Cara Perpusda Bangkalan Tingkatkan Minat Baca

Posted: Februari 23, 2016 in Pendidikan

Pada zaman global sekarang, pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Untuk memperoleh pendidikan, banyak cara yang dapat kita capai. Diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita peroleh.
Mendengar kata perpustakaan, yang tergambar di pikiran banyak orang adalah tempat dengan lorong-lorong panjang dan sepi, dengan tumpukan buku-buku yang berdebu. Dan aktivitas yang dilakukan pun hanya sebatas pinjam meminjam buku yang itu-itu saja. Sehingga perpustakaan bukan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk menambah pengetahuan

Pendapat ini kelihatannya benar, tetapi kalau kita mau memperhatikan lebih lanjut, hal itu belumlah lengkap. Karena setumpuk buku yang diatur di rak sebuah toko buku tidak dapat disebut sebagai sebuah perpustakaan.

Untuk mengubah pandangan itu, Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Bangkalan membuat sejumlah program. Tujuannya selain mengembangkan

perpustakaan di wilayahnya dan meningkatkan minat baca, juga menjadi pusat belajar masyarakat berbasis teknologi Informasi dan kreativitas, bukan sekedar pinjam meminjam buku dan meningkatkan pengunjung.

Adapun program tersebut disebutkan Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Bangkalan, H Moh Kamil diantaranya uji cerdas. Menurut Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan ini, uji cerdas ini merupakan lomba yang dikhususkan untuk siswa SMA sederajat.

Dalam lomba itu, nantinya tiap peserta akan dibuat kelompok dan terdiri dari beberapa tahapan. Setiap kelompok akan diminta membaca buku lalu juri akan melontarkan pertanyaan sesuai dengan pengetahuan dalam buku yang dibaca itu.

Program kedua ialah story telling. H Moh Kamil menjelaskan, program lomba bercerita ini menyasar kepada siswa SD sederajat. Peserta diminta menceritakan kembali buku-buku yang pernah dibacanya.

Lalu program berikutnya ialah lomba perpustakaan sekolah untuk madrasah, SMP, dan SMA sederajat. “Jadi tim nanti turun ke sekolah-sekolah untuk menilai Perpustakaan yang dikelola oleh sekolah. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka memotivasi sekolah agar perpustakaan yang sebelumnya kurang dikelola dengan baik, bisa dikelola lebih baik,” katanya kepada KADER, di kantornya.

Untuk bisa lolos dalam lomba itu, peserta harus memenuhi syarat, yakni terkait banyaknya referensi buku. Di samping itu, terkait dengan pemustaka, artinya jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan. Dan juga cara pengelolaan perpustakannya.

Program keempat ialah workshop atau pelatihan kepada pengelola perpustakaan. Selain itu, masih ada sejumlah program lain dengan tujuan untuk meningkatkan budaya baca siswa dan masyarakat.
Namun, program lanjutan yang rutin, katanya, adalah perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah dengan mobil. Saat ini, Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Bangkalan sudah memiliki 2 mobil perpustakaan keliling, mulai dari sekolah sampai ke pondok pesantren.

“Kami hanya ada 2 mobil perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling itu mengunjungi sekolah-sekolah negeri atau pun swasta dan juga ponpes secara bergantian di 18 kecamatan sesuai jadwalnya. Tiap hari ada 2 sekolah yang dikunjungi dari 1.500 sekolah. Waktunya dari pukul 07.00-10.00 untuk sekolah pertama, dan pukul 10.00-13.00 untuk sekolah kedua,” jelasnya.

Kadang, kedua mobil itu tidak bisa menjangkau semua sekolah atau ponpes. Dikatakan Kamil, mobil perpustakaan keliling itu hanya sebagai back up bagi sekolah-sekolah yang membutuhkan.
“Barangkali sekolah-sekolah yang maju tidak perlu diback up. Kami juga dibantu perpustakaan keliling dari UTM (Universitas Trunojoyo Madura),” lanjutnya..(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s