Dua Mahasiswa Terpilih Wakili Indonesia dalam Forum Lingkungan Internasional di Jerman

Posted: Oktober 7, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Atika Putri Astrini - Universitas  Padjajaran  Saiful Syadir - Universitas Hassanudin

Atika Putri Astrini – Universitas Padjajaran Saiful Syadir – Universitas Hassanudin

Jakarta, 2 Oktober 2013 – Setelah melewati proses seleksi yang sangat ketat, dua pelajar Indonesia dipilih sebagai Duta Muda Lingkungan Bayer (BYEE) 2013. Keduanya akan berkunjung ke Jerman pada 11-15 November 2013, di mana mereka berkesempatan untuk mempelajari berbagai tren dan sudut pandang perlindungan lingkungan serta konsep pembangunan berkelanjutan.

Sejak 2004, setiap tahunnya BYEE Indonesia mengundang para generasi muda untuk menuangkan gagasannya ke dalam bentuk proposal proyek untuk memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan lingkungan. Proposal-roposal tersebut kemudian dinilai oleh para juri independen. Dua peserta terbaik akan dipilih untuk mewaktili Indonesia dalam forum lingkungan internasional di Leverkusen, Jerman. Satu dari mereka akan dianugerahi penghargaan “The Best Project” dan akan bersaing dalam kompetisi global BYEE dengan peserta lainnya dari 18 negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Pada tingkat internasional, akan ada tiga pemenang yang mendapatkan dukungan pendanaan untuk memulai dan mengembangkan proyek pelestarian lingkungan di negara masing-masing. Para pemenang tersebut akan diangkat sebagai Bayer Young Environmental Leader 2013.

“Bayer melihat bahwa keterlibatan generasi muda dalam menghadirkan solusi penanganan permasalahan lingkungan menjadi faktor penentu utama atas masa depan komunitas asal mereka. Generasi muda ini masih mempunyai semangat, antusiasme dan cita-cita yang menyala-nyala serta ingin membuat perubahan. Berangkat dari sebuah proyek lingkungan, mereka memulai perjalanan dengan misi memberikan kontribusi yang lebih besar, dan kami sangat bangga akan mereka,” ujar Dr. Thomas-Peter Hausner, Presiden Direktur PT Bayer Indonesia.

“Selama bertahun-tahun, Bayer terus memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program lingkungan oleh para generasi muda. Melalui kerja sama dengan United Nations Environment Program (UNEP), Bayer menyelenggarakan dan menyuarakan berbagai proyek yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para generasi muda akan lingkungan sembari mendukung mereka membuktikan komitmennya terhadap lingkungan,” lanjut Thomas-Peter.

Dr. Noviar Andayani, Direktur Eksekutif Wildlife Conservation Society (WCS), mitra penyelenggara program BYEE di Indonesia, menyampaikan optimismenya, “BYEE telah melahirkan banyak alumni yang hingga kini tetap aktif dengan proyeknya meskipun sudah lulus dari program ini. Hal ini membuktikan bahwa program BYEE ini bukan sekedar ajang kontes melainkan sebuah proses pembuktian komitmen generasi muda dalam menerapkan nilai-nilai pembangunan yang berkelanjutan di dalam kehidupan sehari-hari, di manapun mereka berada.” Bersama dengan RARE, WCS mendukung secara penuh pelaksanaan program BYEE di Indonesia yang terbukti selama menjadi mitra BYEE selama tiga tahun terakhir.

Atika Putri Astrini dari Universitas Padjajaran Bandung dan Saiful Syadir dari Universitas Hassanudin Makassar, telah terpilih sebagai wakil Indonesia dalam forum lingkungan internasional di Leverkusen, Jerman, setelah berhasil meyakinkan para juri dengan proyek mereka. Atika mengusung proyek untuk mengubah perilaku penggunaan kantung belanja plastik melalui sistem tas belanja cerdas yang dinamakan Vertesac. Sementara Saiful terpilih dengan proyek rehabilitasi mangrove (bakau) untuk melestarikan ekosistem pantai dan memberdayakan masyarakat di Pulau Tanakeke, Takalar, Sulawesi Selatan. Saiful terjun langsung ke masyarakat, sekaligus membuka aktivitas ekonomi alternatif bagi penduduk di sana. Atika memenangkan “The Best Project” dalam BYEE Indonesia 2013 dan akan mewakili Indonesia dalam kompetisi global BYEE.

“Kedua proyek ini memiliki nuansa Indonesia yang kental, menawarkan solusi cerdas atas permasalahan lingkungan saat ini, serta berpotensi tinggi untuk dikembangkan dan dilestarikan. Ke depannya kita berharap agar para duta Indonesia ini tetap melanjutkan proyek mereka untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan berbagai permasalahan lingkungan di Indonesia,” lanjut Noviar Andayani.

Duta Muda Lingkungan Bayer (BYEE) merupakan kerja sama antara Bayer dan United Nations Environment Programme (UNEP) untuk mendidik generasi muda tentang permasalahan lingkungan. Pada awalnya, program BYEE diadakan di Asia pada 1998 dan berfokus pada negara-negara dengan ekonomi berkembang. Diawali dari Thailand, pelaksanaan program BYEE telah tersebar hingga Brazil, Cile, Cina, Kolombia, Ekuador, India, Indonesia, Kenya, Malaysia, Peru, Filipina, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Venezuela, Vietnam dan Argentina. Kosta Rika baru bergabung pada 2012.

Proses Seleksi di Indonesia
Tahun ini, Bayer menerima 94 proposal dari berbagai universitas di Indonesia. Proses seleksi dibagi menjadi tiga fase, dimulai dengan mendaftar proposal proyek sederhana untuk lingkungan atau kampus peserta. Kemudian, dipilihlah tiga puluh pelajar untuk diwawancarai sebelum diloloskan ke babak semifinal, dan yang terakhir pemilihan 12 orang Duta Muda Lingkungan Bayer. Semua finalis mendapat waktu tiga bulan dan diharuskan untuk melaksanakan apa yang sudah mereka rancang, lalu menyajikan hasilnya di hadapan para juri panelis.

Finalis terbaik yang mengikuti workshop di Jerman adalah yang dipilih oleh panelis berdasarkan kepentingan, keterkaitan, ruang lingkup dan dampak jangka panjang proyeknya terhadap lingkungan dan komunitas. Di samping itu, kriteria lain seperti kepemimpinan dan kerja sama juga menjadi pertimbangan.

Eco-Camp
Sebelum memberikan presentasi pelaksanaan proyeknya di babak final, para finalis mengikuti kegiatan Eco-Camp pada 28 – 30 September 2013 di Talaga Cikeas, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang lingkungan kepada para finalis, sekaligus menyemangati mereka untuk melaksanakan tindakan-tindakan pelestarian lingkungan pada komunitasnya masing-masing.

Dengan mengusung tema “Small Steps Today, Bigger Impact Tomorrow” tahun ini, para finalis berkesempatan untuk belajar berbagai hal, seperti krisis air sebagai salah satu tantangan terkini dalam permasalahan lingkungan, pelibatan komunitas untuk memecahkan permasalahan lingkungan, rekayasa sosial untuk mengubah kebiasaan komunitas, pengelolaan serta perlindungan sumber daya alam, penggunaan media dalam pendidikan tentang lingkungan, dan lain sebagainya. Selain belajar dari materi yang sudah ada dan diskusi dengan para ahli lingkungan, para finalis juga belajar untuk menyampaikan dan mempertahankan pendapat mereka lewat kegiatan debat antar peserta dengan tema terkait lingkungan. Para finalis juga belajar bekerjasama lewat serangkaian kegiatan yang mengutamakan dinamika kelompok.

Bayer: Science For A Better Life
Bayer adalah perusahaan global dengan kompetensi utama di bidang perawatan kesehatan, pertanian dan material berteknologi tinggi. Sebagai perusahaan inventor, Bayer menciptakan tren di area-area dengan penelitian intensif. Produk-produk dan layanan Bayer dirancang untuk membantu manusia dan meningkatkan kualitas kehidupan. Di saat yang bersamaan, Bayer bertujuan untuk menciptakan nilai melalui inovasi, pertumbuhan dan produktivitas yang tinggi. Bayer berkomitmen terhadap prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan serta menjalankan tanggung jawab sosial dan berperan dalam masyarakat. Pada tahun fiskal 2012, Grup Bayer mempekerjakan 110.000 karyawan dan membukukan penjualan sebesar 39,7 miliar euro. Pengeluaran modal mencapai 1,9 miliar euro; pengeluaran Riset dan Pengembangan mencapai 3,0 miliar euro. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui http://www.bayer.com.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s