Irman Gusman Selaku Peserta Konvensi Capres Demokrat

Posted: September 1, 2013 in Politik dan Pemerintahan

Irman Gusman

Irman Gusman

Kita baru saja mendengarkan pengumuman Komite Konvensi yang telah menyaring sejumlah kandidat untuk menjalani tahap berikut dalam proses seleksi calon Presiden RI dari Partai Demokrat.

Pertama-tama tentu saya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Majelis Tinggi Partai Demokrat, yang melalui ketuanya, telah mengundang saya pada 10 April lalu untuk berpartisipasi dalam proses Konvensi ini.

Saya juga berterima kasih kepada Komite Konvensi yang pada tiga hari lalu telah mewawancarai saya dalam pertemuan khusus dimana saya memaparkan sekilas dari visi misi saya sebagai bakal kandidat Presiden.

Ke depan masih ada proses lanjutan yang akan saya ikuti bersama sejumlah kandidat lainnya menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.

Konvensi yang digagas partai demokrat ini merupakan trobosan baru sekaligus angin segar bagi anak bangsa yang ingin mengabdikan dirinya untuk kemajuan bangsa di tengah-tengah kepercayaan masyarakat terhadap partai politik yang sedang menurun.

Melalui konvensi ini pula, masyarakat dapat lebih mengenal para kandidat-kandidat yang turut serta di dalam proses konvensi.

Memilih seorang pemimpin tidaklah hanya berdasarkan popularitas maupun hasil survey semata. Pemimpin ke depan haruslah memiliki pengalaman, track record yang baik, serta apa yang telah dibuatnya untuk bangsa, sehingga masyarakat tidak membeli kucing dalam karung.

Konvensi yang diselenggarakan demokrat ini memberikan ruang bagi saya maupun para peserta lainnya untuk menyampaikan ide dan gagasan dalam membangun bangsa. Secara tidak langsung dengan keikutsertaan saya dalam konvensi ini, nama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia pun dapat turut diperkenalkan kepada masyarakat.

Konvensi Demokrat ini dapat dijadikan cara untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Masyarakatpun dapat mempelajari dan memahami para kandidat beserta gagasan dan ide yang dibawanya.

Konvensi diharapkan dapat menumbuhkan budaya demokrasi yang sehat, melalui proses seleksi yang kredibel dan transparan agar kursi kepemimpinan di semua bidang dan jenjang ditempati oleh putera-puteri terbaik bangsa ini yang memiliki kompetensi, leadership, keteladanan, integritas, serta jiwa yang membela Tanah Air, dan hati yang tulus mengabdi bagi bangsa dan negara ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama, dalam 9 tahun terakhir ini segenap unsur kepemimpinan negara dari berbagai afiliasi dan latarbelakang politik, bahkan segenap komponen bangsa, telah bekerja keras mempertahankan dan menigkatkan stabilitas nasional yang memungkinkan kita semua dapat menjalankan aktivitas di berbagai bidang.

Banyak hasil telah kita capai bersama dalam membangun negara dan bangsa, namun lebih banyak lagi tugas dan tanggung jawab yang perlu kita rampungkan. Tantangan kita pun semakin besar, baik sebagai bangsa pluralis yang penuh dinamika, sebagai negara kepulauan yang luas dan semakin terbuka, bahkan sebagai negara berkembang yang berada di tengah persaingan global yang kian gencar.

Menghadapi berbagai tantangan yang semakin besar itu, tak bisa tidak, kita harus bersatu-padu, menghimpun segenap potensi dan energi bangsa, segenap kekuatan dan sumberdaya untuk bersama-sama mengubah berbagai tantangan itu menjadi peluang.

Kita perlu terus mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, menegakkan kedaulatan dan martabat bangsa, kemandirian dan ketahanan, melakukan perbaikan dan pemberdayaan di berbagai bidang, bahkan semakin memberdayakan semua daerah di Tanah Air demi meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan rakyat.

Kita perlu beranjak dari tingkat peradaban dan posisi kita saat ini dan melangkah lebih jauh, menaikkan derajat bangsa kita ke tingkat yang lebih tinggi sebagai bangsa yang berdaulat, mandiri, maju, adil dan makmur melalui perubahan dalam keberlanjutan.

Bersama, kita mempunyai mimpi dan visi: Sebuah negara kuat dan dahsyat dengan potensi sumberdaya manusia yang semakin canggih dan memengaruhi dunia. Kita dambakan sebuah bangsa yang setiap daerahnya kuat secara ekonomi, terbangun di atas pondasi budaya dan kearifan lokal, serta mampu bersaing di pentas dunia.

Mimpi dan visi itu memerlukan kerja besar untuk mengubahnya menjadi kenyataan. Kerja besar itu membutuhkan partisipasi dan dukungan segenap sumberdaya dan komponen bangsa.
Kita perlu bekerjasama, bergandengan tangan meraih mimpi dan visi itu dengan penuh rasa percaya diri disertai ketulusan dalam memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s