RUPS Tahunan XL Setujui Pembagian Dividen, Pergantian Susunan Direksi dan Komisaris

Posted: April 23, 2014 in Bisnis dan Ekonomi

(kika) Komisaris- Chari TVT,Presiden Komisaris- Tan Sri Dato Ir. Mohammad Radzi Bin Haji Mansor, Chief Executive Officer XL - Hasnul Suhaimi, dan Direktur/Chief Sales & Marketing- Pradeep Srivastava, usai acara paparan public Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT. XL Axiata Tbk (XL) di Jakarta, Selasa (22/4)

(kika) Komisaris- Chari TVT,Presiden Komisaris- Tan Sri Dato Ir. Mohammad Radzi Bin Haji Mansor, Chief Executive Officer XL – Hasnul Suhaimi, dan Direktur/Chief Sales & Marketing- Pradeep Srivastava, usai acara paparan public Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT. XL Axiata Tbk (XL) di Jakarta, Selasa (22/4)

Jakarta, 22 April 2014. PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Luar Biasa di Jakarta, Selasa (22/4). Keputusan RUPS Tahunan antara lain menerima dan menyetujui laporan Direksi Perseroan mengenai kegiatan dan jalannya Perseroan sepanjang tahun 2013, menyetujui pembagian dividen, serta pergantian susunan direksi dan komisaris. Sementara itu, RUPS Luar Biasa antara lain memberikan persetujuan perubahan masa jabatan Direksi dan Dewan Komisaris dan memberitahukan mengenai pelaksanaan Program Insentif Jangka Panjang atau Long Term Incentive (LTI) 2010-2015 Tahap Kedua (Grant Date IV, V dan VI).

Mengenai pembagian dividen, RUPS Tahunan ini menyetujui rencana penggunaan laba bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2013 sebesar Rp 1.032.817 juta (satu triliun tiga puluh dua miliar delapan ratus tujuh belas juta Rupiah) dengan ketentuan pembagian untuk dividen Tunai sebesar 30% atas laba bersih setelah penyesuaian (normalized net income). 

Selanjutnya RUPS Tahunan memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk mengatur tata cara pembayaran dividen tunai dimaksud kepada para pemegang saham Perseroan yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan tanggal 19 Mei 2014 atau tanggal lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku dan/atau pemegang saldo rekening efek atas saham Perseroan di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia pada penutupan perdagangan saham pada tanggal 19 Mei 2014.

Sementara itu, menyangkut laporan Direksi Perseroan, RUPS Tahunan memberikan persetujuan dan penerimaan Laporan Tahunan dan pengesahan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan yang telah diaudit untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2013. RUPS Tahunan juga pemberian pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada para anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas semua tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan, sejauh tindakan-tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2013;

Agenda RUSP Tahunan XL selanjutnya adalah menyetujui pemberian wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menunjuk Akuntan Publik Independen yang akan mengaudit buku-buku Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014 dengan ketentuan Kantor Akuntan Publik yang ditunjuk merupakan Kantor Akuntan Publik Independen yang terdaftar di Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), serta memberi wewenang sepenuhnya kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan honorarium dan persyaratan-persyaratan lain penunjukkan akuntan publik tersebut, dengan memperhatikan rekomendasi dari Dewan Komisaris Perseroan.

RUPS Tahunan juga memberikan kuasa dan wewenang kepada Nominating and Remuneration Committee atau Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan untuk menetapkan gaji, bonus dan tunjangan lainnya bagi para anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014.

Sementara itu, mengenai pergantian susunan direksi dan komisaris, RUPS Tahunan telah memberikan persetujuan atas lima hal. Pertama, menerima pengunduran diri Bapak Joy Wahjudi dan Bapak P.Nicanor V.Santiago III selaku anggota Direksi Perseroan. Kedua, menerima baik pengunduran diri Bapak James Carl Grinwis Maclaurin dari jabatannya selaku anggota Dewan Komisaris Perseroan. Ketiga, mengangkat Bapak Chari TVT sebagai anggota Dewan Komisaris Perseroan. Keempat, mengangkat Bapak Pradeep Shrivastava sebagai anggota Direksi Perseroan dan Kelima, menyetujui penetapan Bapak Ongki Kurniawan selaku Direktur Independen Perseroan.

Dengan demikian, saat ini susunan Dewan Komisaris Perseroan dan Direksi adalah sebagai berikut:
Dewan Komisaris

Presiden Komisaris : – Yang Berbahagia Tan Sri Dato’ Insinyur Muhammad Radzi bin Haji Mansor
Komisaris :
– Yang Berbahagia Dato’ Sri Jamaludin bin Ibrahim
– Bapak Azran Osman-Rani
– Bapak Chari TVT
Komisaris Independen :
– Bapak Peter J. Chambers
– Ibu Yasmin Stamboel Wirjawan

Direksi

Presiden Direktur : – Bapak Hasnul Suhaimi
Direktur :
– Bapak Willem Lucas Timmermans
– Ibu Dian Siswarini
– Bapak Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin
– Bapak Pradeep Shrivastava
Direktur Independen : – Bapak Ongki Kurniawan

Terakhir, RUPS Tahunan memberikan wewenang dan kuasa dengan hak subtitusi kepada Direksi Perseroan untuk melakukan segala tindakan sehubungan dengan perubahan susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan sebagaimana di atas, termasuk tetapi tidak terbatas pada untuk membuat atau meminta untuk dibuatkan serta menandatangani segala akta sehubungan dengan perubahan susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan tersebut dan untuk mendaftarkan susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi tersebut dalam Daftar Perusahaan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu dalam RUPS Luar Biasa, selain menyetujui perubahan masa jabatan Direksi dan masa jabatan Dewan Komisaris, juga memberitahukan mengenai pelaksanaan Program Insentif Jangka Panjang atau Long Term Incentive (LTI) 2010-2015 Tahap Kedua (Grant Date IV, V dan VI yang antara lain meliputi penentuan harga penerbitan Saham Insentif, Alokasi Penerbitan Saham Insentif untuk Grant Date IV dan Mekanisme Baru Alokasi Penerbitan Saham Insentif.

Tentang XL
XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,5%) dan publik (33,5%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Idea (India), Celcom (Malaysia), M1 (Singapore), SIM (Thailand), dan Dialog (Sri Lanka).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s