Jamsostek Tanjung Morawa Siap Kucurkan Pinjaman Uang Muka Rumah Buruh Rp 1,5 Miliar

Posted: September 14, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Deli Serdang, Sumut – PT Jamsostek (Persero) Cabang Tanjung Morawa dengan daerah operasional Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi menyediakan dan siap mengucurkan pinjaman uang muka perumahan (PUMP) untuk peserta Jamsostek Rp 1,5 miliar hingga akhir tahun 2013 .

Kepala Kantor Cabang Krista Nurhayati Siagian didampingi Kepala Bidang Pemasaran Sanco SImanullang ST MT membenarkan hal tersebut, disela sela acara sosialisasi Sistem Informasi Pengelolaan Peserta (SIPP) pada 25 perusahaan strategis yang berlangsung di Gedung Jamsostek Tanjung Morawa Jl Medan-Tanjung Morawa KM 14,5 sebagaimana siaran pers, rabu (11/9/2013).

“Dana dan unitnya memang terbatas, tapi kami harapkan akhir November 2013 ini, sudah terserap 100 %,” ujarnya Krista sembari menambahkan, animo peserta untuk mengambil PUMP relatif tinggi, namun terkadang dibatasi kemampuan para peserta Jamsostek sesuai dengan upah yang diterima.

Berdasarkan ketentuan, para peserta Jamsostek yang akan mengambil PUMP yang memiliki gaji Rp 5 juta ke bawah bisa mengajukan permohonan PUMP sbesar Rp20 juta, karyawan yang memiliki gaji Rp 5 juta-Rp10 juta bisa mengajukan sebesar Rp 35 juta, dan karyawan yang memiliki gaji di atas Rp10 juta diberikan sebesar Rp50 juta dengan suku bunga 6% per tahun.

“Kami minta agar pengembang, tenaga kerja dan perusahaan yang berminat untuk mengajukan PUMP, segeralah menghubungi Kantor Cabang Jamsostek Tanjung Morawa di Notelp 061-7941709 atau Call Center 081397298100, karena dananya terbatas. Jadi siapa yang cepat, merekalah yang lebih dahulu mendapat,” ujar Krista.

Persyaratan PUMP

Sementara itu Kepala Bidang Pemasaran Sanco Simanullang menyebutkan, persyaratan Pengurusan PUMP adalah Perusahaan telah terdaftar sebagai peserta program Jamsostek minimal 1 (satu) tahun., tertib administrasi kepesertaan dan pembayaran iuran program Jamsostek (tidak ada tunggakan iuran).

Sementara persyaratan Tenaga Kerja adalah telah terdaftar sebagai peserta aktif program Jamsostek minimal 1 (satu) tahun, belum memiliki rumah sendiri yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai cukup dari tenaga kerja peserta Jamsostek , mendapat Surat Keterangan masih aktif bekerja dari perusahaan , Surat Rekomendasi dari PT.Jamsostek (Persero), tidak memiliki pinjaman lainnya dari PT. Jamsostek (Persero).

Bank Penyalur yang kerjasama dengan PT. Jamsostek (Persero) lanjut Sanco adalah , Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Bukopin, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Jabar.

Adapun prosedur yang ditempuh menurut Manullang adalah, tenaga kerja mengajukan Permohonan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kepada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang sesuai kepesertaannya, melalui surat pengajuan dari Perusahaan. Kemudian, PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang akan melakukan verifikasi data pemohon.

Bila pemohon memenuhi persyaratan sesuai dengan persyaratan”diatas, maka PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Tanjung Morawa akan mengeluarkan surat Rekomendasi Kepada Kantor Cabang Bank yang akan memproses PUMP-KB, dan akan ditembuskan kepada Perusahaan dan Tenaga Kerja dan sebaliknya akan ditolak jika tidak memenuhi,”jelas Manullang.

Disebutkan, tenaga kerja selanjutnya memproses PUMP dan KPR di Bank Penyalur, Bank Penyalur melakukan verifikasi dan analisa kredit.

“Bila Tenaga Kerja memenuhi persyaratan pengambilan KPR oleh Bank Penyalur maka akan dilakukan Akad Kredit dan tenaga kerja dapat menempati rumah yang di beli dan tenaga kerja melakukan pembayaran angsuran PUMP dan KPR melalui Bank Penyalur,” tutup Manullang.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s