Kejari Tebing Tinggi Ultimatum Pengusaha Daftar Jamsostek Hingga Desember 2013

Posted: November 16, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

ed IMG_7343Tebing Tinggi, Sumut – Dihadapan puluhan pimpinan dan perwakilan perusahaan yang menghadiri undangan Kejari Tebing Tinggi- Deli, Kepala Kejaksaan Olopan Nainggolan SH MH mengultimatum para pengusaha diwilayah hukum Tebing Tinggi untuk mematuhi UU No. 3 tahun 1992 tentang program jamsostek bersifat wajib bagi Tenaga Kerja.

“Kami ingin bertemu dengan Saudara pada kursi ketenangan bukan kursi pesakitan . Dimohon kerjasama yang baik, blanko pendaftaran jamsostek, pembayaran iuran mohon diisi dan bisa juga langsung didaftar ke BRI Cabang Tebing Tinggi, “ tegas Kejaksaan Olopan Nainggolan SH MH dihadapan 30 an perusahaan yang memenuhi undangan Kejari, di aula Kejaksaan Tebing Tinggi, Selasa (12/11/2013).

Tampak hadir juga perwakilan BRI dan sejumlah Jaksa Pengacara Negara, Pegawai Disosnaker, Pegawai Jamsostek dan lainnya.

Dikatakan Olopan, keuntungan yang diperoleh perusahaan harus disisihkan untuk kemanusiaan dan untuk jaminan sosial para tenaga kerja, karena hal itu juga merupakan hak yang dilindungi undang-undang terutama menjelang BPJS Ketenagakerjaan 1 Januari 2014.

“Mudah mudahan Saudara datang kemari untuk hal yang baik-baik saja. Saya himbau, keuntungan yang Bapak Ibu peroleh, ada disitu milik yang tak beruntung, jangan pelit-pelit, masa Direkturnya bisa bergaji 15 juta, ngasih 200 ribu saja untuk iuran jamsostek tidak bisa. Harta itu tidak dibawa mati, jadi berjiwa sosiallah para pengusaha,” imbau Kajari.

Diultimatum Olopan, jika sampai bulan desember 2013, seluruh perusahaan di Tebing Tinggi tidak mendaftar karyawan menjadi peserta jamsostek, maka akan dilakukan penegakan hukum. Kepolisian dan PPNS ketenagakerjaan akan memproses dan selanjutnya ke Kejaksaan.
“Saya tetap pada pendirian, Januari 2014, seluruh usaha akan diperiksa, tidak ada kata ampun, dan tidak ada kata maaf,” tutup Kejari mengakhiri sambutannya.

Strategis

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tebing Tinggi Hasanuddin Siregar mengungkapkan tenaga kerja mempunyai peranan strategis sebagai pelaku pembangunan nasional, sehingga harus dilindungi.

“Jika tenaga kerja sehat , nyaman, sejahtera maka produktivitas akan meningkat. Setiap tenaga kerja berhak atas jamsostek. Program jamsostek wajib dilakukan bagi tenaga kerja dalam hubungan kerja. Kami berharap jangan ada benturan antara buruh dan pengusaha. Mohon dipenuhi jamsosteknya,” kata Hasanuddin.

Hasanuddin sebelumnya mengungkapkan setidaknya 75 persen perusahaan baik skala kecil, menengah dan besar belum mendaftar jamsostek di Tebing Tinggi.

“Semua tenaga kerja yang bekerja di badan usaha, BUMN, BUMD, PT, CV, Firma, Yayasan, Koperasi, Usaha Dagang, sekolah swasta, wajib ikut jamsostek, meskipun mempekerjakan 1 orang saja,” jelas Hasanuddin seraya menambahkan, sanksi atas pelanggaran tersebut adalah hukuman kurungan, denda dan pencabutan izin usaha.

Kepala Kantor Cabang Jamsostek Tanjung Morawa Krista Siagian menegaskan, siap melayani peserta jamsostek sebaik-baiknya, termasuk saat ini telah dapat menerima pendaftaran jamsostek untuk usaha-usaha di JSPO-BRI Cabang Tebing Tinggi, Sei Rampah dan Lubuk Pakam.

Sementara Kepala Pemasaran Jamsostek Tanjung Morawa Sanco Simanullang ST MT dan Kepala Seksi Pengawasan Ketenagakerjaan B Tambunan memberikan sosialisasi jamsostek dan sosialisasi ketenagakerjaan secara marathon.

Diingatkan, untuk pendaftaran proyek jasa konstruksi berupa proyek APBN, APBD dan Proyek Swasta dapat dilakukan di Kantor Bank Sumut di 3 wilayah yaitu Bank Sumut Kota Tebing Tinggi, Sei Rampah dan Lubuk Pakam atau dapat menghubungi Call Center Pengaduan Jamsostek 081397298100.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s