Irman : NTB Harus Menjadi Provinsi Berdaya Saing Tinggi

Posted: November 16, 2013 in Politik dan Pemerintahan

Ketua DPD RI Irman Gusman memberikan kenang-kenangan kepada pihak Universitas Mataram, yang mahasiswanya berasal dari 21 provinsi.

Ketua DPD RI Irman Gusman memberikan kenang-kenangan kepada pihak Universitas Mataram, yang mahasiswanya berasal dari 21 provinsi.

Ketua DPD RI Irman Gusman mengharapkan Nusa Tenggara Barat menjadi Provinsi Berdaya Saing Tinggi. Hal ini disampaikannya dihadapan hadapan ribuan civitas akademika Universitas Mataram,NTB pada Selasa, 12/11.

Irman mengaku terkejut mengetahui bahwa Provinsi NTB menempati peringkat ke 28 dalam dalam produktivitas daya saing. Irman berharap generasi muda dapat mendorong agar Daya Saing dapat meningkat secara signifikan.

Menurutnya, daya saing lebih penting dibandingkan sumber daya alam, karena sumber kemakmuran suatu bangsa bangsa bukan lagi terletak pada sumber daya alam tapi pada keunggulan kompetitif.

“Malah dalam beberapa kasus sumber daya alam itu justru menjadi kutukan, akhirnya muncullah istilah sprti ‘dutch desease’, yang artinya hubungan peningkatan eksploitasi sumbr daya alam dan penurunan manufaktur,” ujar Irman.

Tambahnya, untuk menjadikan sumber daya alam sbgai rahmah bukan musibah kita butuh keunggulan kompetitif. “Tentu kita tidak berharap sumber daya alam yg dimiliki oleh negara kita akan menghasilkan ‘Indonesia Disease'”, ungkapnya.

Dan, mahasiswa dapat menjadi motor penggerak perekonomian di Provinsi NTB dan kelak dapat menjadi provinsi yang berdaya saing tinggi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s