26 Mahasiswa Asia Belajar Tentang Indonesia di Petra Summer Program

Posted: Agustus 12, 2014 in Pendidikan

Surabaya, 11 Agustus 2014-UK Petra, Aksi berpergian keluar negeri untuk mengenal budaya asing lebih dekat menjadi tourism trend pada umumnya saat ini. Tapi bagaimana jika mahasiswa asing yang datang ke Indonesia untuk mengenal sekaligus mempelajari secara langsung secara intensif berbagai jenis budaya? Ialah Petra Summer Program (PSP) hadir untuk pertama kalinya di UK Petra tanggal 11 – 23 Agustus 2014. Sebuah program yang mewadahi mahasiswa asing untuk memperluas cakarawala di Indonesia dengan sejumlah event dan aktivitas indoor dan outdoor menarik yang disajikan seperti warisan seni arsitektur, seni membatik, seni berkomunikasi melalui mural serta kuliner dan musik di Surabaya.

Dongseo University, Busan, Korea Selatan, Hannam University, Daejeon, Korea Selatan, Josai International University, Chiba, Jepang, International Christian University, Tokyo, Jepang dan Wenzao Ursuline University of Language, Kaohsiung City, Taiwan adalah deretan universitas yang tergabung dalam PSP ini. “Sebanyak 26 mahasiswa asing akan belajar bersama mahasiswa lokal UK Petra dalam kelas lintas budaya dan pengayaan budaya di berbagai lokasi di Surabaya seperti Pabrik Tahu Dinoyo, Pasar Keputeran, Tambak Bayan dan Perpustakaan Bank Indonesia dan Ekowisata Mangrove Wonorejo (EWM)”, ungkap Rama Tidball, M.Ed selaku penanggung jawab PSP 2014.

Tak hanya itu saja, selama kurang lebih dua minggu para mahasiswa ini akan terlibat langsung dalam beberapa culture activities. Salah satunya adalah Foodways Incorporated yang dikelola oleh Hotel Management UK Petra pada tanggal 12 Agustus 2014 mulai pukul 08.30 hingga 11.30 WIB di gedung Ferry Teguh Santoso Lt 1, kampus UK Petra. Dalam Foodways Incorporated tersebut mereka akan diajari cara membuat Indonesian fusion cuisine bersama Sia Tjun han, seorang Head of Food Production Laboratory Jurusan Manajemen Perhotelan UK Petra. Culture activities lainnya yang tak kalah menarik adalah Batik dan Janur Making. Keduanya diadakan secara bersamaan pada tanggal 13 Agustus 2014 pukul 13.00 WIB. Batik making bertempat di Perpustakaan UK Petra lantai 6 menghadirkan Ir. Lintu Tulistyantoro M.D selaku narasumber yang akan menjelaskan warisan budaya yang diakui UNESCO tersebut. Para mahasiswa juga akan ditantang untuk membuat batik milik mereka sendiri selepas mendengar seminar singkat mengenai batik. Senada dengan Batik Making, peserta juga akan belajar cara membuat Janur yang bertempat di Perpustakaan lantai 5, kampus UK Petra.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s