XL Hadirkan Future Leaders 3 Rekrut 145 Mahasiswa Calon Pemimpin Masa Depan

Posted: Desember 3, 2014 in Bisnis dan Ekonomi

XLFutureLeaders3_1Surabaya, 21 November 2014 – PT XL Axiata Tbk (XL) operator terbesar kedua di Indonesia kembali menghadirkan program XL Future Leaders  untuk angkatan ke-3 (tahun 2014). Sebanyak 145 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi  di Indonesia telah diseleksi dan terpilih untuk mengikuti program kepemimpinan ini selama dua tahun ke depan. Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi meresmikan dimulainya program tahun ajaran baru ini dalam acara National Conference XL Future Leader 2014 di Jakarta, Jumat (21/11).

Presiden Direktur XL – Hasnul Suhaimi mengatakan, “ XL Future Leader telah memasuki tahun ke-3. Artinya, selain merekrut lagi mahasiswa peserta baru, kami juga melepas para peserta yang telah menyelesaikan program di angkatan pertama. Ada 145 mahasiswa yang baru yang kami rekrut, serta 103 mahasiswa yang telah menyelesaikan program ini. Bagi mahasiswa yang telah lulus program ini, kami harapkan dapat menularkan dan mengaplikasikan ilmu, pengalaman dan pengetahuan yang sudah didapat melalui program ini dan lebih bersemangat lagi dalam menempuh masa depan. Bagi peserta baru, saya sampaikan selamat datang dan selamat berjuang. Kami yakin program XL Future Leaders ini akan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam mendukung kesiapan generasi muda dalam menghadapi kompetisi global”.

Hasnul menambahkan, tahun ini XL merekrut lebih banyak mahasiswa untuk menjadi peserta XL Future Leaders angkatan ke-3. Menurutnya, minat yang tinggi dari mahasiswa di berbagai daerah, serta manfaat yang didapatkan oleh alumni, mendorong XL untuk menambah kuota jumlah mahasiswa yang direkrut tahun ini. Sementara itu, jumlah peserta yang melamar mencapai lebih dari 12 ribu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Pada XL Future Leaders 3 ini, XL juga membuka kelas di Makassar. Hal ini atas pertimbangan banyaknya peserta XL Future Leaders 3 yang berasal dari Kawasan Timur Indonesia yaitu, Sulawesi dan Kalimantan. Dengan demikian mereka bisa lebih dekat menjangkau kelas yang tersedia. Sebelumnya, kelas dalam program ini hanya tersedia di 4 kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Proses seleksi untuk program XL Future Leaders 3 dilakukan di 13 kota di seluruh Indonesia. Seleksi meliputi tes tertulis, Focus Group Discussion dan wawancara. Selanjutnya sebanyak 145 mahasiswa akan mendapatkan program pelatihan selama 2 tahun.  Para peserta akan menerima berbagai perangkat pendukung diantaranya laptop, smartphone, dan paket penggunaan layanan data untuk menunjang kegiatan belajar selama mengikuti program XL Future Leaders.

Khusus untuk  peserta XL Future Leaders angkatan ke-3, diberikan perangkat pendukung/gadget Acer Chromebook yang sudah dilengkapi dengan perangkat lunak (software) teknologi Google Chrome, yang khusus untuk menunjang dunia pendidikan. Penggunaan teknologi Google Chrome ini merupakan kali pertama di Indonesia, sehingga diharapkan akan dapat berguna untuk menunjang kegiatan pendidikan para peserta sehari-hari.

Sementara itu, pada peserta XL Future Leaders angkatan pertama, selain mendapatkan pelatihan dan soft skill  juga diajarkan untuk membuat program komunitas dan terjun langsung ke masyarakat, Mereka telah membuat setidaknya 33 proyek komunitas, di antaranya berupa pelatihan membuat website bagi masyarakat Pulau Mandangin Madura, penyulingan air bersih untuk penduduk di sekitar sungai Martapura Kalimantan, berbagai pelatihan Bahasa Inggris gratis di sejumlah daerah, hingga pelatihan manajemen usaha kecil. Melalui proyek komunitas tersebut mereka belajar untuk selalu peka terhadap isu di masyarakat serta mampu memberikan solusi atas persoalan yang terjadi.

Program XL Future Leaders menekankan pada pengembangan kepemimpinan yang bertujuan melahirkan, sekaligus membekali pemuda Indonesia menjadi pemimpin dunia, dan siap berkompetisi secara global.  Keistimewaan program XL Future Leaders terletak pada pengembangan keahlian utama atau life skills yang disampaikan melalui Kurikulum Xcel, yaitu kurikulum yang berdasarkan TIK. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dan percakapan utama selama pelatihan berlangsung.

XL Future Leaders digelar pertama kali pada tahun 2012 dengan peserta angkatan pertama sebanyak 120 mahasiswa. XL menyediakan seluruh fasilitas pelatihan tanpa mengenakan biaya apapun terhadap peserta program. Metoda belajar dilakukan dalam tiga model, yakni kelas tatap muka yang diselenggarakan sebanyak 5x dalam setahun selama akhir pekan, belajar online melalui forum online, dan partisipasi dalam kegiatan dengan komunitas di sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s