA PENULIS”.

Sementara itu, naskah cerpen yang dikirim ke email dilampirkan di attach file (lampiran email), tidak diposting di badan email, dan kiriman email membubuhkan surat pengantar yang menyebutkan bahwa naskah cerpen adalah asli (original), belum pernah diterbitkan, dan bersedia didiskualifikasi jika diketahui telah diikutkan pada event lain ataupun telah terbit di media massa.

“Tim FAM akan meng-update judul cerpen dan nama peserta. Hasil update Tim FAM merujuk pada naskah yang dikirim ke email FAM,” tambahnya.

Sebagai tanda apresiasi dan penghargaan, kepada seluruh pemenang, FAM Indonesia memberikan hadiah berupa uang, paket buku, piagam penghargaan dan naskah dibukukan. Sementara seluruh peserta yang mengikuti lomba ini mendapat piagam penghargaan dari FAM Indonesia. (REL)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s