Komisi D Minta Diknas Usulkan Perbup ke Bupati

Posted: Februari 24, 2016 in Pendidikan

Komisi D DPR Bangkalan meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan untuk segera mengusulkan Peraturan Bupati (Perbup), agar Peraturan Daerah (Perda) Tentang Madrasah Diniyah (Madin) yang disahkan pada Selasa, 15 Desember 2015 bisa dilaksanakan.

Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Drs Hosyan Muhammad SH, berharap agar Diknas berkoordinasi dengan Bupati agar dibuatkan Pergub. Setelah Diknas mengusulkan, nantinya akan dibawa ke DPRD untuk diparipurnakan.
“Tugas kami memparipurnakan Perda. Untuk Perbup diserahkan ke SPKD terkait, lalu SPKD koordinasi dengan Bupati. Bupati harus buat Perbup,” katanya.

Dia berharap, keinginannya untuk membangun pendidikan di Bangkalan lebih

maju melalui Perda bisa terealisasi secepatnya. Namun, selama Perbup baru belum diusulkan, maka akan memakai Perbup yang lama.
Sebelumnya, DPRD telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Madrasah Diniyah (Madin). Dalam Perda itu, Madin akan memperoleh anggaran dari APBD Bangkalan mulai tahun 2017.

Ini merupakan kabar gembira bagi Madin. Hanya saja, kegembiraan itu harus ditunda lantaran Perda tersebut tidak didukung dengan Peraturan Bupati (Perbup). Kabag Hukum Pemkab Bangkalan, Joko Supriyanto menyatakan bahwa dalam pelaksanaannya Perda itu butuh Perbup.

Namun sampai kini, pihak yang berwenang mengajukan Perbup yakni Dinas Pendidikan belum mengusulkannya. “Nantinya yang mengesahkan tetap pihak legislatif,” ucapnya.

Terpisah Ketua Badan Pembuatan Perda (Bapemperda) DPRD Bangkalan, Achmad Hariyanto menyatakan dengan adanya perda tersebut, semua madrasah diniyah akan mendapat suntikan dana operasional dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bangkalan.

“Lebih cepat lebih baik Perbup segera dibuat agar 1.150 madrasah diniyah segera bisa dapat bantuan operasional,” paparnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s