STIKES Karya Husada Pare Gelar Workshop Menulis Kreatif

Posted: Januari 20, 2014 in Pendidikan

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Karya Husada Pare, Kediri, Jawa Timur, menggelar Workshop Menulis Kreatif, Ahad (19/1). Sebanyak 150-an mahasiswa antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Karya Husada Pare, Kediri, Jawa Timur, menggelar Workshop Menulis Kreatif, Ahad (19/1). Sebanyak 150-an mahasiswa antusias mengikuti kegiatan tersebut.

PARE – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Karya Husada Pare, Kediri, Jawa Timur, menggelar Workshop Menulis Kreatif, Ahad (19/1). Sebanyak 150-an mahasiswa antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Sebagai narasumber tampil Aliya Nurlela (Sekjen Forum Aktif Menulis Indonesia), Rudi (Pembina Majalah SMK Negeri Ngasem), dan Retnaningsih (Pembina Majalah SMA Negeri 1 Pare). Acara dimulai pukul 08.00-14.00 di aula Prodi S1 Ilmu Keperawatan STIKes Karya Husada Pare.

Turut hadir Ketua STIKes Karya Husada, Ratna Hidayati, Kabag Kemahasiswaan Reni Yuliastutik, didampingi Pembantu Ketua Prodi S1 Ilmu Keperawatan, D4 Bidan, D3 Kebidanan, dan D3 Keperawatan Akademi Gizi.

Pada kesempatan itu, Sekjen FAM Indonesia Aliya Nurlela memberikan motivasi menulis kepada peserta. Katanya, siapa pun bisa jadi penulis, termasuk calon perawat atau dokter.

“Banyak kisah yang bisa dituliskan di sekitar kita, termasuk di lingkungan belajar dan bekerja,” kata Aliya Nurlela.

Cerita-cerita di balik dunia kesehatan, papar Aliya, banyak sekali. Namun belum banyak kalangan dokter dan perawat yang menulis, baik menulis buku maupun menulis karya kreatif di media massa.

“Sementara kesempatan terbuka lebar untuk itu. Lewat media massa masyarakat juga membutuhkan informasi kesehatan yang ditulis langsung oleh para ahli di bidang kesehatan,” jelasnya.

Mahasiswa yang antusias mendengar motivasi itu banyak yang bertanya kepada Aliya Nurlela tentang kiat-kiat menjadi penulis sukses hingga motivasi dirinya mendirikan wadah kepenulisan FAM Indonesia.

Salah seorang mahasiswa berprestasi, Fuad, mengungkapkan rasa senang atas diadakannya workshop tersebut. Menurutnya workshop serupa harus sering diadakan untuk menarik minat mahasiswa menulis.

“Acara ini sangat penting dan perlu bagi para pemuda. Acara dikemas dengan seru dan menyenangkan, sanggup memberi semangat kami untuk menulis,” ujar Fuad yang pernah menjuarai lomba pidato tingkat mahasiswa se-Kabupaten Kediri.

Peserta lainnya, Astri, menyebutkan bahwa kegiatan itu merupakan pengalaman pertama yang ia ikuti di kampus tersebut. Selama ini dia suka menulis, tetapi tidak tahu bagaimana agar karya tulisnya dapat dipublikasikan.

“Saya senang dengan acara ini, dan semoga saya semakin semangat berkarya,” ujar Astri yang mengaku berasal dari Banten.

Ketua BEM STIKes Karya Husada, Panji, menyebutkan, BEM yang dipimpinnya mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut dan ke depan pihaknya akan memprogramkan kegiatan menulis lainnya yang juga bermanfaat untuk mahasiswa.

“Selayaknya mahasiswa berkarya lewat tulisan-tulisannya,” katanya.

Ketua Panitia Sigit Yulianto melaporkan, workshop menulis tersebut dalam rangka memotivasi mahasiswa STIKes Karya Husada untuk menuangkan gagasannya lewat tulisan. Pihaknya berterima kasih kepada pimpinan kampus yang turut mendukung acara itu.

Ketua STIKes Karya Husada, Ratna Hidayati, pada kesempatan tersebut menyampaikan rasa syukurnya kampus yang dipimpinnya itu dapat mengadakan sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat.

“Kami juga sangat senang atas kehadiran Tim FAM Indonesia yang memberikan banyak motivasi menulis kepada mahasiswa kami,” ujarnya.

Dia juga menaruh harapan di masa mendatang akan terbentuk FAM Unit STIKes Karya Husada Pare. Sebab menurutnya, banyak mahasiswa STIKes yang berbakat menulis dan membutuhkan wadah yang tepat untuk menyalurkan bakat mereka.

Selain memberikan motivasi menulis, pada kesempatan tersebut Tim FAM Indonesia juga memberikan hadiah doorprize berupa buku kepada peserta. (REL)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s