Kajari Sei Rampah : Buruh Jangan Diperbudak, Penuhi Hak Jamsostek

Posted: Oktober 20, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Dinas Tenaga Kerja Sergai Ultimatum Perusahaan Wajib Daftar Jamsostek

Sei Rampah, Sergai Sumut – Kepala Kejaksaan Negeri Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Erwin Panjaitan mengingatkan kewajiban pengusaha yang mempekerjakan tenaga kerja di wilayah itu, untuk memenuhi ketentuan sebagaimana diamanatkan dalam UU No 3 tahun 1992 tentang jamsostek, seiring akan bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan pada tanggal 1 Januari 2014.

Hal itu diungkapkan Erwin pada saat pemanggilan terhadap 40 perusahaan yang melakukan penunggakan pembayaran iuran Jamsostek dan yang belum mendaftarkan seluruh pekerjanya sebagaimana ketentuan UU No. 3 tahun 1992.

“Seharusnya, kita bersyukur pada saat ini, tenaga kerja mendapat perlindungan berupa perlindungan jamsostek dari negara, yang merupakan hak bagi tenaga kerja. Jadi, jangan seperti masa penjajahan, buruh diperbudak, hanya memeras tenaganya ,” jelas Erwin dihadapan puluhan pimpinan perusahaan, di aula Kejari Sei rampah, kamis(10/10/2013) sebagaimana siaran pers jamsostek, jumat.

Disebutkan, kegiatan bersama Jamsostek merupakan bagian dari kerjasama yang sudah dijalin PT Jamsostek (Persero) Cabang Tanjung Morawa dengan Kejari Sei Rampah dalam menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan masalah jamsostek.

“Saya minta, hak tenaga kerja atas jamsostek harus dipenuhi, agar jangan bermasalah hukum dikemudian hari,” jelas Erwin Panjaitan seraya menambahkan, jika perusahaan sudah memenuhi kewajibannya, jalur hukum tidak akan berlanjut.

Ultimatum

Kepala Dinas Sosial Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Serdang Bedagai Karno Siregar menegaskan tidak ada pilihan bagi perusahaan selain mematuhi UU No 3 tahun 1992 dan PP No 14 tahun 1993 tentang Jamsostek. “Perusahaan yang membangkang akan kita proses, sebab salah satu misi Kabupaten Sergei adalah tegaknya Supremasi Hukum,” jelas Karno.

Dikatakan, kendati Pemkab Sergai sangat mengharapkan hadirnya investor untuk pembangunan Kabupaten itu, namun pihaknya tidak menginginkan investor yang tidak taat akan aturan terutama aturan ketenagakerjaan dan pemenuhan hak buruh atas jamsostek.

“Bersyukur, Pak Kajari masih mau melakukan tindakan preventif, dimana Saudara dipanggil dan diberikan pemahaman atas kewajiban Jamsostek. Kedepan, jika tetap tidak mendaftar, kita akan sidik dan proses secara hukum,” tegas Karno seraya mengultimatum dalam tempo seminggu seluruhnya sudah harus mendaftarkan tenaga kerjanya ke Jamsostek Tanjung Morawa atau dapat mendaftar di JSPO BRI Sei Rampah.

Menurutnya, selama ini Dinas Tenaga Kerja acapkali bulan-bulanan terutama pada saat demonstrasi buruh. “Yang dikatakanlah mandul, yang impoten, dan yang dikatakan tidak berupaya memberikan sanksi bagi perusahaan yang melanggar aturan. Itu kita rasakan selama ini,” jelas Karno.

“Kami di Dinas Tenaga Kerja tidak mau ambil resiko, jika tenaga kerja Saudara mengalami resiko kerja, jangan lagi dituding tidak ada sosialisasi peraturan pemerintah. Kita akan proses lebih lanjut ke ranah hukum,” tegas Karno lagi.

Kepala Kantor Jamsostek Tanjung Morawa Krista Siagian mengungkapkan dalam rangka menyambut BPJS Ketenagakerjaan, seluruh tenaga kerja diharapkan sudah terdaftar. Karenanya, pihak Jamsostek sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi dan pemahaman, agar seluruh masyarakat tenaga kerja dapat terlindungi.

Kepala Pemasaran Sanco Simanullang ST MT pada kesempatan tersebut turut membawakan sosialisasi manfaat program jamsostek dengan moderator Kasi Datun Jaksa Pengacara Negara (JPN) Sei Rampah Abdul Hakim Sori Muda Harahap dan narasumber dari Dinas Tenaga Kerja Sei Rampah Kepala Seksi Pengawasan Ketenagakerjaan Sopyan Siregar.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s