TK Muslimat NU “Siti Fatimah” : Program Sekolah Melibatkan Orangtua Siswa

Posted: Februari 23, 2016 in Pendidikan

Sebagai salah satu sekolah yang memegang teguh unsur agama Islam, TK Muslimat NU ‘Siti Fatimah’ memberikan muatan lokal berupa hafalan ayat-ayat al quran kepada siswanya. Yang menarik, orangtua siswa ikut dilibatkan dalam memantau sampai sejauh mana tingkat hafalan yang dicapai anaknya di sekolah.
Beberapa hafalan ayat Al Quran yang wajib dihafalkan siswa TK Muslimat NU ‘Siti Fatimah’ diantarantya Surat Al –Fiil, Surat Al-‘Alaq, Surat Al-Maun, dan sejumlah surat lagi. Selain itu, siswa juga diwajibkan menghafal doa-doa seperti doa tertimpa musibah, doa ketika bersin dan jawabannya, doa turun hujan, dan sebagainya.

Kepala TK Muslimat NU “Siti Fatimah”, Drs Hj Umriyah mengatakan, tiap surat yang berhasil dihafal siswa akan ditandatangai orangtuanya. Sebelum sistem itu diterapkan, pihak

sekolah terlebih dahulu mengadakan rapat dengan wali murid untuk meminta masukan terkait program di sekolah.

Tanpa peran orangtua, pihak sekolah akan sulit memantau perkembangan anak. “Apa yang kami sampaikan di sekolah tidak akan tercapai tanpa perang orangtua. Waktu anak di sekolah hanya sebentar, dan lebih banyak di rumah bersama orangtunya. Maka itu peran orang tua disini sanga penting,” jelasnya, Kamis (28/1).

Selain hafalan, sekolah juga memacu kreativitas siswa dengan berbagai latihan. Tiap Senin sampai Jumat sore misalnya, di TK tersebut diadakan latihan drumband. Sementara pada paginya, ada kebijakan sholat dhuha.

“Sholat dhuha tiap kelas bergantian. Kelas yang kebagian jadwal sholat dhuha harus datang lebih awal ke sekolah yaitu jam 07.10, kalau yang lainnya masuk ja 07.30 dan pulang 10.30,” imbuhnya sambil menyebut bahwa di TK yang dikelolanya memiliki fasilitas kolam renang dengan ukuran 2×6 meter yang dibangun sejak tahun 2008. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s