Tuntut Hak Atas Tanah, Rakyat Sumberklampok Bali Blokade Jalan Poros Singaraja-Gilimanuk

Posted: November 9, 2013 in Pengetahuan

KPA-BALI: Sedikitnya 3000 rakyat Sumberklampok (Bali) hari ini, Kamis 7 November 2013 memblokade jalan poros singaraja-gilimanuk, massa aksi yang didominasi oleh para petani, nelayan dan masyarakat adat menuntut Hak Atas Tanah yang sejak 22 tahun yang lalu (7 November 1991) diperjuangkan. Rakyat mendesak Gubernur Bali dan Bupati Buleleng untuk datang menemui dan berdialog soal pemenuhan hak rakyat atas tanah Sumberklampok.

Aksi yang awalnya adalah doa bersama antara umat Hindu dan Islam yang dihadiri oleh Muspika dan ketua DPRD Kab Buleleng di Banjar Sumber Batok, Sumberklampok. Namun, masa kecewa karena Gubernur Bali, Bupati Buleleng, Ketua DPRD Bali tidak hadir untuk melakukan doa bersama, sekaligus membahas persoalan hak atas tanah di Sumberklampok. Masa yang kecewa atas tidak adanya itikad baik dari pemerintah provinsi Bali, akhirnya memblokade jalan utama poros Singaraja-Gilimanuk pada pukul 11.00 WITA dengan jumlah masa sebanyak 3000 orang.

Masa menuntut agar Pemprov Bali dan Pemda Buleleng berpihak pada rakyat Sumberklampok dengan memberikan hak atas tanah kepada rakyat yang berasal dari tanah terlantas seluas 624 Hektar. Rakyat Sumberklampok menggunakan pohon-pohon yang ditumbangkan, tenda serta menggunakan spanduk untuk menutup jalan.

DD Shineba dari Kepala Departemen Politik dan Jaringan Konsorsium Pembaruan Agraria yang ditemui di lapangan menghimbau agar aparat keamanan melakukan tindakan pencegahan kekerasan terhadap masa aksi. “Kami berharap tidak ada provokasi dari aparat keamanan untuk membenturkan petani dengan pengguna jalan sehingga konflik horisontal bisa dihindarkan”, pungkas DD.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s