Jelang Natal dan Tahun Baru : Telkomsel Siap Melayani Masyarakat Kapasitas Jaringan Ditingkatkan Rata-Rata 11%

Posted: Desember 22, 2013 in Bisnis dan Ekonomi

Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga (tengah) dan Direktur Utama Telkom Arief Yahya (kiri) saat melakukan inspeksi Compact Mobile BTS (COMBAT) beberapa waktu yang lalu, dalam rangka kesiapan jaringan menyambut Natal dan Tahun Baru. Selain jaringan, Telkomsel juga melakukan berbagai peningkatan dalam  pelayanan untuk menjamin kepuasan  pelanggan.

Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga (tengah) dan Direktur Utama Telkom Arief Yahya (kiri) saat melakukan inspeksi Compact Mobile BTS (COMBAT) beberapa waktu yang lalu, dalam rangka kesiapan jaringan menyambut Natal dan Tahun Baru. Selain jaringan, Telkomsel juga melakukan berbagai peningkatan dalam pelayanan untuk menjamin kepuasan pelanggan.

Jakarta, 19 Desember 2013 – Menjelang Natal dan Tahun Baru (NARU) 2014 Telkomsel menyatakan siap untuk melayani masyarakat di seluruh Indonesia. Persiapan itu antara lain diwujudkan dengan melakukan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan hingga mencapai rata-rata 11% dibandingkan hari biasa. Hal ini dilakukan untuk menjamin kepuasan pelanggan dalam memanfaatkan layanan seluler selama periode NARU yang dipredikasi akan mengalami lonjakan trafik. Selain jaringan, Telkomsel juga melakukan berbagai peningkatan dalam pelayanan pelanggan.

Direktur Utama Alex J. Sinaga mengatakan, “Seperti tahun-tahun sebelumnya, dan khususnya di momen-momen seperti Lebaran, Natal dan Tahun Baru, kami mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi yang akan terjadi dengan meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk menjamin kualitas terbaik yang kami berikan bagi pelanggan kami. Tahun ini diperkirakan lonjakan terbesar akan terjadi saat malam tahun baru yang utamanya pada layanan data mencapai lebih kurang 16%, sedangkan layanan SMS dan suara diperkirakan mencapai 7-9%, semuanya dibandingkan hari biasa”.

Upaya peningkatan kualitas layanan dan jaringan yang dilakukan Telkomsel antara lain dengan mengidentifikasi sekitar lebih dari 550 titik-titik keramaian utama yang disingkat PREMIUM : PUBLIC SERVICES, RELIGIOUS EVENTS, ENTERTAINMENT EVENTS, MALLS AND SHOPPING CENTER, INDOOR EVENTS, UNIQUENESS dan MASSIVE CROWD. Di hari libur lokai-lokasi ini umumnya padat pengunjung yang berdampak pada lonjakan trafik telekomunikasi.

“Kata Premium ini juga mengartikan bahwa Telkomsel berkomitmen memberikan layanan yang premium atau utama kepada para pelanggan agar dapat menikmati perayaan Natal dan Tahun Baru dengan nyaman”, tambah Alex.

Dari sisi jaringan, Telkomsel meningkatkan kapasitas hingga HLR (Home Location Register) 22.6% dibandingkan kapasitas HLR tahun sebelumnya.

Penambahan sebesar 0.9% dari tahun 2012 terhadap jumlah BSC (Base Station Controller) yang berfungsi mengkoordinasikan beberapa BTS, juga ditingkatkan hingga menjadi 585 buah dengan menggunakan kapasitas BSC yang lebih besar. Sementara peningkatan kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 189 juta pelangan atau dinaikan sebesar 8.9% dibandingkan kapasitas periode sebelumnya, diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Masih dari sisi jaringan, selain mengandalkan 67.000 BTS-nya yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara untuk menampung trafik selama NARU, Telkomsel juga telah meluncurkan 400 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan agar tetap prima. Selain itu Tim Satgas NARU Telkomsel juga telah resmi dikukuhkan dan siap bertugas mengawal kualitas jaringan Telkomsel. Tim ini terdiri dari hampir 100 sumber daya manusia yang terdiri mulai dari tim Network Operation Monitoring, Netwok Quality, IT, Sales & Customer Care, dsb.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel menyiagakan 268 armada Mobile GraPARI di lokasi-lokasi yang masuk dalam kategori PREMIUM, dan menjamin ketersediaan produk melalui 433 modern channel siaga serta 1.853 outlet siaga. Selain itu 413 GraPARI dan Call Centre juga akan beroperasi untuk mendukung kelancaran NARU tahun ini.

Memaknai momen Hari Besar di akhir tahun 2013 ini, Telkomsel pun mengisi momen NARU dengan aktivitas sosial dalam bentuk pemberian bantuan perlengkapan sekolah kepada 2000 anak yatim, serta perbaikan infrastruktur rumah ibadah yang tersebar di delapan titik di seluruh Indonesia, yaitu Ambon, Papua, Kupang, Solo, Surabaya, Medan, Kabanjahe dan Jakarta. Prosesi pemberian bantuan tersebut dilakukan oleh jajaran Direksi langsung di lokasi, sekaligus perwujudan komitmen untuk melayani negeri hingga ke wilayah pelosok.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s