Candi Sumur, peninggalan candi dari kerajaan Majapahit

Posted: Januari 18, 2014 in Pendidikan

Peninggalan candi bersejarah dari kerajaan majapahit yang merupakan salah satu destinasi wisata yang terdapat di Sidoarjo, salah satunya yaitu di candi Sumur. Candi ini berlokasi di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sekitar 100-200 m sebelah barat daya Candi Pari. Didirikan pada masa yang sama dengan Candi Pari, keduanya termasuk dalam cagar budaya di Kabupaten Sidoarjo.

Di sekitar bangunan candi sumur ini terdapat taman dan tumbuhan hijau yang menghiasi sekeliling candi tersebut, seperrti tanaman bunga kamboja, mangga dan pohon kelapa. perawatan candi di lakukan oleh masyarakat setempat atau juru kunci candi sumur ( pak karsono). Akses jalan menuju kawasan ini sangat muda di jangkau, tetapi akses jalan dari jalan raya menuju candi tidak begitu besar hanya cukup di lewati beberapa kendaraan sepeda motor.

Candi sumur terlihat seperti tumpukan batu bata yang tidak teratur, yang membuat peninggalan tersebut tidak terawat. Namun informasi dari penjaga candi tersebut, pemerintah kota Sidoarjo berencana untuk melakukan renofasi. Salah satu dari tempat wisata yang ada di sidoarjo ini perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah kota, untuk segera di renofasi dan di berikan fasilitas yang memadai di area sekitar candi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s