Bukit Jeddih, Panorama yang Tersembunyi di Bangkalan

Posted: Februari 23, 2016 in Life Style dan Hiburan

Wisata bukit Jeddih

Wisata bukit Jeddih

Potensi wisata di Madura selama ini kurang terdengar dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya di Jawa, terutama di sekitar Surabaya. Padahal, destinasi wisata di Madura tidak kalah dengan tempat lain. Sebut saja Bukit Jaddih, yang mungkin belum banyak orang yang tahu dan memiliki panorama alam berkelas internasional.

Lengkapnya lebih banyak dikenal dengan nama Bukit Kapur Jaddih, namun sebagian besar orang lebih suka menyebutnya Bukit Jaddih saja. Bukit ini sebenarnya adalah sebuah penambangan batu kapur putih, dan bukan sebagai tujuan wisata seperti umumnya.

Kondisi bukit ini agak mirip dengan Brown Canyon yang ada di Semarang yang juga tempat penambangan pasir. Hanya saja kalau Bukit Jaddih ini adalah penambangan batu kapur putih.

Namun, nasib Bukit Jadih jauh lebih beruntung daripada si Brown Canyon yang ada di Semarang. Meskipun sebelumnya Bukit Jaddih ini tidak dimanfaatkan sebagai tempat

wisata dan tidak dibuka untuk umum, namun sekarang ini Bukit Jaddih telah difungsikan menjadi lokasi wisata yang dibuka untuk umum.

Lokasi wisata Bukit Jaddih ini berada Desa Jaddih, Kecamatan Socah. Dari Surabaya, lokasi Bukit Jeddih bisa ditempuh melalui perjalanan sekitar 1 jam – 1,5 jam atau sekitar 28 km dari pusat kota Surabaya melalui jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Madura dengan Surabaya.

Dari Pusat Kota Bangkalan, bukit ini bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 10 kilometer. Akses menuju Bukit Jaddih bisa dicapai baik dengan mobil atau sepeda motor. Namun harap diperhatikan karena jalur menuju Bukit Jaddih cukup susah dan jalurnya lumayan terjal.

Jadi diharapkan untuk selalu berhati – hati di perjalanan. Dari arah Surabaya, jika ingin mengunjungi Bukit Jaddih dengan sepeda motor, sebaiknya mengambil jalur alternatif lewat jalan raya Labang, sehingga tidak perlu memutar melewati Kota Bangkalan terlebih dahulu.

Jika menggunakan mobil, mau tidak mau harus memutar terlebih dahulu melewati Kota Bangkalan. Namun perlu dicatat, jalur ini akan melewati medan yang terjal.

Wisata alam Bukit Jaddih tidak hanya menawarkan Panorama Alam berupa bukit kapur yang pemandangannya hampir sama dengan Cappadocia yang ada di Turki, tetapi disana juga terdapat kolam renang yang bernama “Goa Potte”.

Selain itu karena disini adalah tempat pertambangan kapur, tentunya juga ada banyak goa – goa kecil sisa penambangan. Namun tidak disarankan untuk memasuki goa tadi karena cukup rapuh dan bisa runtuh kapan saja.

Sebenarnya, daya tarik utama dari kawasan wisata Bukit Jaddih yang ada di Bangkalan ini adalah panorama alam sekitarnya yang fotogenik. Dengan suasana dan cuaca yang mendukung, pengunjung berkesempatan untuk mendapatkan foto yang bagus.

Perlu dicatat juga, meski tempat ini bagus dan layak untuk dijadikan sebagai tempat wisata, namun masih banyak penambangan batu kapur yang masih aktif. Sehingga para pekerja penambang kapur di dekat Bukit Jaddih masih banyak terlihat.

Selain itu, sebaiknya kalian memanfaatkan GPS atau peta untuk menemukan lokasi Bukit Jaddih karena petunjuk untuk menuju ke tempat ini masih terhitung kurang. Tiket masuk ke Bukit Jaddih adalah Rp 2.000 per orang dan biaya parkir disini adalah Rp 5.000. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s