Irman : Pemimpin Pasca Pemilu 2014 harus mampu membawa kemandirian ekonomi

Posted: Desember 22, 2013 in Politik dan Pemerintahan

Pemimpin berkualitas adalah pemimpin yang mampu memanfaatkan pikirannya untuk membuat bangsa Indonesia maju. Hal ini disampaikan Ketua DPD RI Irman Gusman saat menjadi pembicara dalam Kuliah Umum bertajuk “Kepemimpinan Pasca Pemilu 2014 (Harapan dan Tantangan) di JICA FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Senin (09/12/13).

Menurut Irman, secara politik, Indonesia sudah hampir tujuh dekade merdeka dan berdaulat, bahkan 13 tahun terakhir memasuki era demokratisasi. Namun, secara ekonomi bangsa Indonesia belum menunjukkan kemandirian. “Terbukti, bangsa kita hingga kini masih dikenal sebagai konsumen terbesar produk-produk industri, elektronik, dan barang teknologi dari luar,” ujar Irman.

Maka, tantangan terbesar bagi pemimpin Indonesia mendatang adalah bagaimana menciptakan kemandirian sekaligus pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan. Dan, kepemimpinan pasca Pemilu 2014 adalah variabel penting penentu kemajuan bangsa sehingga mampu menjawab tantangan yang ada. “Maju tidaknya suatu negara sangat bergantung pada faktor kepemimpinan. Pemilu hanyalah instrumen untuk melahirkan kepemimpinan yang demokratis dengan dukungan rakyat yang besar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irman menambahkan, era otonomi dan desentralisasi seharusnya mampu mendorong munculnya banyak pemimpin-pemimpin yang berkualitas, baik di daerah maupun pusat. “Otonomi daerah membuat daerah memiliki kesempatan besar melahirkan pemimpin-pemimpin berkualitas yang dibutuhkan bangsa ini, yaitu pemimpin yang mau memanfaatkan pikirannya untuk membuat bangsa Indonesia maju dan mengalahkan bangsa-bangsa lainnya,” ujarnya.

Indonesia, lanjut Irman, memiliki semua baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia sehingga tinggal para pemimpin berpikir untuk memberdayakannya. ”

Tinggal para pemimpin berpikir secara kritis dan melakukan kreativitas serta inovasi sehingga bisa menjadi negara sejahtera,” tambahnya.

Irman menambahkan, banyak negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang besar namun karena faktor kepemimpinan yang tidak tepat negara tersebut tidak mencapai tingkat kemajuan yang signifikan.

“Pemimpin nasional yang kita butuhkan ke depan harus memahami daerah, tantangan yang dihadapi bangsa, serta mau ke mana bangsa ini dibawa mengarungi samudera global dan persaingan dunia, jelasnya.

Lebih lanjut Irman menambahkan ada sejumlah kriteria pemimpin nasional yang ideal yaitu; visioner, solutif, aspiratif, memiliki integritas dan rekam jejak yang bersih.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s