KASAL MENUTUP PENDIDIKAN REGULER SESKOAL ANGKATAN KE-51 TAHUN 2013 DAN PELUNCURAN MAJALAH JURNAL MARITIM INDONESIA

Posted: November 2, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

4A4A7698Penseskoal (31/10) – Setelah selama 11 bulan ditempa di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), di Bumi Cipulir Jakarta Selatan, sejumlah 170 Perwira Menengah (Pamen) yang telah selesai menimba berbagai ilmu strategi di lembaga pendidikan tertinggi Angkatan Laut, hari ini dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Dr. Marsetio. Para perwira tersebut merupakan perwira-perwira terpilih yang terdiri dari 159 Pamen TNI AL, 2 Pamen TNI AD, 2 Pamen TNI AU dan 7 Pamen Angkatan Laut dari manca negara yang masing-masing berasal dari Amerika Serikat, Australia, China, Jepang, Malaysia, Pakistan dan Singapura.

Sejak Januari 2013, para perwira tersebut telah dibekali berbagai pengetahuan strategi dan operasi yang sesuai dengan lingkungan strategis. Beberapa materi yang diterima antara lain Naval Strategy, strategi pertahanan negara, strategi maritim, strategi kontinental, strategi dirgantara, strategi kontemporer dan pelaksanaan operasi gabungan. Selain materi-materi strategi dan operasi, para perwira juga diajarkan beberapa ilmu manajemen yang aplikatif dalam medan penugasan mereka kelak setelah lulus dari Seskoal, yang sesuai dengan strata Pamen sebagai analis kebijakan dan komandan pada level operasional. Para perwira TNI lulusan Seskoal, nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin di jajaran TNI AL, TNI dan nasional pada masa yang akan datang.

Pada akhir Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal tahun ini, beberapa Perwira Siswa (pasis) berhasil melaksanakan pendidikan dengan prestasi yang gemilang. Pamen yang berhasil mengukir namanya sebagai lulusan 10 besar terbaik adalah Mayor Laut (P) Sumarji Bimoaji, Mayor Laut (P) Andri Kristianto, Mayor Marinir Arief Rahman H. Anggoro, Mayor Marinir B. D. Penanggungan, S.E., Mayor Marinir Freddy Ardianzah, Mayor Laut (P) Andike Sry Mutia, Mayor Laut (P) Antonius Manullang, S.E., Mayor Laut (T) Awan Sudiro, Mayor Marinir S.T., Datuk Sinaga, dan Mayor Laut (P) Bagus Badari A. Pada rangkaian acara penutupan pendidikan, Laksamana TNI Dr. Marsetio, yang menjadi inspektur upacara, menyerahkan ijazah kelulusan bagi seluruh Pasis yang didamping oleh istrinya, serta memberikan beberapa penghargaan antara lain, Penghargaan Dharma Wiratama Paripurna kepada Mayor Laut (P) Sumarji Bimoaji sebagai lulusan terbaik, Penghargaan Dharma Wiratama Widyawacana kepada Mayor Laut (E) Andi Indra Putra, S.T. sebagai penulis Taskap terbaik, dan penghargaan Siswa Manca Negara Terbaik kepada Major (RSN) Noel Chen Xin Yi yang merupakan Perwira dari Republic of Singapore Navy.

Pada hari yang sama, Kasal melaksanakan peluncuran perdana Majalah Jurnal Maritim Indonesia yang merupakan majalah pertama yang diterbitkan oleh Seskoal setiap semester, mendampingi majalah Dharma Wiratama yang telah terbit secara periodik sebelumnya. Jurnal ini berisikan beberapa analisis dari para pemikir sipil dan militer, tentang berbagai permasalahan menyangkut visi bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim, serta berbagai kegiatan maritim dan Angkatan Laut pada tataran nasional, regional dan internasional. Rencananya, jurnal ini akan diterbitkan enam bulan sekali, sebagai salah satu mimbar pustaka untuk memperkaya wawasan kemaritiman bangsa Indonesia yang tidak saja terkenal karena bentuk kepulauannya, tapi juga karena visi dan pengaruh maritimnya di kancah internasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s