JK Indikator Kejujuran

Posted: September 14, 2013 in Balada Kehidupan

Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) baru-baru ini merilis hasil survei berkenaan dengan sosok Capres RI 2014 yang lain dari biasanya, pasalnya survei tersebut memunculkan figur Capres paling jujur. Joko Widodo (8,6), Jusuf Kalla (6,8), Megawati (6,8) dan Surya Paloh (5,9) dinilai sebagai Capres paling jujur dalam perhelatan pemilihan umum 2014. Survei kualitatif dilakukan melalui kajian kualitatif FGD (focus group discussion).

Indikator kejujuran dalam survei tersebut adalah kelurusan hati, fairness, dan ketulusan/keikhlasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia jujur diartikan sebagai lurus hati, tidak berbohong, berkata apa adanya, tidak curang, dan tulus ikhlas seperti yang dikatakan oleh Boni Hargens direktur LPI.
Menanggapi hasil survei ini, Iskandar Mandji Mantan Wasekjen DPP Partai Golkar menilai survei semacam ini mencerdaskan masyarakat karena menyajikan asepek lain dari hanya sekedar popularitas dan elektabilitas.

Munculnya nama-nama diatas bukan tanpa alasan. Tokoh-tokoh dalam peringkat teratas adalah sosok pemimpin yang sudah membuktikan kiprahnya dalam kontribusi dalam masyarakat. Seperti kriteria ketulusuan hati dalam memimpin yang berarti tidak aji mumpung saat memikul amanah.

Sebagai contoh Jusuf Kalla Wakil Presiden (2004-2009) tidak menggunakan wewenangnya untuk kepentingan pribadi. Saat terjadi situasi krisis yang mengharuskan pemerintah menaikkan harga BBM, JK dengan tulus dan berani menghadapi kontra masyarakat. Jika Ia mau memanfaatkan jabatannya untuk pencitraan pemilu mendatang mungkin saat itu JK tidak menaikkan harga BBM.

Megawati juga sudah pernah memikul amanah sebagai pemimpin rakyat, bahkan Ia dikenal sebagai Presiden wanita pertama di Indonesia yang giat mengkampanyekan kejujuran. Pada masa Megawati Indonesia memiliki Komisi Pemberantasan Politik (KPK) yang bertugas memberantas tindak pidana korupsi. Dalam setiap kesempatan Megawati sering memperingatkan kader partainya agar teguh iman dan selalu jujur.

Khusus mengenai JK posisinya sebagai dua teratas bersama Megawati, ini merupakan capaian yang sangat berkualitas. Seperti yang kita ketahui bahwa JK adalah mantan aktivis dan pengusaha serta politisi yang duduk di pemerintahan, artinya Ia memiliki ujian atas kejujurannya yang begitu lama dan berjenjang. Sepanjang lebih dari 30 tahun kualitas kejujuran JK teruji dan sudah terbukti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s