XL Adakan Aksi Solidaritas Penderita Kusta Tema “Mereka Bisa Sembuh, Stop Diskriminasi Penderita Kusta”

Posted: Januari 30, 2014 in Pengetahuan

_DSC0067Surabaya, 29 Januari 2014. Memperingati Hari Kusta Internasional setiap tanggal 25 Januari, PT. XL Axiata Tbk (XL) mengadakan aksi solidaritas terhadap para penderita/mantan penderita kusta yang diadakan di Taman Apsari jl. Pemuda Surabaya, Rabu (29/1).

GM Finance Management Service XL East Region – Moch. Imam Mualim mengatakan,” Penyakit kusta dapat disembuhkan, mereka berhak hidup layak dan mendapatkan hak mereka sebagai warga negara, namun perlu upaya yang lebih maksimal untuk menghilangkan stigma negatif di masyarakat. Sehingga mereka yang terbebas dari kusta bisa hidup secara normal. Oleh karena ini perlu kampanye kepedulian terhadap para penyandang kusta sehingga mereka mendapatkan hak-hak untuk hidup layak dan berdaya. Dengan kegiatan ini diharapkan muncul kepedulian tersebut.”

Data WHO tahun 2013 menyatakan, ada 17.012 kasus penyakit kusta di Indonesia dan pria memiliki tingkat terkena kusta 2x lebih tinggi dari wanita. Jawa Timur adalah urutan no 1 di Indonesia, daerah yang paling banyak penderita kusta yaitu di Sumenep, Probolinggo, Jember, Pamekasan, Bangkalan, Tuban, Lumajang, Pasuruan, Sampang, Situbondo termasuk Surabaya.

Bekerjasama dengan Dompet Dhuafa yang merupakan lembaga non profit, XL menggelar aksi solidaritas terhadap para penderita/mantan penderita kusta dengan tema “Mereka Bisa Sembuh, Stop Diskriminasi Penderita Kusta” dengan tujuan menumbuhkan pemahaman yang benar tentang kusta pada masyarakat, menggalang kepedulian masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan para mantan penderita kusta.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur – Zainul Arif mengatakan,”Diharapkan para mantan penderita kusta nantinya dapat hidup berdampingan secara wajar di tengah-tengah masyarakat dengan penuh rasa hormat dan bermartabat.”

Aksi Solidaritas ini diawali dengan tim barongsai yang menunjukkan atraksi dan ditengah-tengah atraksi membentangkan spanduk kampanye kepedulian terhadap mantan penderita kusta. Ada sosialisasi pemahaman penyakit kusta, dan mengakhiri acara aksi solidaritas dilakukan penyampaian dukungan terhadap para penderita dan mantan penderita kusta dalam bentuk petisi melalui penandatangan poster yaitu komitmen bahwa tidak ada lagi diskrimasi terhadap para penderita dan mantan penderita kusta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s