Mapate Diklat XIII Geo Theatre Production “Ensemble”

Posted: September 30, 2013 in Pendidikan

CIMG0009Selamat !!! Begitulah kata yang ditujukan kepada segenap panitia dan peserta Teater Geo Surabaya yang telah sukses melaksanakan Mapate Diklat XIII. Pelaksaan diklat berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 27 September sampai 29 September 2013 di Bumi Perkemahan (Buper) Kakek Bodo, Prigren-Pasuruan.

Meskipun terbilang minim persiapan, namun kerja keras dan semangat tempur para panitia untuk menyukseskan diklat yang bertema “Ensemble” ini cukup membanggakan. Bagaimana tidak, keterbatasan dana dan sumber daya manusia memang sempat menjadi kendala. Namun, bagi panitia, hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk menggembleng calon anggota yang berjumlah 15 orang agar mereka siap terjun dalam bidang kesenian bersama Teater Geo.

Semangat panitia diklat dan para peserta mulai hari pertama hingga terakhir telah terajut dalam suatu kebersamaan dan keakraban dalam satu ruang, yakni memajukan kesenian. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam diklat ini, yaitu “Ensemble” yang artinya bersama-sama.

Proses diklat sendiri sebetulnya sudah dilakukan sebelum tanggal 27 September. Peserta diberikan materi seputar dasar keaktoran, olah vokal, olah jiwa, penulisan naskah, hingga olah tubuh. Baru, peserta mulai melangsungkan diklat resmi pada tanggal 26 September di kampus B Universitas Adi Buana (Unipa) Surabaya. Pada hari pertama itu, peserta diberikan materi dobrak mental dan make up.

Dalam Dongkrak Mental, panitia menguji mental para peserta. Caranya, mereka keliling di jalan seputar kampus. Tentu tidak sekadar keliling, penampilan peserta diubah dengan berbagai gaya, mulai rambutnya dikepang, wajahnya dilaburi pewarna, dan pakaiannya pun berantakan. Selain itu, peserta juga diharuskan membuat lelucon kepada sejumlah orang yang mereka temui di jalan. Tujuan dari Dobrak Mental ini adalah menumbuhkan rasa percaya diri.

“Teknisnya dalam Dobrak Mental adalah jalan kaki keliling Ngagel (jalan sekitar Kampus Unipa A Surabaya) dengan menjalankan tantangan tiap pos,” kata Ketua Umum Teater Geo, Vervirra Rista. Usai Dobrak Mental, kemudian panitia dihadapkan dengan materi make up dalam berteater.

Memasuki hari kedua pada hari Jumat (27/9/2013), peserta melangsungkan diklat di bumi perkemahan Kakek Bodo, Pandaan. Hari kedua itu, banyak materi yang harus peserta pahami. Mulai olah rasa (kepekaan rasa), olah tubuh (gerak dasar), hingga membuat pentas mini yang terdiri dari dua kelompok.

Pada pentas mini yang dilangsungkan pada hari terakhir itu (29/9/2013), kelompok 1 membawakan judul “Bingung”, sedangkan kelompok 2 membawakan pementasan dengan judul “Pembalasan Alam”.

Dari hasil evaluasi dua pementasan tersebut, Brew (pembina Teater Geo) memutuskan untuk membawakan lakon itu ke pentas study yang akan diselenggarakan 4 bulan kemudian atau tepatnya bulan Januari 2014. Kita tunggu aksi anggota baru Teater Geo angkatan “Ensemble” !!!

Berikut beberapa foto dalam adegan pementasan kelompok 1 dan kelompok 2

CIMG0003

CIMG0004

CIMG0005

CIMG0012

CIMG0013

CIMG0014

CIMG0015

CIMG0016

CIMG0018

CIMG0019

CIMG0020

CIMG0024

CIMG0023

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s