APEA Membuka Kesempatan Pelaku Wirausaha Indonesia Unjuk Gigi

Posted: Juni 4, 2014 in Bisnis dan Ekonomi

Enterprise Asia telah secara resmi membuka pendaftaran nominasi Asia Pacific Entrepreneurship Awards (APEA) 2014 untuk kali yang ke-6. Pendaftaran nominasi yang berlangsung selama bulan Juni 2014 diperuntukkan untuk para pelaku wirausaha di negara-negara kawasan Asia Pasifik, termasuk juga para pelaku wirausaha dari Indonesia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, para pelaku wirausaha dapat memperebutkan penghargaan bergengsi untuk kategori Most Promising Entrepreneurship Award dan Outstanding Entrepreneurship Award. Selain itu penghargaan khusus yang bersifat khusus undangan juga diberikan untuk kategori Lifetime Achievement Award, Entrepreneur of The Year, Woman Entrepreneur of The Year, dan Young Entrepreneur of The Year. “Kami membawa misi untuk mengembangkan dan memajukan kewirausahaan di Asia. Harapan kami agar Asia Pacific Entrepreneurship Awards (APEA) dapat mengenali, mendorong, dan memajukan pentingnya kewirausahaan yang bertanggung jawab,” ujar Tan Sri Dr Fong Chan Onn, mantan Menteri Tenaga Kerja Malaysia yang merupakan ketua Enterprise Asia.

Pendaftaran nominasi dapat dilakukan dengan mengisi formulir resmi yang telah disediakan oleh Enterprise Asia. Pengisian formulir mencakup data pribadi nominator dan perusahaan yang dipimpinnya. Dewan juri terdiri dari tokoh-tokoh dari beragam latar belakang, baik akademisi, politisi, dan pakar industri. Kemudian, Dewan Pembina Internasional Enterprise Asia akan memberikan rekomendasi terakhir.
Nominasi akan dinilai dari beberapa kriteria seperti pertumbuhan bisnis, daya saing pasar, inovasi produk dan jasa, pengembangan teknologi, tanggung jawab korporat, kualitas kepemimpinan, semangat kewirausahaan, serta dampak bisnis di tingkat lokal dan global.

Manfaat utama ajang ini ialah kesempatan untuk berjejaring dengan jaringan wirausaha terbesar di Asia lewat forum dan konferensi yang diselenggarakan oleh Enterprise Asia. APEA juga akan memberikan pengembangan bagi pelaku wirausaha untuk membangun semangat kerja tenaga kerja, menambah kepercayaan investor, dan meningkatkan kepercayaan dari publik dan konsumer terhadap perusahaan.

Peraih penghargaan APEA dari Indonesia termasuk 2013 Lifetime Achievement Award oleh pendiri Bosowa Corporation, HM Aksa Mahmud, 2010 Entrepreneur of The Year oleh CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo. Sementara pada tahun 2009, pendiri CT Corp, Chairul Tanjung menjadi Entrepreneur of The Year dan pendiri Lippo Group Dr Mochtar Riady berhasil meraih Lifetime Achievement Award.

Tentang APEA
Penghargaan bergengsi, Asia Pacific Entrepreneurship Awards (APEA) adalah ajang internasional untuk mengenai dan menghargai para pemimpin bisnis yang telah menunjukkan kinerja yang menonjol serta kegigihan dalam mengembangkan bisnis yang sukses, tanpa mengabaikan tanggung jawab sosial yang harus diemban. Ajang APEA diorganisir oleh Enterprise Asia dan didukung oleh pemerintah lokal, kamar dagang dan usaha. Tujuan yang hendak dicapai ialah menyatukan para pemimpin pelaku wirausaha di kawasan Asia untuk memacu inovasi, praktik berkeadilan, dan pertumbuhan wirausaha sehingga bisa menjadi pijakan untuk memacu kepemimpinan yang berkelanjutan yang juga akan menghasilkan perkembangan ekonomi berkelanjutan di Asia Pasifik.
Informasi lebih lanjut bisa diakses di http://www.apea.asia

Tentang Enterprise Asia
Didirikan tahun 2005, Enterprise Asia (EA) adalah lembaga swadaya masyarakat (LSM) pengembangan kewirausahaan di Asia yang berjuang untuk pengembangan budaya kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab korporasi di kalangan pelaku wirausaha. EA memiliki visi untuk menciptakan kawasan Asia yang kaya dalam kewirusahaan sebagai mesin untuk pengembangan sosial ekonomi yang progresif dan berkelanjutan dalam kerangka dunia dengan ekonomi merata. EA memiliki lebih dari 8.000 anggota yang 95% berasal dari perusahaan menengah dan besar.
Informasi lebih lanjut bisa diakses di http://www.enterpriseasia.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s