Gairahkan Perpustakaan Desa di Bangkalan

Posted: Februari 23, 2016 in Pendidikan

Perpustakaan di Kabupaten Bangkalan belum banyak menyentuh ke tingkat desa. Kalaupun ada, itu pun hanya di sekolah-sekolah. Menyiasati itu, Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Bangkalan, H Moh Kamil berkeinginan untuk menambah jumlah perpustakaan di desa.
Sementara ini perpustakaan desa yang ada di Kab Bangkalan berada di 6 desa, dan itu merupakan bantuan dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Desa hanya menyedikaan tenaga pengelola perpustakaan, sedangkan Pemprov melalui kabupaten hanya memberikan buku sebanyak 1000 judul berikut dengan raknya.

“Kami akan membina para pustakawan tidak hanya di Perpusda dan sekolah-sekolah tapi juga ke desa. Saya harap dengan adanya dana desa sebagian anggarannya untuk perpustakaan,” katanya.

Memang diakuinya fungsi dana desa untuk pembangunan infrastruktur desa. Namun, tidak menutup kemungkinan ada aturan yang berkaitan dengan pengelolaan dana desa sebagian bisa dibuat untuk perpustakaan desa.

“Jadi sebelum memberikan bantuan buku ke desa, pengelolanya dilatih di Surabaya,” ujarnya.
Di sisi lain, saat ini Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi

berusaha menjadikan perpustakaan sebagai fasilitas bagi siapa saja yang ingin menambah pengetahuan dari membaca. Ini menurutnya, memang tidak bisa diukur dari jumlah kunjungan setiap hari.

Di Perpusda Bangkalan setiap hari rata-rata masih 100 pengunjung. Bahkan di hari-hari libur, bisa mencapai 150 orang dengan 3000 lebih koleksi buku.

Diharapkan, setiap sekolah memiliki perpustakaan karena hal itu sudah menjadi standar. “Tapi ada ruang perpustakaan yang dibangun Disdik dibuat kantor guru atau kelas karena ruang kelasnya kurang,” tambahnya.

Jika itu terjadi, Kamil menyarankan agar sekolah membuat perpustakaan mini di masing-masing ruang kelas. “Perpustakaan mini itu ada di belakang ruangan, disitu buku ditumpuk di rak. Akan tetapi kadang-kadang di sekolah itu khususnya sekolah SD dan MI gurunya terbatas, makanya pengelola perpustakaan tidak ada. Bisa saja pihak sekolah mengangkat pengelola perpustakaan atau tenaga honor. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s