4 PG Lingkup PTPN XI Terima ISO

Posted: Oktober 25, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

SURABAYA (24/10/2013) – Komitmen PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI dalam mengimplementasikan sistem manajemen mutu memberikan kebanggaan tersendiri bagi seluruh jajaran perusahaan. Keberhasilan tersebut ditandai dengan diperolehnya sertifikat ISO 2001 : 2008 untuk 4 pabrk gula (PG) binaan. Keempat PG adalah Pagottan (Madiun), Djatiroto (Lumajang), Assembagoes (Situbondo), dan Pradjekan (Bondowoso). Sertifikat dikeluarkan United Registrar of Systems yang bermarkas di London dan dalam pelaksanaannya mendapatkan bimbingan teknis Kementerian Perindustrian.

Tujuan sertifikasi antara lain memberikan jaminan mutu/keamanan dan meningkatkan citra perusahaan sehingga akan mengurangi komplain pihak pelanggan. Artinya, dengan telah diperolehnya sertifikat tadi konsumen mendapatkan garansi akan produk berkualitas berdasarkan standar internasional. ISO 9001 : 2008 juga dimaksudkan untuk melindungi konsumen, mewujudkan kompetisi sehat dalam perdagangan, serta meningkatkan daya guna, hasil guna dan produktivitas perusahaan.

Dalam waktu dekat PTPN XI juga mendaftarkan untuk 7 PG lainnya untuk segera bersertifikat ISO 9001 : 2008 yang juga mendapatkan bimbingan teknis Kementerian Perindustrian. PG-PG dimaksud adalah Soedhono (Ngawi), Poerwodadie, Redjosarie (Magetan), Kanigoro (Madiun), Kedawoeng (Pasuruan), Wonolangan dan Gending (Probolinggo). Sedangkan PG lain di bawah kendali manajemen PTPN XI di luar PG yang sudah dan segera didaftarkan bersertifikat seperti Padjarakan (Probolinggo), Wringinanom, Olean dan Pandjie (Situbondo) akan dilakukan sendiri oleh pihak perusahaan. Khusus untuk PG Semboro karena teknologi pengolahan gula yang digunakan sudah menggunakan remelt karbonatasi dengan hasil gula bermutu tinggi setara semi-rafinasi, telah mendapatkan sertifikat terlebih dahulu.

Sertifikat ISO 9001 : 2008 penting dalam penerapan standar nasional Indonesia (SNI) gula kristal putih secara wajib yang diberlakukan efektif dalam 2 tahun ke depan sesuai Peraturan Menteri Pertanian No 68/Perentan/OT.1450/6/2013. PTPN XI sendiri adalah perusahaan agribisnis dengan core business gula mealui pengoperasian 16 PG di Jatim dengan total kapasitas terpasang 42.000 ton tebu sehari. Tahun lalu perusahaan menghasilkan 415.000 ton gula, PTPN XI konsisten untuk terus meningkatkan produktivitas, mutu produk, dan layanan konsumen lebih baik. Pada giling 2013, melalui 16 PG beroperasi, PTPN XI diproyeksikan menggiling tebu sekitar 5,9 juta ton. Dari jumlah itu, 83 persen di antaranya berasal dari petani yang menjalin kemitraan dengan pihak PG.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s