Tingkatkan Skill dan Kompetensi Guru XL Adakan Program “Duta Cerdas XL” From Smarter Teacher For Brighter Future

Posted: Mei 26, 2014 in Bisnis dan Ekonomi

Manager Management Service XL East Region – Hazad Khan (kiri) memasangkan rompi Duta Cerdas XL kepada perwakilan guru SD se-Surabaya pada acara Launching Duta Cerdas XL di Graha XL Pemuda Surabaya, Selasa (20/5)

Manager Management Service XL East Region – Hazad Khan (kiri) memasangkan rompi Duta Cerdas XL kepada perwakilan guru SD se-Surabaya pada acara Launching Duta Cerdas XL di Graha XL Pemuda Surabaya, Selasa (20/5)

Surabaya, 20 Mei 2014. Memperingati Hari Pendidikan Nasional dan merayakan Hari Kebangkitan Nasional, PT XL Axiata Tbk (XL) bekerjasama dengan PKPU Cabang Surabaya mengadakan program “Duta Cerdas XL” yaitu pelatihan para guru dengan metode Math Master di GrhaXL Pemuda Surabaya, Selasa (20/5).

Manager Management Service XL East – Hazad Khan mengatakan,”Pendidikan bukan hanya sebuah kewajiban, lebih dari itu pendidikan merupakan sebuah kebutuhan. Moment Hari Kebangkitan Nasional tahun ini akan dijadikan sebagai simbol kebangkitan dunia pendidikan di kota Surabaya, dan di Indonesia pada umumnya. Harapannya program ini dapat menjadi kontribusi meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.”

Program “Duta Cerdas XL” merupakan sebuah workshop dengan pendampingan jangka waktu tertentu untuk para guru agar terjadi peningkatan skill dan kompetensi guru, yang akan berdampak ganda pada guru dan pembelajaran. Pembelajaran semakin berkualitas dan guru mendapatkan nilai lebih atas kemampuannya yang dapat meningkatkan kesejahteraannya. Selanjutnya para peserta Duta Cerdas XL akan diterjunkan ke berbagai wilayah pelosok di kota Surabaya sebagai duta yang memberikan program bimbingan belajar kepada anak-anak yang kurang mampu di wilayah tersebut.

Dengan tema “From Smarter Teacher, For Brighter Future” pelatihan tersebut membahas metode pembelajaran matematika mulai kelas I sampai kelas VI SD secara runtut menggunakan metode Math Master dengan mengundang Master Trainer SCI (Sempoa Cerdas Indonesia), Iput Syaifuddin. Pelatihan ini dihadiri oleh 20 orang guru perwakilan dari sekolah-sekolah yang tersebar di berbagai wilayah kota Surabaya.

Kepala Cabang PKPU Surabaya – Haryono mengatakan,”Mengapa matematika? Karena matematika masih menjadi momok yang menakutkan bagi siswa, apalagi matematika dasar sangat menentukan skill siswa nantinya jika sudah memasuki jenjang SMP atau ke atas.”

Kota Surabaya menjadi sasaran program Duta Cerdas XL ini dengan mempertimbangkan bahwa Surabaya masih memiliki wilayah-wilayah yang terbelakang pendidikan masyarakatnya. Berdasarkan survei dari tim PKPU, ada beberapa wilayah di Kota Surabaya yang dinilai perlu mendapat bantuan pendidikan. Penilaian ini didasarkan kebutuhan anak-anak di wilayah tersebut perlu mendapatkan program bimbingan belajar tambahan untuk meningkatkan kualitas dan motivasi belajar. Sehingga Duta Cerdas XL yang akan ditugaskan dapat menjadi duta yang representatif dalam memberikan inspirasi bagi anak-anak di wilayah tersebut.

Tentang Metode Math Master

Math Master merupakan metode pengajaran matematika, pemahaman yang bisa membangun siswa belajar dengan senang dan cerdas, sehingga anak bisa mengoptimalkan potensi kecerdasan dengan maksimal. Diperlukan langkah-langkah yang tepat sehingga anak bisa belajar mulai dari yang mudah, jadi paham, berarti selanjutnya matematika menjadi semakin mudah.

Ada 4 langkah yang menjadi titik tekan metode Math Master antara lain:
1. Persepsi bahwa matematika itu mudah
2. Pahami konsep
3. Pahami ketrampilan konsep
4. Pahami aplikasi penerapan konsep

Dengan memahami persoalan maka persoalan itu menjadi mudah diselesaikan.

Pelatihan ini dirancang sebagai inovasi dalam teknik, metode dan strategi pembelajaran matematika. Melalui pelatihan ini, guru matematika akan dibebaskan dari stigma “guru menyeramkan”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s