SOMASI KPU TUNDA PENETAPAN HASIL PILPRES 2014

Posted: Juli 18, 2014 in Politik dan Pemerintahan

Jakarta – LBH Solidaritas Indonesia menilai berbagai hasil hitung cepat (quick count) yg dilakukan lembaga survey justru menjadikan kedua pasangan capres merasa sebagai pemenang. Demikian juga hasil real count yg belakangan dikeluarkan sumber tak resmi, justru makin memantik api perseteruan di tengah masyarakat.

Koordinator LBH Solidaritas Indonesia M. Taufik Budiman mengatakan, kondisi ketidakpercayaan pada hasil Pemilu sebenarnya sudah terjadi pada hasil Pemilu Legislatif yg ditetapkan KPU 9 Mei 2014 lalu. Diakatakan, tak kurang dari 900 perkara masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan sedikitnya 697 perkara disidangkan karena dianggap layak dengan bukti yg cukup.

Menurutnya perkara perselisihan hasil Pileg di MK tersebut secara tegas menyatakan bahwa data-data hasil Pileg yg ditetapkan KPU ditenggarai banyak berisikan data palsu. Dan terbukti kemudian MK mengabulkan sebagian dari permohonan yang diajukan parpol peserta Pemilu 2014.

Oleh Majelis Hakim MK, Putusan KPU No. 411 tahun 2014 yg berisi Penetapan Hasil suara Parpol dalam Pemilu Legislatif 2014 yang kemudian diajukan dasar untuk mengusung pasangan Capres dinyatakan dibatalkan (sebagian). Artinya MK telah memutuskan bahwa sebagian data Hasil Pileg 2014 yg ditetapkan oleh KPU adalah merupakan data palsu / hasil kejahatan Pemilu.

Dan sebagai konsekuensi hukumnya, maka SK KPU No. 411 tahun 2014 tersebut haruslah diganti/dirubah dengan SK KPU yg baru. “Sebagai turunannya maka proses pencalonan pasangan Capres yg menggunakan SK KPU No. 411 tahun 2014 juga menjadi cacat yuridis. Ini buah dari keterburu-buruan KPU dalam menetapkan Hasil Pemilu”.

Belajar dari fakta tersebut, LBH Solidaritas Indonesia SOMASI KPU tertanggal 17 Juli 2014. bahwa batas waktu untuk Penetapan Hasil Pipres masih dapat dilakukan sampai 8 Agustus 2014.

“Seharusnya KPU memanfaatkan waktu yg dibolehkan oleh Undang undang yaitu 30 hari setelah hari pencoblosan & bertindak teliti & hati-hati dalam menetapkan Hasil Pilpres 2014″.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s