XL MEMULAI TAHUN DENGAN HASIL YANG MEYAKINKAN

Posted: Mei 16, 2014 in Bisnis dan Ekonomi

 Pendapatan layanan Data tumbuh 30% dari tahun lalu, dari adopsi layanan Data yang lebih besar
 Trafik Data tumbuh 176% dari tahun lalu, seiring dengan pertumbuhan penggunaan layanan Data
 Pelanggan mencapai 68,5 juta dengan 37,5 juta merupakan pelanggan Data

Hasnul Suhaimi

Hasnul Suhaimi

Jakarta, 14 Mei 2014 – PT XL Axiata Tbk. (XL), perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia hari ini mengumumkan hasil pencapaian kinerja keuangan selama kuartal pertama (1Q) 2014 dengan hasil yang baik di setiap layanan yang didorong oleh pertumbuhan layanan Data.
XL meraih pertumbuhan kinerja yang meyakinkan sebesar Rp 5,5 triliun atau 10% dari tahun lalu, yang didorong oleh momentum pertumbuhan pendapatan layanan Data yang mencapai 30%, serta pertumbuhan layanan percakapan dan SMS sebesar 3% dan 2% dari tahun lalu.

Presiden Direktur XL,Hasnul Suhaimi mengatakan, “Kami mengawali tahun ini dengan pencapaian kinerja yang meyakinkan meskipun tantangan yang kita hadapi dari kompetisi dan trend pelemahan kinerja di setiap kuartal pertama. XL mencetak pertumbuhan 1% dari kuartal lalu dimana pencapaian kinerja ini merupakan pertumbuhan terbaik untuk kinerja kuartal pertama dalam tiga tahun belakangan ini dan melebihi pertumbuhan industri di kuartal pertama ini.”

Hasnul menambahkan, “Fokus kami pada layanan Data telah menghasilkan kinerja yang kuat pada layanan tersebut sehingga memberikan kontribusi sebesar 26% dari total pemakaian pendapatan, meningkat dari 22% tahun lalu. Kami juga berhasil mendorong kembali pertumbuhan layanan Percakapan dan SMS. Layanan Percakapan dan SMS memberikan hasil yang positif dengan pertumbuhan masing-masing 3% dan 2% dari tahun sebelumnya.

Pelanggan Data XL meningkat menjadi 37,5 juta pelanggan atau mencakup 55% dari total pelanggan XL. Seiring dengan pertumbuhan pendapatan layanan Data, pertumbuhan trafik juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 176% dari tahun lalu. Ini merupakan hasil dari upaya XL yang terus berusaha menyediakan layanan yang sederhana (simple) namun terjangkau bagi pelanggan. Di kuartal pertama 2014, XL memperkenalkan paket Data Internet Unlimited dengan batas penggunaan wajar pemakaian untuk memberikan pengalaman layanan Data kepada pelanggan baru. Dengan paket ini pelanggan diharapkan dapat merasakan dan menikmati kenyamanan layanan Data, sehingga kedepannya pelanggan dapat memilih paket Data lain yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik. Untuk meningkatkan posisi XL terutama di layanan Data di pasar, XL bekerjasama dengan Samsung untuk paket bundle handset. Ini merupakan salah satu fokus XL untuk menfasilitasi penggunaan layanan Data dengan device yang tepat untuk jaringan XL. Di dunia Social media, XL telah dikenal baik dengan memiliki lebih dari 3 juta penggemar di XL Rame di Facebook. Pencapaian ini membuat XL sebagai operator nomor satu se-Asia Tenggara yang memiliki penggemar paling banyak di Facebook.

Selama kuartal pertama tahun 2014, jumlah pelanggan XL mencapai 68,5 juta pelanggan, meningkat 40% dibandingkan tahun lalu. Selama bertahun-tahun, XL telah melihat perkembangan perubahan minat dan gaya hidup pelanggan dari menggunakan feature phone menjadi smartphone, sehingga smartphone mengalami penetrasi yang signifikan. Hasilnya, pengguna smartphone XL mencapai 13,6 juta pelanggan atau 20% dari total pelanggan selama kuartal pertama 2014.

Hasnul berkata,” Sebagai komitmen kami untuk menyediakan layanan Data yang lebih baik kepada pelanggan kami terus menambah Node B dan BTS di berbagai wilayah di Indonesia. Selama kuartal pertama 2014, kami telah berhasil memiliki 14.945 Node B atau meningkat 12% dari tahun lalu, dengan total BTS 2G dan 3G berjumlah 45.600 BTS. Selain itu, XL telah memulai transformasi jaringan di beberapa kota dengan melakukan upgrade dan modernisasi jaringan dengan tujuan memberikan kecepatan jaringan yang lebih baik, kapasitas yang lebih besar dan kualitas layanan yang lebih baik.”

Digital Services juga terus berkembang untuk untuk melayani peningkatan permintaan business Data. Pencapaian ini dapat dilihat dari kolaborasi yang dilakukan dengan lebih dari 6.500 mitra/partner, termasuk pemain-pemain besar di industri yang bertujuan untuk membangun ekosistem bisnis layanan digital. Elevenia telah diluncurkan pada bulan Maret 2014. Bisnis baru dari XL Digital Services ini bertujuan untuk melebarkan bisnis XL di dunia digital dan menangkap kebutuhan akan bisnis online shopping. Pada kuartal yang sama, XL memperkenalkan XKoin, suatu mekanisme untuk pembelian kredit game melalui pulsa dan voucher XL. Inisiatif baru ini diperkenalkan untuk menangkap besarnya permintaan di industri game online, yang diprediksi akan tumbuh kedepannya.

Hasnul mengatakan, “Tahun ini merupakan tahun yang penting untuk XL karena kami telah menerima anggota baru kami, yaitu AXIS. Kami telah resmi menandatangani transaksi akusisi pada 19 Maret 2014, dan diikuti dengan merger pada 8 April 2014. Sebagai hasilnya, XL dan AXIS sekarang menjadi satu entitas bisnis.”

“Kami percaya bahwa konsolidasi ini menjadi suatu keharusan untuk menciptakan pertumbuhan yang sehat dan berkesinambungan di industri. Kami berharap XL akan dapat menyediakan layanan berkualitas yang lebih baik dan menjangkau lebih banyak pelanggan di Indonesia. Setelah merger, kami akan melanjutkan dengan proses integrasi yang akan berfokus pada migrasi di biling dan service, migrasi trafik dan integrasi jaringan. Sampai saat ini, Kami telah menyelesaikan proses integrasi di jalur distribusi penjualan dan juga sumber daya manusia. Selain itu, XL telah sukses melakukan migrasi lebih dari 50% pelanggan AXIS ke billing system XL dan lebih dari 40% migrasi trafik dari AXIS telah diselesaikan. Kami berharap proses integrasi ini dapat diselesaikan pada akhir tahun ini.” Hasnul menambahkan.

Selama kuartal pertama 2014, Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi dan Amortisasi (EBITDA) sebesar Rp 2,2 triliun dengan marjin EBITDA sebesar 40% dan laba bersih sebesar Rp 379 miliar.
XL juga telah membelanjakan Rp 1,6 triliun dalam belanja modal yang menggunakan kombinasi dana internal dan hutang untuk terus berinvestasi pada jaringan infrastruktur data. Selama kuartal pertama 2014, jumlah hutang XL meningkat menjadi Rp 28,4 triliun dari tahun sebelumnya Rp 14,7triliun, dan hutang bersih/EBITDA meningkat dari 1.5x menjadi 2.9x, yang disebabkan oleh akuisisi AXIS. Info Memo 1Q14_FINAL Info Memo 1Q14_FINAL

Pada RUPS yang diadakan pada 22 April 2014, para pemegang saham telah memberikan persetujuan untuk pembayaran dividen yang diajukan sebesar 30% dari laba tahun 2013 setelah penyesuaian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s