Ribuan Buruh Tebang Di Kabupaten Malang Terancam Menganggur

Posted: Januari 27, 2014 in Pengetahuan

Rencana PT Rajawali nusantara Indonesia yang akan melakukan modernisasi perlatan pertanian dalam penebangan tebu di Kabupaten Malang yang akan dilakukan oleh PG Krebet akan berdampak bertambahnya jumlah pengangguran di Kabupaten Malang .

Menurut Direktur PT RNI Ismed Hasan Putro bahwa inovasi menggunakan teknologi mesin adalah sebuah kebutuhan yang harus dilaksanakan demi inefesiensi perusahaan . Penggunaan tekhnologi ini karena kondisi fakta di lapangan yang mendorong menggunakan tenaga mesin.”ini sudah fakta mas , karena tahun kemaren kita kesulitan mencari tenaga tebang tebu,”Ujar Ismed kepada wartawan.

Kebutuhan tenaga tebang tebu untuk setiap tahun berkisar antara 10.000 pekerja tebang tebu untuk wilayah di Kabupaten Malang .Alasan dipakainya tekhnologi ini karena tingginya cost UMK dan biaya bahan bakar yang tinggi sehingga PT RNI harus beralih .

Penggunaan tekhnologi ini tidak lepas dari target perusahaan PT RNI untuk tahun 2014 sebesar laba sebelum pajak 236 Milliar dan setelah pajak 156 Milliar , tetapi target perusahaanya dengan menggunakan tekhnologi berkisar 6,6 Trilliun .

Sedangkan penghasilan laba bersih RNI tahun 2013 135 Milliar, sedangkan tahun 2012 480 Milliar rupiah. Merosotnya pendapatan di tahun 2013 yang mendorong PT RNI untuk melakukan inovasi dengan modernisasi perlatan pertanian tanpa menggunakan tenaga tebang di wilayah Kabupaten Malang .

Pihaknya membantah dampak dari penghgunaan tekhnologi ini akan berdampak kepada pengangguran , tetapi ini sebagai soal kebutuhan serta target perusahaan RNI.

Sedangkan Misto (52) warga Desa Urek Urek Kecamatan Gondanglegi mengaku rencana perusahaan menggunakan tenaga mesin akan berdampak terhadap kehidupanya terutama sebagai buruh tebang tebu . Penghasilanya sekali tebang berkisar Rp 100.000,- beum untuk biaya makan dan minum . “itu kalau ada jasa yang menggunakan kami ,mas masak kami yang kayak gini harus digantikan mesin bagaimana anak istri saya ,’ungkapnya .

Sedangkan kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang M Razali terkait rencana penggunaan tekhnologi yang akan pabrik Gula Krebet akan berdampak dengan bertambahnya penagangguran dikabupaten Malang ponselnya tidak bisa dihubungi .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s